Loading...

Tips Dan Cara Menggunakan Henna Pada Rambut

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kecantikan, Wanita

henna untuk mewarnai rambut

TERUSKAN.COM – Anda mungkin berpikir henna hanya digunakan sebagai pewarna kuku, hiasan pada tangan atau kaki. Namun tidak demikian, henna bisa digunakan untuk memberi warna pada rambut.

Henna berbeda dari pewarna rambut komersial yang Anda temukan di pasaran. Mengapa? Ini dikarenakan henna benar-benar menyerap hingga batang rambut dan mengubah warna dari dalam ke luar, selain itu warna yang dihasilkan lebih indah dan tahan hingga berbulan-bulan.

Loading...

Lalu, bagaimana cara menggunakan henna sebagai pewarna rambut? Samakah dengan pewarna rambut pada umumnya? Untuk lebih lanjut, yuk simak artikel di bawah ini.

Tips Membeli Henna

Henna biasanya dijual dengan sedikit varian warna. Anda bisa mengunjungi toko online atau pengecer herbal untuk mendapatkan henna.

Ketika membeli henna pastikan untuk mendapatkannya dari toko yang memiliki sertifikasi dikarenakan henna tidak diolah secara kimia untuk menciptakan warna yang berbeda.

Cara Menggunakan Henna

Bahan yang dibutuhkan:

Hena, air panas, plastik tangan atau lateks sarung tangan, mangkuk kaca untuk mencampur hena, sendok plastik, penutup kepala, handuk tua, minyak zaitun atau jojoba oil, dan petroleum jelly.

manfaat henna

Cara menggunakan henna:

Jangan mencuci rambut Anda setidaknya 12 jam sebelum menggunakan henna untuk membuat minyak alami pada rambut yang akan memberikan hasil lebih baik.

1. Pijat rambut menggunakan 3-4 tetes minyak zaitun atau jojoba dan pijat hingga ke ujung rambut.

2. Setelah itu, tuangkan henna pada mangkuk kaca (jangan gunakan mangkuk logam atau sendok untuk mencampur pasta henna karena akan mempengaruhi warna akhir). Campurkan henna dengan air panas lalu aduk terus hingga berbentuk pasta. Untuk rambut sebahu, Anda membutuhkan setidaknya 3 oz, sedangkan untuk rambut panjang 6 oz.

3. Sebelum menggunakan henna, gunakan sarung tangan plastik untuk menghindari warna henna yang akan tertinggal pada jari-jari. Jika henna terkena dahi atau kulit sekitar rambut, gunakan petroleum untuk menghilangkan warna henna pada kulit.

4. Terapkan henna mulai dari akar hingga ke ujung rambut. Setelah seluruh permukaan rambut tertutupi dengan henna, terapkan kembali sisa henna hingga menutupi seluruh kepala.

5. Setelah seluruh rambut tertutupi dengan henna, gulung rambut Anda hingga ke atas kepala, jepitdan gunakan penutup kepala plastik. Untuk menghindari warna terkena pakaian atau kulit, gunakan handuk sebagai pengalas.

6. Diamkan henna kurang lebih sekitar 30 menit hingga 1 jam untuk hasil yang lebih baik. Jika Anda ingin warna yang lebih baik, diamkan hingga 2-3 jam.

7. Setelah 2-3 jam, bilas dengan menggunakan air hangat dan pijat dengan lembut untuk membersihkan secara keseluruhan. Untuk mengeringkan rambut, gunakan handuk tua untuk menghindari warna yang masih bersisa pada rambut.

**

Warna dari henna akan tampak jika rambut sudah dalam keadaan kering sepenuhnya, jadi bersabarlah dan biarkan kering. Tapi jika Anda tidak bisa menunggu, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkannya.Untuk warna dari henna, akan bertahan kurang lebih sekitar 5-6 bulan.

Meskipun memakan waktu yang lebih lama dari pewarna rambut biasa, namun untuk hasil yang didapatkan akan sangat memuaskan dengan warna yang indah alami dan tahan selama berbulan-bulan, dan yang paling menguntungkan lagi bebas dari bahan kimia!