Loading...

3 Olahan Berbahan Dasar Tahu

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

resep olahan tahu

TERUSKAN.COM – Jika di dalam lemari es, Anda melihat tahu yang belum dimasak atau mungkin Anda ingin mencoba olahan yang baru dari tahu? Kita akan membahas 3 resep berbahan dasar tahu sekarang. Simak ya.

Cara Membuat Rolade Tahu

Untuk olahan pertama ini memang agak sedikit rumit, namun sepertinya tak masalah jika dicoba sebagai menu baru dapur Anda.

Loading...

1. Siapkan plastik lembaran yang agak tebal. Lalu siapkan pula beberapa bahan, seperti tahu, telur, wortel, daun bawang, dan daging cincang atau cornet.Kornet bisa juga diganti dengan sosis jika anda suka.

2. Setelah siap, Anda bisa melumatkan tahu tersebut sesuai selera, apakah mau hingga lembut atau agak kasar. Jika sudah, maka masukkan telur seperlunya sebagai perekat. Untuk wortelnya bisa Anda parut agar lebih cepat, sedangkan daun bawangnya diiris-iris kecil saja, lalu aduk hingga rata.

3. Selanjutnya, Anda siapkan plastik di atas wadah berbentuk persegi dan kemudian tuangkan adonan tahu terlebih dahulu dan ratakan bagian atasnya. Jika sudah, taburkan wortel di atas adonan tahu hingga rata dan lanjutkan cara yang sama dengan daging cincang atau cornet.

4. Gulung adonan tersebut secara perlahan dan ikat bagian ujung plastik dengan kuat. Jangan lupa untuk mengikat bagian tengahnya juga agar tidak tumpah. Setelah itu Anda bisa mengukusnya hingga matang. Setelah matang, potong-potong adonan dan celupkan ke dalam kocokan telur sebelum digoreng.

Cara Membuat Pepes Tahu

1. Untuk olahan kedua ini, Anda bisa menyiapkan tahu, telur, dan mie putih. Untuk bahan tambahan, Anda siapkan saja daun bawang, bawang merah, tomat, dan daun kemangi. Dan jangan lupa untuk menyiapkan daun pisang sebagai pembungkusnya.

2. Jika semua bahan sudah siap, maka Anda bisa memulai dengan merendam mie putih dalam air panas. Sambil menunggu mie putih matang, Anda bisa melumatkan tahu, namun jangan sampai terlalu halus agar ketika dibungkus tidak sulit dan kemudian masukkan telur ke dalam tahu yang sudah dilumatkan.

3. Potong-potong bahan lainnya, seperti daun bawang, bawang merah, dan juga tomat. Untuk daun bawang dan bawang merah bisa langsung digabungkan dengan adonan.

4. Jika mie putih sudah matang, maka campurkan dengan adonan tahu tadi, lalu aduk rata. Jangan lupa masukkan garam sebagai penyedap rasanya.

5. Siapkan daun pisang dan masukkan adonan tahu secukupnya, lalu tambahkan tomat dan daun kemangi ke dalamnya. Jangan lupa untuk merapikan bagian ujung daun dengan streples atau tusuk gigi.

6. Jika semua bahan sudah terbungkus, maka Anda bisa mengukusnya 15-20 menit, dan pepes tahu pun siap untuk dihidangkan.

Cara Membuat Kroket Tahu

1. Untuk olahan ketiga, Anda siapkan kulit lumpia, tahu, telur, dan daun bawang. Untuk cara membuatnya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu melumatkan tahu hingga agak lembut, lalu tambahkan sedikit telur sebagai perekat dan jangan lupa masukkan pula daun bawang.

2. Jika adonan tersebut sudah selesai, maka siapkan dua lembar kulit lumpia, dan masukkan adonan tersebut secukupnya dan gulungkan kulit lumpia tersebut hingga rapi.

3. Setelah semua selesai dibungkus dengan kulit lumpia, celupkan terlebih dahulu ke dalam kocokan telur dan kemudian goreng hingga kuning kecoklatan.

Selamat mencoba.