Loading...

3 Olahan Berbahan Dasar Mie

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

TERUSKAN.COM – Mungkin Anda sudah sering melihat mie, entah itu di suoermarket, pasar, warung, atau bahkan mungkin di dalam daftar menu sebuah tempat makan. Namun, biasanya olahan mie hanya begitu-begitu saja dan bisa dikatakan cukup monoton.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mengolah mie menjadi sebuah makanan yang baru dan mungkin bisa dijadikan bekal sekolah untuk anak Anda.

Olahan seperti apa? Berikut adalah 3 olahan berbahan dasar mie:

Loading...

Sosis Gulung Mie

Mie-Sosis-Gulung

Untuk olahan pertama ini, bahannya cukup mudah, yakni hanya sosis, telur, dan tentu saja mie. Jangan lupa menyediakan minyak goreng untuk proses memasaknya, juga garam untuk penyedap rasa.

Untuk cara mengolahnya, Anda bisa memulai dengan merebus mie terlebih dahulu dan berikan sedikit minyak pada rebusan tersebut, agar ketika diangkat mie tidak menjadi lengket. Rebus mie hingga setengah matang saja, itu bertujuan agar ketika digulung mie tidak mudah putus. Jika sudah, maka tiriskan.

Kocok lepas telur yang sudah disediakan. Jika sudah, maka selanjutnya Anda bisa mulai menggulung mie pada sosis. Setelah selesai digulung, tahap selanjutnya adalah mencelupkannya ke dalam telur dan kemudian siap untuk digoreng.

Martabak Mie

martabakmie

Bahan untuk membuat masakan ini adalah telur, mie, dan daun bawang. Jangan lupa pula untuk menyediakan minyak goreng untuk proses memasaknya, juga garam untuk penyedap rasa.

Cara mengolahnya cukup mudah, yakni Anda hanya perlu merebus mie hingga setengah matang, lalu tiriskan. Selanjutnya, kocok lepas telur yang disediakan dan jangan lupa masukkan irisan daun bawang dan juga mie yang sudah di rebus.

Setelah tercampur rata, masukkan mie ke dalam cetakan, kemudian kukus selama 15-20 menit. Diamkan beberapa saat hingga adonan tersebut menjadi dingin. Sambil menunggu adonan tersebut dingin, maka Anda bisa mengocok lepas telur.

Potong-potong adonan yang sudah dingin tersebut sesuai kemauan Anda, celupkan ke dalam kocokan telur dan kemudian goreng hingga agak kecoklatan.

Bola-Bola Mie

Bola-Bola Mie

Untuk olahan terakhir ini, Anda siapkan saja mie, telur, dan sedikit tepung terigu. Sebagai bumbu tambahan, siapkan pula bawang merah, bawang putih, daun bawang, dan seledri. Dan seperti biasa, siapkan pula minyak goreng dan garam.

Cara mengolahnya dimulai dengan merebus mie hingga matang dan kemudian tiriskan mie jika sudah matang. Selanjutnya, Anda harus mencincang bawang merah dan bawang putihnya, untuk daun bawang dan seledri cukup diiris-iris kecil saja.

Agar mie mudah dibentuk menjadi bulat, maka potong-potong mie terlebih dahulu. Jika sudah, campurkan bumbu yang sudah dicincang dan diiris sebelumnya, kemudian masukan pula telur. Agar tidak terlalu cair, maka masukkan telurnya satu per satu, lalu kemudian diaduk.

Jika dirasa sudah cukup (tidak terlalu cair karena telur), maka Anda bisa menambahkan terigu pada adonan tersebut. ini bertujuan agar adonan semakin merekat dan tidak mudah terurai ketika digoreng. Tahap selanjutnya tentu membentuk adonan menjadi bulatan-bulatan sesuai selera Anda. Jika sudah, Anda bisa menggorengnya hingga berwarna kuning kecoklatan.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.