Loading...

4 Cara Mudah Pulih dari Jetlag

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Wisata

jet lag

TERUSKAN.COM – Melakukan perjalanan jauh dan menggali banyak pengalaman ke berbagai negara memang sangat menyenangkan. Namun, satu hal yang paling tidak disukai banyak orang adalah menghabiskan banyak waktu di dalam pesawat dan bandara.

Ketika anda akan terbang ke suatu negara yang jauh entah untuk urusan pekerjaan atau liburan, anda mesti melalui waktu yang cukup panjang di udara. Entah dalam hitungan hari atau jam, perjalanan panjang di udara akan membuat tubuh anda kaku.

Loading...

Terkadang setelah anda melalui tidur sepanjang hari atau malam, anda kerap merasa kehilangan nafsu makan, lesu, dan bahkan sulit beradaptasi di hari normal di mana diakibatkan oleh jetlag.

Kondisi jetlag ini juga akan semakin memburuk, khususnya jika anda tidak pernah melakukan perjalanan jauh sebelumnya atau ketika anda harus memulai pekerjaan sesegera mungkin.

Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk mengatasi situasi jetlag ini. Simak saran berikut seperti dilansir Magforwomen.com.

Tetap melakukan latihan rutin

Jika anda memiliki kebiasaan aktif secara fisik atau melakukan olahraga favorit anda sehari-hari, cobalah untuk tetap melakukannya saat anda sedang berada di negeri orang untuk berbagai urusan anda. Maka, rasa jetlag yang anda alami akan semakin berkurang dan zat endorfin dalam tubuh akan lepas karena aktifitas fisik yang membuat anda tetap merasa sehat dan aktif.

Namun, jika anda bukan tipe orang yang gemar melakukan kegiatan fisik rutin, cobalah untuk tidak tidur saja, tapi keluarlah berjalan-jalan mencari angin segar.

Beradaptasi dengan zona waktu baru

Beberapa hari sebelum anda pergi, cobalah untuk mempersiapkan diri menghadapi zona waktu baru. Mulailah untuk tidur lebih awal atau apa pun agar anda bisa siap menghadapi jetlag.

Jika anda tak bisa, maka tak perlu memaksakan diri, karena akan semakin membuat anda frustrasi. Anda bisa istirahat sebanyak yang anda mampu. Intinya, tetaplah jaga kesehatan sebelum melalui perjalanan panjang.

mengatasi jet lag

Minum banyak air putih

Minumlah air putih sebanyak yang dibutuhkan tubuh anda selama perjalanan dalam pesawat, jika anda sudah begitu bosan karena perjalanan yang panjang, tak ada salahnya anda coba merelaksasi tubuh dengan berjalan –jalan sebentar dalam kabin pesawat.

Meminum banyak air juga bisa mendorong anda ingin selalu ke toilet, jadi anda bisa manfaatkan momentum itu untuk membuat tubuh anda lebih relaks. Menggunakan minyak aromaterapi di bagian tubuh tertentu juga dapat membantu anda istirahat lebih pulas selama perjalanan.

Mencari angin segar

Ketika sampai tujuan, berupayalah untuk berjalan keluar dan mencari angin segar dan pemandangan alami. Hal itu akan membangkitkan kembali energi dalam tubuh dan jiwa anda.

Jadi, pastikan dalam rencana perjalanan (itinerary) anda, pada hari pertama untuk menghabiskan waktu berjalan keluar, tak perlu jauh-jauh dari tempat tinggal anda. Misalnya, bersantai di bangku-bangku taman atau melihat pemandangan di sekitar kota negara tempat anda tinggal.