Loading...

5 Cara Mengatasi Penyakit Mudah Lupa

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Kesehatan

cara mengatasi lupa

TERUSKAN.COM – Anda pernah pergi ke pasar lalu lupa membawa catatan belanjaan? Anda pernah pergi ke kantor lalu lupa untuk mebawa notebook untuk presentasi di saat meeting?

Anda pernah pergi ke sekolah atau kampus kemudian lupa membawa buku pelajaran, atau lupa mengerjakan tugas? Anda sering melupakan janji penting kepada sahabat, pacar, teman kerja, atau bahkan atasan anda?

Loading...

Apakah anda sering lupa dengan rencana-rencana yang sudah anda buat? Atau anda lupa dengan janji anda pada hari ini dengan seseorang?

Seringkali kita lupa dengan hal-hal yang telah menjadi aktivitas sehari-hari. Seperti pergi ke pasar, kantor, sekolah, atau janji anda terhadap seseorang, rencana-rencana anda dan kegiatan anda pada hari ini.

Tentunya ketika hal itu terjadi akan memberikan dampak yang tidak baik, baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Karena dengan alasan apapun sesuatu yang telah direncanakan tidak boleh meleset dari sasaran.

Terlebih jika hal tersebut adalah sebuah janji baik terhadap sahabat, pacar, atau bahkan atasan dan orang-orang penting. Tentunya semua yang diharapkan tidak akan tercapai dan hari-hari jadi berantakan.

Tenang! Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk mengatasi lupa. Tentunya ini akan sedikit membantu karena jika hanya mengandalkan ingatan saja akan terasa berat dan sulit.

1. Buku Catatan

Buku catatan atau notebook dapat anda gunakan untuk menulis rencana-rencana anda yang akan datang, termasuk janji dengan seseorang. Notebook selain praktis dan mudah dibawa-bawa ternyata lebih berguna dibandingkan dengan mengandalkan ingatan otak saja.

2. Gadget

Dunia tekhnologi dalam perkembangannya cukup memberikan dampak positif. Seperti fitur-fitur dan aplikasi yang disediakan sedikitnya membantu para penggunanya.

Contohnya: alarm untuk mengingatkan waktu, memo untuk membuat pesan, kalender untuk mengingatkan hari dan tanggal berikut tahunnya.

3. Preparing

Mempersiapkan segala sesuatu satu hari sebelumnya atau pada malam hari sebelumnya. Hal ini bisa dilakukan bagi orang-orang yang bekerja di kantor, bagi pelajar, dan bagi orang-orang yang hendak berlibur, dan bepergian jauh.

Dapat dibayangkan ketika kita telah sampai pada tujuan dan kemudian teringat dengan barang yang seharusnya dibawa, sedangkan jaraknya begitu jauh. Menyebalkan sekali jika kita memilih kembali untuk pulang dan mengambilnya.

4. Meminta tolong seseorang

Meminta tolong seseorang untuk mengingatkan sesuatu kepada kita merupakan pilihan yang lebih mudah dan sederhana karena kita tidak mesti repot-repot untuk mencatat, menyiapkan segala sesuatunya. Seperti meminta tolong kepada keluarga, pacar, dan sahabat untuk membangunkan, menelpon, atau menegur.

Namun, terkadang manusia juga memiliki kegiatan mereka masing-masing dengan kesibukan yang beragam dan terkadang mereka yang seharusnya diandalkan juga ikut-ikutan lupa. Ketiga tips seperti buku catatan, gadget, preparing bisa anda gunakan untuk lebih meyakinkan diri anda.

5. Membuat schedule

Membuat daftar rencana-rencana yang akan anda kerjakan dalam sebuah papan pengumuman, white board, mading, dan kemudian anda pajang di kamar anda dengan rapi.

Tentunya ini akan bermanfaat untuk senantiasa mengingatkan anda karena secara tidak langsung anda akan membacanya setiap hari dan membuat anda selalu ingat dengan rencana-rencana yang telah anda buat sebelumnya.

**

Bagi anda yang memiliki kebiasaan lupa silakan untuk mencoba 5 tips cara mengatasi lupa. Atau bagi anda yang tidak ingin rencana-rencana anda hancur berantakan karena kesibukan yang begitu padat hingga akhirnya menimbulkan lupa. Silakan untuk mempraktikannya.

Semoga bermanfaat.