Loading...

7 Tips Sederhana Merawat Sepeda Motor

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Otomotif

merawat sepeda motor

TERUSKAN.COM – Sepeda motor merupakan salah satu jenis kendaraan yang paling banyak diminati. Bisa dikatakan bahwa sepeda motor diterima oleh semua kalangan. Terlebih di zaman yang serba modern dan praktis sekarang ini.

Selain harganya yang tergolong murah dibandingkan dengan kendaraan roda empat (mobil) ternyata sepeda motor memiliki keunggulan tersendiri.

Loading...

Keunggulan sepeda motor di antaranya: harganya terjangkau semua kalangan, mudah dalam mengendarainya, lebih cepat ketika macet, dan tentunya sepeda motor lebih praktis dan mudah untuk dikendarai. Belajarnya pun tidaklah sulit karena belajar mengendarai sepeda motor layaknya belajar mengendarai sepeda.

Namun, pernahkah anda memperhatikan sepeda motor anda? Sudahkah anda merawat dengan baik sepeda motor anda? Atau, berapakah biaya yang harus anda keluarkan untuk merawat sepeda motor kesayangan anda?

Kami berbagi 7 tips sederhana merawat sepeda motor yang bisa anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke bengkel dan tentunya akan mengeluarkan biaya yang banyak.

Busi

Bersihkanlah busi dengan teratur setidaknya sebulan sekali atau tergantung kebutuhan. Pastikan busi sepeda motor anda dalam keadaan bersih dan masih berfungsi.

Karena busi memiliki fungsi dalam pengapian tentunya di bagian inilah yang sering kotor akibat percikan api yang dihasilkan ketika kendaraan menyala.

Cara membersihkan busi terbilang mudah. Cukup mencopot busi dan kemudian sikatlah dengan sikat kawat dan bersihkan dengan kain lap. Jika perlu gunakanlah alat pembersih busi.

Oli

Gantilah oli sesuai kilometer yang telah ditempuh kendaraan. Setiap jenis oli memiliki ketentuan sendiri setiap berapa kilometernya oli harus diganti. Atau seminimalnya oli motor kendaraan anda harus diganti setiap bulannya.

Mengapa? Karena dengan teraturnya mengganti oli kendaraan anda akan membantu performa mesin tetap dalam kondisi baik dan mencegah terjadinya keausan mesin.

Body

Sering-seringlah untuk membersihkan body kendaraan dengan mencucinya. Seminimal mungkin ketika kendaraan terkena air hujan. Mengapa? Karena air hujan akan mengakibatkan karat pada kendaraan anda dan membuat body kendaraan menjadi kusam.

Dan satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah ketika menggunakan sabun untuk mencuci kendaraan anda. Gunakanlah beberapa merk sabun yang sudah teruji kualitasnya.

Rem

Rem merupakan bagian yang sangat penting dalam kendaraan. Karena jika rem tidak berfungsi akan berakibat fatal, bahkan kematian. Sering-seringlah membersihkan rem kendaraan anda, mengganti minyak rem, atau bahkan mengganti rem jika rem sudah aus.

Ban

Bagian yang terpenting dalam kendaraan selain rem adalah ban. Perhatikan kondisi ban kendaraan anda. Jika kondisi ban kendaraan anda sudah melebihi batas keausan maka segeralah untuk menggantinya dengan ban yang baru.

Rantai/belt

Periksalah dan pastikan rantai kendaraan anda bersih dari karat. Dan bersihkan rantai kendaraan anda dengan menggunakan oli rantai.

Hindari pembersihan dengan menggunakan bekas oli mesin dan minyak sayur karena itu hanya akan membuat rantai karatan dan berisik. Gunakanlah oli rantai yang sudah teruji kualitasnya.

Mesin

Mesin merupakan komponen utama dalam kendaraan. Karena tidak adanya mesin kendaraan tidak akan dapat beroperasi. Periksalah mesin kendaraan anda setiap bulannya (tune up ringan).

Cara untuk melakukan tune up ringan sangatlah mudah. Cukup memeriksa celah katup, menyetel langsam (tarikan gas), dan memperhatikan kondisi busi (pengapian), serta warna dan kekentalan oli kendaraan anda.

**

Demikianlah tips sederhana dalam merawat sepeda motor. Jika anda mampu untuk melakukannya sendiri, kenapa harus membawa sepeda motor kesayangan anda ke bengkel hingga harus mengeluarkan uang banyak. Selamat mencoba!