Loading...

5 Manfaat Jahe Bagi Kecantikan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

khasiat jahe untuk kecantikan

TERUSKAN.COM – Jahe adalah tanaman rimpang yang dikenal sebagai rempah-rempah serta bahan obat. Rimpangnya berbentuk seperti jemari yang menggembung di ruas tengah.

Jahe memiliki rasa dominan yang pedas yang dibawa oleh senyawa keton disebut zingeron. Selain baik untuk kesehatan, ternyata tanaman jahe memiliki banyak manfaat bagi kecantikan loh.

Loading...

Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Melembutkan Rambut

Jika anda memiliki masalah dengan rambut kasar dan kusam, maka anda bisa menggunakan jahe untuk melunakkannya. Kandungan minyak atsiri di dalamnya mampu mengharumkan serta melembutkan rambut. Jika dikombinasikan dengan minyak zaitun, minyak esensial dapat memperkuat jahe.

Caranya cukup mudah yaitu dengan membuat jus menggunakan dua sendok makan jahe yang dicampur dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Aduk rata dan kemudian oleskan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan selama kurang lebih 25 menit dan bilas hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak 2 kali dalam seminggu.

2. Mengatasi kulit berminyak

Jahe juga sangat baik untuk mengatasi kulit berminyak. Beberapa mineral yang terkandung di dalam jahe mampu membantu menghilangkan minyak jika dicampurkan dengan beberapa bahan seperti kayu manis, garam dan pala.

Anda bisa mengambil garam laut, jahe yang sudah diparut serta bubuk kayu manis dan satu sendok teh pala. Campurkanlah semua bahan tersebut dengan menggunakan air dan aduk sampai berbentuk pasta. Aplikasikan pada bagian wajah dan diamkan selama 20 menit.

3. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan kulit seperti keriput dan kendur tentunya membuat penampilan jadi terlihat tidak menarik. Anda bisa menggunakan campuran kopi, alpukat, minyak daun kayu manis dengan campuran jahe agar membuat kulit tetap lebih muda.

Campurkan satu cangkir kopi bubuk dengan setengah cangkir alpukat yang telah dihancurkan sampai halus, satu sendok teh jahe yang sudah diparut, serta beberapa tetes minyak daun kayu manis. Aduklah semua bahan tersebut sampai merata.

Oleskan pada seluruh tubuh anda dan pijat secara perlahan. Bilas sampai bersih dan lakukan cara ini tiga kali seminggu.

4. Menghaluskan kulit

Salah satu cara termudah untuk menghaluskan kulit yaitu dengan menggunakan jahe. Jahe mampu membersihkan kotoran pada kulit. Jika dicampur dengan buah delima, maka khasiatnya juga lebih bagus untuk kulit. Kandungan vitamin C di dalam buah delima pun mampu membantu menghaluskan kulit.

Caranya mudah yaitu dengan mengambil dua sendok makan jahe yang sudah diparut dan dicampur dengan jus buah delima. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 20 menit.

5. Menghaluskan kaki anda

Kulit kaki biasanya terasa kasar dan tebal, namun dengan menggunakan campuran jahe, gula merah, madu, lidah buaya serta oatmeal dapat membantu kulit kaki terasa lebih halus.

Anda bisa membuat ramuan yang terdiri dari gula merah, oatmeal dan lidah buaya masing-masing 2 sendok makan. Campurkan semua bahan tersebut dan tambahkan dengan jus lemon, madu, jahe parut masing-masing satu sendok teh.

Aduk semua bahan dan oleskan pada telapak kaki sampai merata dan diamkan selam a5 menit. Bilas menggunakan air bersih.

**

Itulah beberapa manfaat yang dimiliki jahe untuk kecantikan. Selamat mencoba!