Loading...

7 Tips untuk Menghilangkan Capek Pada Tubuh

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Aktivitas sehari yang tak kunjung berhenti pasti akan membuat seluruh badan merasa lelah. Ingin sekali rasanya anda meninggalkan rutinitas tersebut.

Semua orang pasti pernah merasa lelah dengan semua aktivitas yang dijalani setiap harinya. Lalu pertanyaannya apakah hal yang anda lakukan untuk menghilangkan rasa lelah tersebut?

Lelah adalah rasa capek yang dirasakan tubuh dan pikiran saat suatu aktivitas menguras energi baik tenaga dan pikiran. Pada saat tertentu, tubuh yang merasa lelah pun akan membuat aktivitas yang akan dilakukan selanjutnya menjadi terganggu.

Loading...

Cara termudah yang bisa anda lakukan sebenarnya adalah beristirahat sejenak. Akan tetapi sebenarnya ada beberapa tips yang mungkin dapat anda terapkan untuk menghilangkan rasa lelah pada tubuh anda.

kelelahan

Di bawah ini ada beberapa cara menghilangkan capek pada tubuh. Silakan dicoba.

• Sarapan Pagi

Biasakan untuk sarapan pagi sebelum memulai aktivitas. Hal ini lantaran dengan sarapan pagi akan membuat pikiran dan kondisi tubuh menjadi lebih stabil daripada yang tidak sarapan.

Sehingga rasa lelah pun dapat berkurang atau bahkan hilang jika anda sarapan pagi terlebih dahulu.

• Konsumsi Makanan Bernutrisi Tinggi

Makanlah secara rutin makanan yang mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, baik itu karbohidrat, vitamin, protein, mineral atau makanan yang berserat tinggi.

Sehingga hal ini akan menghindarkan anda dari rasa lelah ketika melakukan aktivitas karena tubuh akan lebih terjaga kesehatannya dan lebih stabil.

• Perbanyak Asupan Serat

Konsumsilah makanan yang berserat karena dengan begitu akan memberikan energi lebih pada tubuh sehingga tubuh pun tidak mudah merasa capek dalam beraktivitas.

• Minum Air Putih Yang Cukup

Minumlah air putih sesuai dengan kebutuhan tubuh minimal 8 gelas sehari atau lebih.

Hal ini dikarenakan air akan dapat mempermudah darah mengalir ke sel serta organ di dalam tubuh sehingga peredaran darah pun jadi lebih lancar dan rasa lelah juga akan berkurang.

• Dengarkan Musik

Mendengarkan musik yang anda sukai adalah salah satu cara yang dianggap efektif untuk membantu mengatasi rasa lelah ketika beraktivitas.

Jadi setelah anda beraktivitas sepertinya tidak ada salahnya jika anda mendengarkan musik yang anda sukai sambil duduk santai. Hal ini akan membantu anda untuk menghilangkan rasa lelah.

tertawa

• Lebih Banyak Tertawa

Melihat acara komedi juga menjadi salah satu cara yang bisa mengatasi rasa lelah ketika selesai beraktivitas. Dengan tertawa lepas maka semua beban pikiran serta lelah yang dirasakan tubuh akan hilang.

• Membasuh Wajah Dengan Air Dingin

Sebelum mandi usai beraktivitas sebaiknya basuhlah wajah terlebih dahulu menggunakan air dingin. Hal ini akan membantu anda untuk menghilangkan rasa lelah yang menghinggapi tubuh serta pikiran anda.

**

Nah itulah beberapa tips yang bisa anda terapkan ketika anda merasa lelah setelah beraktivitas. Rasa lelah memang seringkali membuat tubuh menjadi lemas dan tidak bersemangat. Jika hal ini dibiarkan maka akan menyulitkan anda untuk melakukan aktivitas lainnya.

Oleh karena itulah anda bisa mencoba beberapa tips di atas untuk membantu anda mengatasi rasa lelah. Dengan begitu, akan lebih mudah bagi anda untuk terhindar dari rasa lelah yang berlebihan saat selesai beraktivitas.

Selamat mencoba.