Loading...

Clothing Swap, Ajang Menyenangkan Untuk Bertukar Pakaian

Penulis: Ulfah Rani Rubrik: Fashion, Fun

Clothing Swap

TERUSKAN.COM – Clothing swap, sebagian orang mungkin sama sekali belum pernah mendengar istilah ini. Clothing swap atau bertukar pakaian adalah suatu ajang di mana Anda dan sekelompok teman-teman berkumpul, membersihkan seluruh isi lemari pakaian Anda dan mengeluarkan item yang jarang Anda kenakan atau bahkan tidak lagi Anda butuhkan, kemudian menukar dengan barang-barang milik teman satu sama lain.

Ini merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan, selain bahwa Anda akan memiliki lebih banyak ruang dalam lemari pakaian Anda, ini juga mungkin dapat membuat Anda terinspirasi untuk mencoba sesuatu yang baru di luar zona kenyamanan Anda dengan dorongan dari teman-teman.

Loading...

Ini adalah cara sempurna untuk dilakukan khususnya bagi seorang mahasiswa yang memiliki anggaran terbatas untuk membeli beberapa baju baru.

Jika ini terdengar seperti sesuatu yang menyenangkan untuk Anda coba, maka simaklah beberapa tips berikut ketika akan bertukar pakaian dengan sekelompok teman:

1. Usahakan mengumpulkan orang-orang yang bervariasi

Tips pertama yang harus Anda lakukan saat akan bertukar pakaian adalah usahakan untuk mengumpulkan beberapa orang yang bervariasi. Idealnya Anda harus mencoba untuk mengundang 10-20 tamu, dengan gaya dan ukuran yang berbeda sehingga ada fleksibilitas.

Namun pastikan agar tamu tersebut memiliki gaya yang tidak terlalu berbeda dengan Anda, mengingat Anda harus mampu menukar pakaian tentu saja. Tapi kadang-kadang, tidak ada salahnya untuk sesekali mencoba keluar dari zona nyaman Anda dengan mengkombinasikan beberapa item pakaian yang tidak pernah Anda kenakan sebelumnya.

2. Siapkan tempat untuk mencoba pakaian

Anda tentu tidak ingin bertukar pakaian sebelum mencobanya dan pulang dengan setumpuk hal-hal yang ternyata tidak dapat dikenakan karena ukuran pakaian yang tidak sesuai.

Jika Anda tidak memiliki ruang bebas untuk mencoba pakaian tersebut, cobalah untuk mengadakan fashion tirai atau menggunakan pembagi ruang dan memastikan untuk menyediakan banyak cermin, sebagai bagian dari pengambilan keputusan tentang apakah Anda menyukai pakaian tersebut atau tidak.

3. Urutkan sesuai dengan jenis dan ukuran

Untuk membuat segala sesuatunya sedikit lebih teratur, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengurutkan item sesuai dengan ukuran. Anda dapat menetapkan tabel atau tumpukan untuk atasan, jins, syal, jaket, dan lain-lain lalu kemudian bagilah dengan urutan terkecil hingga yang paling besar.

Selain pakaian, Anda juga sebenarnya dapat saling bertukar aksesoris seperti perhiasan, tas, ataupun sepatu.

4. Sajikan Minuman

Jika Anda yang berinisiatif untuk mengadakan ajang ini dan mengundang beberapa tamu, pastikan untuk menghidangkan minuman serta beberapa cemilan untuk mengusir kebosanan saat menunggu giliran untuk mencoba pakaian.

Setiap peristiwa biasanya lebih menyenangkan dengan adanya keterlibatan makanan dan minuman. Disamping itu, Anda mungkin bisa memamerkan keterampilan Anda dalam membuat kue.

5. Buatlah aturan dan batasan

Untuk mencegah terjadinya argumen yang berujung pada kekecewaan dan sakit hati, Anda harus menetapkan beberapa aturan. Pastikan semua pakaian yang tamu bawa untuk saling bertukar, telah dicuci dengan bersih.

Anda juga bisa menetapkan aturan tentang seberapa lama kamar ganti dapat digunakan untuk setiap orang, sediakan pula beberapa nomor untuk menghindari terjadinya perebutan jika beberapa ornag menginginkan item yang sama.

Cobalah untuk menjaga agar segalanya berjalan dengan adil dan ingatkan semua orang untuk bersikap dewasa. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan para tamu agar membawa tas mereka sendiri untuk membawa pulang pakaian yang telah ditukarkan.

6. Adakan tantangan atau permainan menarik

Jika ada beberapa orang yang menginginkan item yang sama, tentukanlah dengan mengadakan permainan sederhana seperti permainan batu, gunting dan kertas, atau yang sedikit lebih kompetitif.

Tantangan seperti ini akan membuat ajang bertukar permaianan menjadi lebih menyenangkan dan tentu saja adil.

7. Sumbangkan sisa pakaian untuk amal

Kebanyakan ajang bertukar pakaian akan menyisakan beberapa pakaian yang memiliki ukuran tidak cocok untuk siapa pun. Barang sisa dapat disumbangkan ke tempat penampungan atau toko barang bekas, dan bukannya kembali ke lemari Anda.

Mintalah beberapa teman untuk membantu Anda mengumpulkan beberapa pakaian yang akan disumbangkan.