Loading...

Cara Alami Mengatasi Biang Keringat

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Keluarga, Kesehatan

Mengatasi Biang Keringat

TERUSKAN.COM – Biang keringat adalah salah satu masalah umum yang sering sebagian besar dialami saat musim panas. Selain membuat Anda terlihat buruk, biji dari biang keringat sering terasa gatal dan menyakitkan.

Biang keringat disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya keringat berlebih yang menumpuk pada bagian tubuh Anda sehingga menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal. BiaNg keringat akan terlihat seperti benjolan merah kecil yang terjadi pada permukaan kulit.

Loading...

Biang keringat bisa muncul di setiap bagian tubuh Anda, tetapi umumnya akan Anda temui di sekitar wajah, leher, dada, punggung dan paha. Karena kelenjar keringat yang tersumbat, keringat berlebih yang dihasilkan saat cuaca panas akan terjebak dalam kulit. Biang keringat biasanya lebih rentan terjadi pada anak-anak karena kulit mereka yang sensitif.

Nah, untuk pencegahannya, beberapa dari Anda mungkin akan membiarkan biang keringat hingga menghilang dengan sendirirnya. Namun, cara ini akan membutuhkan waktu yang lama.

Jika Anda sudah benar-benar terganggu dengan biang keringat yang terdapat pada tubuh Anda, berikut beberapa tips menghilangkan biang keringat dengan cara alami yang dapat Anda coba.

1. Oatmeal

Jika Anda ingin menyingkirkan masalah biang keringat yang mengganggu dengan metode yang paling sederhana dan efektif, maka oatmeal akan menjadi pilihan terbaik bagi Anda. Oatmeal sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan dan gatal-gatal yang terjadi pada kulit.

2. Bedak

Bedak sudah menjadi obat rumah yang paling umum dipilih untuk mengobati biang keringat. Cukup dengan mengoleskan bedak pada tubuh Anda setelah mandi untuk menghilangkan biang keringat. Pilih bedak yang tidak memiliki aroma atau bedak khusus untuk biang keringat.

3. Gel Lidah Buaya

Mengobati biang keringat dengan pengobatan rumah bukanlah tugas yang sulit jika Anda bijak dalam memilih pilihan yang terbaik untuk Anda. Misalnya saja gel lidah buaya yang sangat efektif dalam mengurangi masalah biang keringat karena mengandung sifat anti-inflamasi.

4. Kompres Dingin

Kompres dingin adalah salah satu solusi yang paling efektif untuk mengobati biang keringat. Rasa dingin akan menurunkan suhu dan menjaga tubuh Anda tetap dingin. Selain itu, rasa dingin juga akan mengurangi kemerahan pada biang keringat.

5. Pati Jagung

Pati jagung akan menjadi pilihan yang sangat baik jika Anda mencari cara untuk mengobati biang keringat dengan pengobatan rumah. Tambahkan tepung jagung atau tepung dan air lalu aduk hingga menjadi pasta.

Oleskan pasta tersebut pada biang keringat dan diamkan sekitar 30 menit lalu bersihkan dengan air dingin.

6. Daun Margosa

Daun margosa adalah salah satu di antara cara-cara alami untuk menyembuhkan biang keringat. Buat pasta dengan menggiling daun margosa dan air. Terapkan pada kulit yang terdapat biang keringat dan diamkan selama beberapa waktu.

Selain mengatasi biang keringat, daun ini juga akan mengurangi rasa gatal yang disebabkan biang keringat.

7. Menjaga Kebersihan

Gaya hidup juga menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi pertumbuhan dari biang keringat. Hindari pakaian ketat dan lebih memilih menggunakan pakaian berbahan katun bukan sintetis.

8. Tetap Terhidrasi

Sangat penting untuk tetap terhidrasi selama musim panas, terutama jika Anda memiliki masalah biang keringat. Pastikan bahwa Anda minum cukup air.

**

Memilih penyelesaian masalah biang keringat dengan cara alami, akan mengurangi risiko efek samping dari bahan kimia. Mengobati biang keringat dengan obat yang tersedia di rumah Anda akan lebih sederhana dan nyaman.

Semoga bermanfaat.