Loading...

Menikmati Keindahan Pantai di Pacitan

Penulis: Sisca Yohanna Rubrik: Wisata

TERUSKAN.COM – Liburan menjadi salah satu kebutuhan yang tidak bisa terlewatkan dari rutinitas kesibukan anda. Liburan menjadi salah satu alternative untuk menyegarkan kembali setelah penat dengan padatnya rutinitas anda sehari-hari.

Beragam jenis liburan yang bisa anda nikmati dan masing-masing orang tentunya memiliki kesukaan tersendiri untuk destinasi setiap tempat liburan. Untuk anda para traveler yang suka berpetualang ke tempat yang belum diketahui oleh banyak orang adalah kesukaan tersendiri menjadikan tempat tersebut layaknya tempat liburan bersifat privasi.

Kini banyak daerah yang berlomba-lomba menawarkan berbagai produk destinasi liburan yang ditujukan sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah.

Loading...

Yang seakan menjadi tren sekarang ini adalah daerah yang menawarkan wisata pantai, baik dari segi pantai yang cocok untuk diving, snorkeling, berselancar, maupun pantai yang menawarkan model landscape yang menawan sehingga sangat cocok untuk dinikmati panorama indahnya.

Salah satu daerah yang kini mulai bergeliat dan menawarkan destinasi wisata pantai baru adalah Kabupaten Pacitan yang terletak di provinsi Jawa Timur. Belakangan Pacitan mulai dikenal masyarakat karena SBY berasal dari daerah tersebut.

Kota kecil di Jawa Timur ini mulai dilirik banyak pelancong apalagi untuk mereka yang ingin menikmati keindahan pantai selatan dari kejauhan dengan landscape yang luar biasa indahnya. Kota Pacitan ini memang terkenal dengan banyaknya goa-goa, tetapi kini daerah ini mulai menawarkan destinasi pantai yang sangat sayang untuk sekali dilewatkan.

Pacitan memiliki pantai yang merupakan kawasan pantai selatan yang mempunyai ombak besar jadi jangan berpikir bahwa tempat ini akan cocok untuk diving maupun snorkeling, sangat tidak dianjurkan karena ini bukan Karimun Jawa, Raja Ampat, maupun Wakatobi.

Berikut beberapa pantai cantik yang ada di Pacitan, yaitu :

1. Pantai Banyu Tibo

Pantai ini terletak di desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Banyu Tibo diartikan dalam bahasa Indonesia dengan ‘Air jatuh’ dikarenakan terdapat air terjun yang letaknya berada di pinggir pantai dan air dari kucuran air terjun tersebut langsung menuju ke pantai selatan.

Nama pantai itu sendiri diberikan oleh masyarakat sekitar dan tentunya pantai ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Pantai Banyu Tibo - Pacitan

Pantai Banyu Tibo – Pacitan

2. Pantai Buyutan

Pantai ini memiliki pasir putih yang begitu indah dan masih bersih ditambah lagi dengan air laut yang terlihat sangat biru menambah keindahan pantai ini. Pantai ini terletak di kecamatan Donorojo.

Pantai Buyutan - Pacitan

Pantai Buyutan – Pacitan

3. Pantai Karang bolong

Terletak di Kelurahan Sendang, Kecamatan Donorojo. Keindahan yang ditawarkan dengan karang yang bolong disertai dengan tebing hijau yang gagah dan menjorok ke laut menjadikan pantai ini mirip dengan pantai Uluwatu yang ada di Bali.

Pantai Karang Bolong - Pacitan

Pantai Karang Bolong – Pacitan

4. Pantai Klayar

Pantai ini merupakan salah satu obyek pantai favorit di Pacitan. Masih di kecamatan Donorojo, pantai ini tentunya menawarkan pasir putih yang indah dan bersih. Yang menjadi ciri khas pantai ini adalah batu karang yang menyerupai Sphink di Mesir serta adanya air mancur alami di dekat pantai ini.

Pantai Klanyar - Pacitan

Pantai Klanyar – Pacitan

5. Pantai Srau

Pantai ini terletak di Desa Candi Kecamatan Pringkuku. Pantai ini memiliki tipe yang hamper menyerupai pantai Klayar dengan karang-karang serta pasir putih yang indah.

Pantai Srau - Pacitan

Pantai Srau – Pacitan

Pantai Srau menawarkan area yang luas sehingga area untuk parkirpun sangat memadai, ditambah lagi dengan adanya perkebunan kelapa yang masih alami menambah kenyamanan dalam menikmati pantai ini.