Loading...

Mengapa Harus Membaca Setiap Hari? Ini Dia Alasannya!

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Kesehatan, Pendidikan

TERUSKAN.COM – Seperti halnya hobi lainnya, membaca juga adalah hobi yang sangat menyenangkan. Setiap orang di sekitar kita pasti mengatakan jika membaca setiap hari dapat membantu perkembangan psikologis. Namun bagaimana?

Berikut adalah beberapa alasan penting mengapa anda harus banyak membaca seperti dilansir Magforwomen.com.

Mengapa Harus Membaca Setiap Hari? Ini Dia Alasannya!

Loading...

Mengetahui informasi

Alasan paling dasar anda harus membaca adalah untuk mendapatkan segala informasi. Ada alasan mengapa segala pernyataan yang baik selalu didasarkan pada buku. Buku merupakan sumber fundamental pengetahuan. Jika anda membaca versi teori dari sebuah topik, kemudian anda langsung mempraktikkannya, tentu menjadi sangat mudah untuk dikuasai.

Membantu pengembangan kecerdasan

Ini merupakan fakta yang terbukti, semakin anda banyak berpikir, maka semakin cerdas anda. Membaca akan membuat otak anda terus aktif. Ketika anda menonton televisi atau mendengarkan lagu akan memberi efek tenang pada pikiran anda, namun tidak memaksa anda untuk berpikir. Di sisi lain, kegiatan membacalah yang bisa melakukan keduanya.

Memperkaya kosa kata

Membaca juga dapat memperkaya kosa kata yang mungkin sebelumnya belum pernah anda dengar. Tak hanya akan membuat anda memahami arti kata atau sebuah kalimat, tetapi juga dapat membuat anda belajar bagaimana konteks penggunaannya.

Meningkatkan kemampuan komunikasi

Kemampuan berkomunikasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari seorang individu. Kegiatan merupakan cara yang sangat dianjurkan untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi anda. Seseorang yang memiliki keterampilan komunikasi yang baik biasanya adalah seseorang yang menggemari membaca.

Meningkatkan konsentrasi

Ketika anda membaca buku, secara tak langsung anda akan dipaksa untuk melupakan hal lainnya. Ini merupakan metode yang baik untuk melepaskan diri anda dari pikiran-pikiran negatif atau pun stres.

Tak seperti kegiatan menonton televisi atau bertaman, ketika anda membaca sebuah buku, anda tak bisa memikirkan hal lainnya pada waktu yang sama. Lantaran, anda akan dipaksa untuk fokus lebih baik pada isi bacaan.

Meningkatkan kemampuan memori

Sebuah studi membuktikan, jika anda tidak menggunakan memori anda dalam jangka waktu tertentu, anda akan dengan cepat melupakan banyak hal. Ketika anda membaca, bisa dibilang merupakan latihan untuk memperkuat memori atau ingatan anda. Melalui membaca, anda akan mengingat alur cerita, karakter, dan detil lainnya untuk memahami konteksnya hingga akhir.

Menghindarkan dari kekhawatiran

Ketika anda tak memiliki ketertarikan apa pun bekerja, pikiran anda cenderung menjadi tak sabar dan selalu mengkhawatirkan segala sesuatu di sekitar. Membaca adalah cara terbaik untuk menekan stres karena akan membuat pikiran anda terisi dan terus sibuk.

Membuat anda bijak

Kegiatan membaca dapat juga membuat anda menjadi lebih bijak melalui beragam perspektif yang diberikan oleh orang lain tentang suatu hal. Hal itu akan membuat anda belajar dari pengalaman atau bahkan kesalahan orang lain

Membangun kepercayaan diri

Membaca dapat membuat anda menjadi bijak, cerdas, dan banyak pengetahuan serta meningkatkan keterampilan berkomunikasi. Dengan deretan kualitas tersebut, tentu akan semakin meningkatkan kepercayaan diri anda dalam pergaulan.

Anda bisa melibatkan diri dalam pembicaraan dengan setiap orang dari berbagai latar belakang karena anda tahu bagaimana harus bicara dengan segala pengetahuan yang anda miliki.