Loading...

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Penulis: Dian Anastasia Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Kenikmatan hidangan jika lengkap disajikan dengan lauk-pauk, sayuran, dan buah sebagai pelengkapnya. Sayuran yang sering sekali dijadikan olahan dan tergolong mudah mendapatkannya adalah kacang panjang.

Biji-bijian yang satu ini ternyata memiliki berbagai kandungan gizi yang baik bagi tubuh. Di mana kandungan nutrisi utama dari kacang panjang adalah kandungan protein sebesar 8,3 gram dalam setiap 100 gram dalam kacang panjang rebus. Protein terdapat dua, yaitu protein nabati dan hewani. Di dalam kacang panjang protein nabati sangat baik bagi tubuh dimana sumber protein nabati yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh kita setiap harinya.

Pada kacang panjang juga terdapat kandungan serat yang cukup mencapai 4 gram atau memenuhi 15% kebutuhan serat harian. Serat dalam kacang panjang tersedia dalam bentuk pektin, yang merupakan serat larut, sehingga sangat baik untuk membantu menjaga kadar gula darah dalam level normal, dan juga untuk metabolisme tubuh  yang normal.

Loading...

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 42 mg kalsium (4% kebutuhan). Kalsium adalah mineral penting bagi pembentukan tulang dan gigi yang sehat dan kuat, juga untuk fungsi saraf dan otot yang optimal.

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kacang Panjang Bagi Tubuh

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,6 mg zat besi (15% kebutuhan). Zat besi adalah komponen penting bagi pembentukan enzim untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh, serta pembentukan komponen utama dari sel darah merah dan sel-sel otot. 98 mg magnesium (25% kebutuhan) untuk tulang dan gigi, fungsi saraf dan otot.

Tiap 100 gram kacang panjang rebus juga mengandung 0,5 mg mangan (24% kebutuhan). Mangan penting bagi aktivitas enzim, serta untuk metabolisme karbohidrat dan kesehatan sendi.

Kandungan tembaga setiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 0,2 mg tembaga (11% kebutuhan). Tembaga penting bagi kesehatan tubuh, juga meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stres dan penyakit.

Selain itu kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh.

Dalam tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 146 mcg folat (37% kebutuhan); 0,2 mg thiamin (14% kebutuhan); 0,1 mg vitamin B6 (5% kebutuhan); 0,1 mg riboflavin (4% kebutuhan); 0,4 mg asam pantotenat (4% kebutuhan); dan 0,6 mg niacin (3% kebutuhan).

Berbagai vitamin B kompleks yang terkandung dalam kacang panjang tersebut merupakan nutrisi penting bagi tubuh kita. Secara umum vitamin B kompleks memiliki fungsi penting dalam produksi energi dan fungsi saraf dalam tubuh kita, sehingga kekurangan vitamin B biasanya ditandai dengan kelelahan dan kurangnya tenaga.

Tiap 100 gram kacang panjang rebus mengandung 2,8 mcg selenium (4% kebutuhan), di mana selenium adalah mineral penting untuk sintesa enzim, juga berperan sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita.

Manfaat Kacang panjang bagi tubuh

Mengendalikan kadar gula darah bagi tekanan darah tinggi dan dapat mengatasai hipertensi bagi penderitanya. Jadi sangat baik untuk mengonsumsi kacang panjang karena akan membantu memperkecil resiko terkena penyakit stroke.

Manfaat selanjutnya dapat mencegah serangan jantung, jika pencernaan anda terganggu ada baiknya mengonsumsi kacang panjang pagi atau maalam hari yang dapat meningkatkan fungsi organ pencernaan. Mengurangi resiko terserang penyakit kanker.

Dengan pengolahan yang optimal dan benar, maka manfaat kacang panjang dapat anda rasakan kapan pun dan di mana pun.