Loading...

5 Tips Jitu Membangun Bisnis Travel Agent

Penulis: Yudasmoro Minasiani Rubrik: Bisnis

biro jasa tour travel

TERUSKAN.COM – Saat ini, traveling tak lagi terbatas untuk kaum tertentu. Dengan semakin maraknya penerbangan berbiaya rendah (low cost carrier) dan teknologi digital yang kian berkembang, kebutuhan untuk traveling-pun kian meningkat.

Menyiasati perkembangan ini, kesempatan berbisnis di bidang travel pun semakin terbuka lebar. Untuk mendapatkan tiket penerbangan dan akomodasi sesuai keinginan, calon wisatawan kini mulai melirik jasa travel agent.

Loading...

Selain bisa membantu calon wisatawan untuk cepat mendapatkan tiket termurah, travel agent juga memiliki akses untuk informasi jadwal penerbangan, penginapan, dan pemandu yang bisa membantu wisatawan saat sedang berlibur ke luar negeri.

Bagi yang tertarik untuk menggeluti bisnis bertema plesiran ini, beberapa tips berikut bisa dijadikan acuan:

1. Lokasi strategis

Carilah lokasi untuk kantor dengan kemudahan akses, seperti terletak di pinggir jalan raya, mudah terlihat, tempat yang ramai, banyak orang berlalu-lalang, terletak di dekat hotel atau kawasan turis. Selain agar mudah ditemukan, tentu saja kawasan turis mempunyai prospek pasar yang lebih baik.

2. Jaringan usaha yang luas

Bekerjasamalah dengan banyak pihak seperti maskapai penerbangan, hotel, objek wisata, rumah makan atau kereta api dan buatkan paket-paket perjalanan menarik untuk ditawarkan pada pelanggan. Jangan lupa bekerjasama juga dengan travel agent yang lain untuk saling bertukar informasi tentang perkembangan dunia pariwisata.

3. Paket yang kreatif

Harus diingat bahwa Anda akan selalu memiliki kompetitor. Buatlah paket perjalanan yang berbeda dan unik dari paket perjalanan yang ditawarkan kompetitor, seperti Paket Bersepeda Keliling Borobudur, Paket Makan Malam Romantis di Danau Toba, Wisata Belanja di Singapura, dan lain-lain.

travel agent

4. Manfaatkan media sosial

Kemajuan teknologi memberikan banyak keuntungan bagi para pebisnis. Manfaatkan media sosial seperti Twitter, Facebook atau Instagram untuk mempromosikan usaha Anda.

Tampilkan foto-foto perjalanan atau testimoni pelanggan Anda di media sosial. Selain untuk mempromosikan paket perjalanan, ini juga berfungsi agar calon pelanggan percaya akan produk yang Anda tawarkan.

5. Layanan memuaskan

Ciptakan suasana ramah yang khas di kantor Anda. Mengingat mayoritas calon pelanggan Anda adalah orang yang ingin pergi berlibur, maka ciptakanlah suasana liburan mulai dari pertama calon pelanggan memasuki kantor Anda.

Selain untuk membuat mereka merasa nyaman, ini akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi calon pelanggan.