Loading...

5 Tips Memilih Kebaya Untuk Wisuda

Penulis: Lailatul Ibadiyah Rubrik: Fashion, Wanita

kebaya wisuda

TERUSKAN.COM – Pakaian wisuda telah menjadi sebuah komponen penting yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Jauh-jauh hari para calon wisudawan telah merencanakan pakaian wisuda yang akan dikenakan untuk momen penting tersebut, terutama bagi para wisudawan wanita.

Pakaian yang umum dikenakan wisudawan wanita adalah kebaya. Jenis dan model kebaya belakangan ini pun telah berkembang sangat pesat, mulai dari  kebaya tradisional dengan motif sederhana hingga kebaya modern yang modelnya telah disesuaikan dengan tren yang ada setiap tahun, bahkan sudah dikombinasikan dengan model jilbab yang bervariasi.

Loading...

Model kebaya untuk wisuda sebenarnya tidak jauh berbeda dari kebaya yang digunakan untuk pernikahan maupun acara pesta. Perbedaannya terdapat pada motif dan warna cerah serta aksesoris yang digunakan agar kesan formal tetap ada.

Berikut tips yang dapat Anda pertimbangkan dalam memilih gaya berpakaian untuk wisuda.

Aksesoris

Anda dapat memilih kebaya yang menggunakan paduan warna yang menciptakan kesan formal, dengan aksesoris yang sesuai dan tidak  berlebihan.

Untuk kebaya dengan model kerah shanghai dan kerah sabrina, aksesori berupa bros dapat menjadi pilihan. Untuk kebaya dengan kerah V, Anda dapat memilih kalung dengan liontin. Hindari kalung bertumpuk untuk menghindari kesan ramai.

Gelang bisa menjadi  alternatif saat memakai kebaya lengan pendek atau berlengan tiga perempat. Anting anting mutiara atau batu klasik sangat cocok untuk menimbulkan kesan elegan dan klasik. Disarankan untuk menggunakan 2 jenis aksesori saja untuk menghindari kesan berlebihan.

Rok

Rok kain songket potongan A line dengan potongan menyerupai huruf A, dengan ukuran kecil pada bagian pinggang dan melebar di bagian bawah memberi kesan resmi, sangat cocok untuk wanita bertubuh berbentuk seperti buah apel, dengan ukuran yang besar pada bagian dada, perut serta pinggul.

Wanita dengan tubuh seperti jam pasir yang mengecil di bagian perut dan pinggul serta wanita dengan pinggul  besar juga disarankan mengenakan jenis rok ini.

Rok jenis fish tail yang juga melebar di bagian bawah juga cocok, terutama untuk yang berbahu bidang dengan dada yang besar dan pinggul lebih ramping. Rok dengan lipatan, disarankan untuk Anda yang bertubuh lurus.

Sepatu

Pilih sepatu yang nyaman di kaki. Sepatu kitten heels, cocok untuk gaun semi formal dan rok model A line. Sepatu stilleto dengan ujung  lancip, sol tipis dan tumit tinggi cocok untuk acara pesta maupun acara formal, namun tidak disarankan untuk digunakan terlalu lama karena
dapat menyebabkan nyeri sampai pinggang.

Sepatu yang memiliki lubang pada ujungnya atau disebut peep toe memungkinkan sirkulasi udara di kaki lancar sehingga cukup nyaman digunakan dan tidak meninggalkan kesan resmi.

Wedges, sepatu dengan hak tinggi dan sol lebar yang rata cocok untuk yang memiliki kaki sensitif, dan berbetis besar, karena dapat menyeimbangkan berat badan dan tidak terlalu membuat Anda lelah saat harus berdiri lama.

Tas

Untuk tas, Anda dapat memilih tas ukuran sedang, dan tas yang memiliki motif yang tidak terlalu mencolok dengan kebaya yang dipakai.  Disarankan untuk memilih warna netral untuk menghindari kesan berlebihan.

Tas dengan bahan dari sutra, velvel dan satin bisa dipilih untuk menampilkan kesan mewah. Untuk tubuh pendek gemuk, Anda dapat menggunakan clutch kecil. Sedangkan handbag berbentuk bulat cocok  untuk wanita bertubuh kurus.

Model Kebaya

Anda juga perlu memilih jenis kebaya yang cocok dengan bentuk tubuh Anda untuk menutupi kekurangan tubuh dan menonjolkan kelebihan tubuh yang lain. Namun kebaya wisuda yang dipilih haruslah sopan.

Hindari kebaya tanpa lengan atau kebaya yang terlalu pendek. Kebaya yang terlalu terlalu ketat dapat menghambat aliran darah. Pilih kain yang ringan dan menyerap keringat agar nyaman dipakai hingga acara  wisuda berakhir.

Untuk wanita berbahu lebar, tidak disarankan menggunakan kebaya dengan aksesoris dan detail pada bagian bahu, sebaiknya  memilih kebaya modern dengan aksesori pada bagian pinggul. Begitu pula dengan Anda yang memiliki tubuh boyish, tidak disarankan memakai kebaya dengan kerah tinggi.

Kebaya yang berpotongan serong dapat memunculkan kesan tubuh lebih tinggi pada wanita dengan tubuh mungil, sebaliknya kebaya panjang hingga menyapu lantai sangat tidak disarankan. Sedangkan untuk wanita dengan perut besar, hindari kebaya dengan detail dan aksesori pada bagian pinggul, pinggang maupun perut.