Loading...

Manfaat Buah Nanas Bagi Kecantikan

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kecantikan, Wanita

khasiat nanas untuk kecantikan

TERUSKAN.COM – Anda pasti sudah tahu dan mengenal buah nanas bukan? Nanas adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Bolivia, Brasil, serta Paraguay. Buah nanas memiliki daging berwarna kuning dengan bagian luar berduri. Rasa buahnya manis, namun terkadang ada yang asam.

Buah nanas memiliki banyak manfaat. Enzim di dalamnya dianggap mampu mengangkat sel kulit mati pada kulit. Selain itu manfaat lain buah nanas juga mampu menghilangkan bekas luka bakar dan membuat kulit menjadi halus.

Loading...

Enzim bromaelin yang terdapat di dalam buah nanas juga baik untuk mengangkat noda-noda di kulit wajah serta sel kulit mati yang membuat kulit tampak kusam. Buah nanas juga membantu melembabkan dan melembutkan, mengurangi bintik hitam serta garis halus, mengencangkan kulit wajah dan dapat mengurangi jerawat.

Para ahli banyak yang berpendapat untuk bisa mendapatkan manfaat optimal dari buah nanas yaitu dengan cara mengonsumsinya. Selain menyehatkan, buah nanas juga mengandung vitamin A, C serta antioksidan yang mampu melindungi kulit mengalami penuaan yang disebabkan sinar matahari.

Vitamin C di dalam buah nanas mampu menangkal radikal bebas. Kandungan asam aplha-hydroxy di dalam buah nanas juga seringkali diandalkan untuk bahan pembuatan cream anti kerut untuk membantu proses pengelupasan kulit mati.

Selain manfaat-manfaat tersebut, buah nanas juga memiliki manfaat lain, yaitu :

1. Mencegah penuaan dini

Buah nanas dipercaya memperlambat proses penuaan dini. Caranya cukup mudah yaitu dengan mengambil sari buah nanas dan mengoleskannya pada kulit wajah.

  • Hancurkan buah nanas dengan cara diblender.
  • Saringlah dengan kain bersih dan ambil sarinya.
  • Setelah itu oleskan sari buah nanas pada wajah anda menggunakan kapas bersih.
  • Diamkan selama 5 menit dan bilas menggunakan air bersih.

manfaat nanas

2. Menghaluskan kulit wajah

Selain untuk mencegah terjadinya penuaan dini, buah nanas juga dipercaya dapat membantu menghaluskan kulit wajah dengan cara dibuat masker. Caranya yaitu :

  • Ambil satu atau dua potong nanas yang telah dikupas bersih dan masukkan ke dalam blender.
  • Tambahkan gula pasir dan dua sendok santan dan blender sampai halus.
  • Setelah itu oleskan campuran tersebut pada wajah anda dan lakukan pijatan lembut.
  • Diamkan kurang lebih selama 20 menit atau sampai masker mengering.
  • Langkah terakhir yaitu bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk bersih.
  • Untuk hasil yang lebih maksimal, anda bisa melakukan cara ini minimal seminggu sekali.

**

Nah itulah beberapa manfaat buah nanas bagi kecantikan. Jadi anda sudah tahu bahwa untuk tetap terlihat cantik tidak memerlukan hal yang mahal. Hanya dengan menggunakan beberapa potongan buah nanas saja, anda tetap bisa menjaga kulit wajah anda agar tetap terlihat bersih, sehat dan cantik.

Untuk terlihat tetap cantik tentu saja menjadi dambaan setiap wanita. Akan tetapi jika anda tidak melakukan cara dan perawatan wajah yang tepat, maka tidak akan mungkin bisa mendapatkan kulit impian.

Untuk itulah selain dengan menggunakan buah nanas sebagai perawatan wajah, anda juga harus menerapkan pola hidup sehat. Konsumsilah makanan yang sehat secara rutin karena hal ini dapat membantu kulit wajah anda tetap mendapatkan nutrisi dari makanan yang anda konsumsi.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda semua.