Loading...

Ini Dia 5 Tips Pilih Tempat Kos Idaman

Penulis: Farah Yuanita Rubrik: Remaja

MEMILIH KAMAR KOST

TERUSKAN.COM – Memilih tempat tinggal sementara atau yang lazim disebut dengan tempat kos ternyata tak selalu mudah. Tidak sedikit orang menyesal setelah memberikan DP, dan terpaksa harus menempatinya.

Bahkan ada yang harus bertahan bertahun-tahun karena malas harus pindah kos lagi meski merasa tak nyaman. Padahal, bila mau sedikit usaha, maka Anda yang harus tinggal di perantauan bisa mendapatkan kos yang nyaman lho.

Loading...

Yuk, simak 5 hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kos beserta dengan tips yang bisa membantu Anda mendapatkan kos idaman.

1. Survey Lokasi dan Akses

Hal ini adalah hal pertama yang harus dipertimbangkan dalam memilih kos adalah lokasi atau letak rumah yang bakal menjadi tempat tinggal sementara Anda tersebut.

Tips :

  • Cari yang terdekat. Meskipun murah, bila jauh dari kantor atau kampus/sekolah, tentu akan ada tambahan biaya transportasi.
  • Seandainya kos yang Anda dapat ternyata letaknya jauh, setidaknya pilih lokasi kos yang aksesnya mudah dijangkau, misalnya ada jalur angkot/bus yang lewat setiap saat. Terlebih bila Anda tidak membawa kendaraan sendiri dari tempat asal.

2. Fasilitas

Setiap kos menawarkan berbagai fasilitas yang dimiliki, namun tentunya fasilitas yang banyak dan spesial akan diikuti dengan harga yang lebih mahal.

Biasanya fasilitas yang ditawarkan pemilik kos antara lain, spring bed, kamar mandi dalam, TV, jatah nasi putih, laundry, dan fasilitas lainnya. Selain dari pihak pemilik kos, fasilitas juga meliputi kemudahan-kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan kos di tempat tersebut.

Tips :

  • Pilih fasilitas yang benar-benar Anda butuhkan saja, sehingga bisa menekan biaya. Misalnya aktivitas Anda lebih banyak di luar dan pulang larut sehingga kos lebih berfungsi sebagai tempat untuk tidur saja, tidak perlu memilih kos yang menyediakan TV karena hanya menambah biaya namun jarang ditonton.
  • Lebih baik bila Anda memilih kos yang memiliki fasilitas pemanas air di kamar mandi karena bila sering pulang larut malam lebih baik untuk mandi air hangat.
  • Begitu juga dengan kemudahan lain, Anda bisa memilih kos yang dekat dengan pasar atau penjual makanan bila tidak ada fasilitas dapur di kos atau tak ada waktu untuk memasak.

3. Biaya

Sewa kos adalah biaya hidup yang paling mendasar bagi para pendatang, karena itu, pilihlah kos yang biaya sewanya sesuai dengan pendapatan Anda tiap bulan.

Jangan hanya karena mengejar kenyamanan lalu tidak mempertimbangkan kondisi keuangan. Bukannya hidupnya nyaman, tapi malah tidak tenang karena setiap akhir bulan bingung memikirkan cara mendapatkan uang untuk membayar kos.

Tips :

  • Cek dan bandingkan harga beberapa tempat kos dengan lokasi yang berdekatan dengan fasilitas setara.
  • Membuat daftar biaya dan fasilitas antar kos juga sangat membantu Anda dalam sebelum memutuskan untuk memberikan uang DP agar mendapatkan harga yang sesuai dengan fasilitas dan kemudahan yang didapat sehingga tidak salah pilih.

4. Lingkungan & Penghuni Lain

Meskipun sifatnya sementara, tapi rumah kos adalah tempat tinggal Anda saat ini. Jadi, Anda tetap perlu mempertimbangkan lingkungan dimana kos Anda berada. Sebab, segala sesuatu yang terjadi di situ, secara langsung atau tidak langsung pasti memberikan pengaruh atau dampak bagi Anda.

Tips :

  • Pilih lingkungan kos yang sesuai dengan karakter dan kebiasaan Anda, bila Anda menyukai ketenangan, jangan memilih kos di tengah perkampungan yang biasanya ramai bahkan hingga di malam hari. Lebih baik Anda kos di dalam perumahan yang relatif lebih tenang.
  • Selain itu, hidup dimanapun akan lebih mudah bila tinggal berdampingan dengan orang-orang yang saling menolong dan bertenggang rasa. Karenanya, pilih kos yang penghuninya rata-rata menunjukkan sikap yang ramah dan mau menerima kehadiran Anda.
  • Biasanya hal itu tampak saat Anda berkunjung pertama kali, apakah mereka terlihat ingin membantu, enggan menjawab pertanyaan Anda atau bahkan terlihat curiga. Sebab, mereka akan menjadi orang terdekat Anda selama tinggal di perantauan sehingga bila sesuatu terjadi dengan Anda, bisa jadi mereka orang pertama yang tahu dan bisa memberikan bantuan.
  • Sebaiknya Anda menghindari kos di tempat tersebut bila mereka cenderung curiga, sebab bisa jadi lingkungan di situ tidak aman sehingga mudah merasa curiga dengan orang asing.

5. Induk Semang (Pemilik Kos)

Kebanyakan orang lebih suka memilih kos yang tempatnya tidak menjadi satu dengan sang pemilik atau induk semang dengan anggapan bisa lebih bebas. Padahal, bila tujuan Anda kos di tempat itu baik, tinggal di bersama atau di dekat induk semang kos akan menguntungkan. Karena, secara tidak langsung mereka bisa ikut menjaga tempat tinggal atau barang-barang Anda.

Sebagai pemilik, tentunya mereka ikut bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi di situ. Bila ada keluhan, Anda bisa langsung menyampaikannya pada mereka. Bahkan, pada beberapa induk semang bisa menjadi semacam orangtua pengganti, terutama bagi anak kos yang masih studi.

Tips :

  • Bila Anda kos di tempat yang menjadi satu atau berdekatan dengan induk semang, pilih pemilik kos yang keluarganya terlihat harmonis.Sebab, bila dengan keluarganya saja tidak harmonis, bisa jadi pemilik kos beserta keluarganya juga mudah mencari masalah dengan penghuni kos, tidak terkecuali Anda.
  • Cari tahu juga pekerjaannya, sehingga Anda juga mengetahui latar belakang pemilik.

**

Sebagai tambahan, akan sangat membantu bila kita mencari kos berdasarkan referensi dari teman yang sudah terlebih dulu kos di tempat tersebut. Sehingga kita bisa mendapatkan semua informasi dengan jelas, mengenai lokasi, fasilitas, harga, lingkungan dan induk semangnya.

Anda juga bisa lebih mudah beradaptasi dengan penghuni lainnya dengan bantuan dari teman Anda.

Tapi, jangan hanya karena ada teman, lalu Anda memaksakan diri kos di suatu tempat, bila ada hal lain yang sangat tidak cocok dengan Anda. Misalnya lingkungannya sangat ramai, sehingga sulit berkonsentrasi saat belajar atau mengerjakan tugas.

Nah, selamat berburu tempat kos yang nyaman ya..