Loading...

5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kost

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Fun, Remaja

TERUSKAN.COM – Kost merupakan salah satu alternatif tempat tinggal terutama bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan atau bagi karyawan yang bekerja jauh dari rumah. Sebagai salah satu pendukung untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan seseorang, maka dalam memilih kost tentu tidak boleh sembarangan.

Bagaimanapun kost berpengaruh signifikan terhadap keberlangsungan studi dan kerja. Oleh karena itu, dituntut ketelitian dalam memilih sebuah kost.

Tempat kost sama saja dengan rumah perjuangan. Sebagai rumah perjuangan, tempat kost harus benar—benar mendukung terwujudnya target yang telah direncanakan. Ketepatan dalam memilih kost memungkinkan seseorang lebih mudah untuk mencapai targetnya. Sebaliknya, kekurangtepatan dalam memilih kost bisa menghambat dalam pencapaian target.

Loading...

Nah, agar tidak salah dalam memilih kost, berikut ini ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih kost :

5 Hal Yang Harus Dipertimbangkan Saat Memilih Kost

Pertama, lokasi yang strategis

Dalam memilih lokasi, yang harus diperhatikan adalah berapa jauh jarak kost dengan kampus atau tempat kerja sehingga lebih mudah dalam mengatur antara waktu tempuh dengan waktu kegiatan.

Bagi mahasiswa atau karyawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi, memilih kost di sekitar kampus atau tempat kerja merupakan pertimbangan utama. Bila kurang teliti, kost yang jauh dari kampus atau tempat kerja bisa mengacaukan jadwal yang ada seperti terlambat sampai di kampus atau di tempat kerja.

Jika memilih kost agak jauh dan naik angkutan umum, artinya harus menyiapkan waktu yang lebih banyak seperti berangkat 1 jam lebih awal untuk menghindari hal-hal yang tidak terduga.

Mengalokasikan waktu yang pas bisa merugikan ketika terjadi hal di luar perkiraan seperti angkutan mogok, macet, lama menunggu penumpang penuh dan sebagainya. Jangan sampai menghabiskan lebih banyak waktu di jalan dan hal-hal yang lebih penting malah terabaikan.

Di samping itu, harus perhatikan lingkungan di sekitar lokasi apakah dekat dengan sarana penunjang seperti minimarket, apotek, rumah sakit atau toko buku. Kost yang dekat dengan sarana tersebut selain mendukung kelancaran kebutuhan kehidupan sehari-hari juga bisa menghemat waktu, tenaga dan biaya.

Kedua, keamanan

Setelah mendapatkan lokasi kost yang strategis, maka yang diperhatikan adalah seberapa aman kost di lingkungan tersebut. Hal ini sangat penting diperhatikan. Tinggal di daerah yang sering terjadi konflik, teroris atau pemberontakan, pencurian dan tindakan kejahatan lainnya, sama saja artinya mendekatkan diri dengan hal-hal tersebut.

Bisa jadi suatu waktu kita yang akan menjadi korban karena ketidakamanan tersebut. Tak hanya itu, kita tidak bisa fokus belajar dan bekerja bila setiap saat terus dihantui rasa was-was karena takut diculik, dirampok dan sebagainya.

Ketiga, kenyamanan

Selain keamanan, kenyamanan kost juga tidak boleh luput dari perhatian. Memang kenyamanan itu baru bisa dirasakan ketika sudah benar-benar kost di tempat tersebut. Namun, pada waktu memilih kost juga ada beberapa hal yang mengindikasikan nyaman atau tidak nyamannya tempat tersebut.

Lingkungan kumuh, tidak rapi, gersang tanpa tanaman, polusi karena dekat pabrik, bising karena dekat stasiun/bandara serta peraturan kost yang membuat tidak leluasa atau terlalu mengekang merupakan hal-hal yang berpengaruh pada kenyamanan. Tempat yang nyaman membuat betah sehingga terasa lebih menyenangkan seperti di rumah sendiri.

Keempat, fasilitas dan biaya

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah fasilitas yang dimiliki oleh kost tersebut apakah lengkap atau tidak. Sementara itu, harus diperhatikan kesesuaian antara fasilitas yang disediakan dengan besarnya biaya yang diminta.

Bagi yang memiliki low budget, sebaiknya memilih kost yang lebih murah dengan fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan primer seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Fasilitas seperti AC, koneksi internet (Wifi), layanan laundry dan catering, TV kabel dan sebagainya merupakan kost dengan budget menengah ke atas atau dikenal dengan istilah kost ekslusif.

Kelima, pemilik dan penghuni

Hal terakhir yang harus menjadi pertimbangan adalah pergaulan di kost dan sekitar kost. Ada pemilik kost yang memposisikan diri mereka sebagai orang tua bagi anak kostnya sehingga terkadang mereka over protective. Sebaliknya, juga ada pemilik atau penjaga kost yang tidak mau peduli dengan situasi dan kondisi anak kost.

Bagaimanapun, ibu kost adalah “orang tua” di perantauan dan teman kost adalah “saudara” serta sahabat yang juga akan mempengaruhi pola pikir dan kepribadian seseorang. Carilah ibu kost yang ramah dan peduli serta teman kost yang berkelakuan baik.

Tinggal di kost yang diisi oleh orang yang berpelakuan jelek, memiliki kehidupan yang bebas, tidak mengindahkan etika serta moral hanya akan merugikan dan menjauhkan dari keberhasilan baik dalam studi maupun kerja.

Banyak yang menjadi pertimbangan bagi seseorang dalam memilih kost. Namun, secara umum kelima tips di atas adalah faktor utama yang sangat menentukan keberlangsungan hidup Anda di kost.

Semoga tips ini membantu!