Loading...

5 Tips Berwisata Alam Di Candi Gedong Songo

Penulis: Wahyu Prakoso Rubrik: Wisata

Candi Gedong Songo

TERUSKAN.COM – Candi Gedong Songo adalah candi peninggalan agama Hindu yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, tepatnya di daerah lereng Gunung Ungaran.

Candi yang dibangun sekitar abad ke-9 ini memiliki panorama yang sangat indah. Di sisi lain kita juga dapat mengetahui sejarah dari bangunan yang merupakan peninggalan dari zaman Wangsa Syailendra.

Loading...

Untuk menuju objek wisata Candi Gedong Songo ini memerlukan waktu kurang lebih 40 menit dari kota Ambarawa menggunakan kendaraan pribadi.

Sampai sekarang belum ada angkutan umum yang melewati daerah objek wisata ini. namun, jangan khawatir akan merasa bosan disaat perjalanan. Karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhi panorama yang sangat indah. Mulai dari kebun bunga, persawahan, dan pasar tradisional.

Jika anda berminat untuk wisata alam di Candi Gedong Songo berikut 5 tips yang bisa kami bagikan untuk anda :

1. Jaga Kesehatan

Perlu diketahui Candi Gedong Songo ini memiliki beberapa candi yang tersebar di beberapa daerah. Dari satu candi ke candi yang lain jarak tempuhnya cukup jauh apalagi ditempuh dengan berjalan kaki.

Jadi, sangat disarankan bila ingin bepergian ke kawasan ini, kondisi kita tidak dalam keadaan yang kurang baik ya. Namun, bagi anda yang lelah karena berjalan kaki, anda bisa menyewa kuda beserta pemandu yang banyak tersebar di kawasan ini.

2. Siapkan Jaket dan Baju Hangat

Karena kompleks candi ini berada di ketinggian di atas 1.200 m dpl, maka suhu di daerah ini tentu cukup dingin. Hindari pemakaian baju – baju yang tipis meskipun di saat musim kemarau. Karena suhu di kawasan candi ini tidak akan naik/panas walau di musim tersebut.

Bawalah baju – baju hangat atau jaket jika anda alergi terhadap suhu dingin.

3. Makanan dan minuman secukupnya

Jika anda berwisata kemanapun tentu makanan dan minuman tidak boleh tertinggal. Apalagi kawasan candi ini sangat luas, jadi anda butuh tenaga ekstra untuk menuju candi pertama ke candi yang lain.

Agar tidak haus sepanjang perjalanan bawalah makanan atau minuman. Karena tidak di setiap tempat terdapat penjual makanan ataupun minuman.

Candi Gedong Songo

4. Baju Ganti

Selain menawarkan pemandangan yang luar biasa, kompleks candi ini juga menawarkan pemandian air panas yang mengandung belerang. Nah, air belerang ini dipercaya dapat menghilangkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, panu, kadas, dan sebagainya.

Bagi anda yang ingin menghilangkan masalah pada kulit bisalah mampir ke pemandian ini. Letaknya berada di sekitar candi ke-empat.

5. Kamera

Tak lengkap rasanya apabila berwisata tanpa kamera. Sayang jika anda dan keluarga berwisata di daerah ini tanpa mengabadikan momen – momen seru anda. Dan dijamin, pemandangan yang indah akan membuat hasil jepretan anda semakin sempurna.

Apabila anda tidak membawa kamera jangan khawatir, karena di sana banyak sekali para photographer keliling yang siap mengabadikan momen anda di kawasan Candi Gedong Songo Ini.

**

Itulah beberapa tips bagi anda yang ingin berwisata ke Candi Gedong Songo. Semoga tips kali ini bermanfaat, let’s have fun together!