Loading...

Tips Tetap Bugar Setelah Makan Siang

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

tips-agar-tidak-ngantuk-setelah-makan-siang

TERUSKAN.COM – Biasanya kebanyakan orang akan merasa ngantuk usai menyantap makan siang. Hal ini sendiri dipacu oleh beberapa sebab sehingga membuat anda ingin tidur usai makan siang. Jika ini sering terjadi, maka tentu akan menganggu aktivitas anda karena mata anda akan terasa berat saat bekerja.

Mengantuk usai makan siang sebenarnya bukanlah suatu kondisi normal. Seharusnya, hal yang terjadi usai makan siang adalah bertambahnya energi yang dapat membuat tubuh menjadi lebih segar. Dengan rasa kantuk yang datang, maka hal ini menjadi pertanda bahwa tubuh memerlukan istirahat.

Loading...

Jika rasa ngantuk tetap datang usai menyantap hidangan makan siang sedangkan anda sudah cukup tidur pada malam hari, mungkin ada masalah pada tubuh anda.

Penyebab Mengantuk Usai Makan Siang

Di bawah ini ada beberapa penyebab kantuk usai makan siang, antara lain :

• Kekurangan enzim

Enzim bisa dikatakan sebagai pekerja yang ada di dalam tubujh. Enzim akan memecah makanan yang dikonsumsi oleh manusia menjadi unit yang lebih kecil agar bisa diserap oleh tubuh.

Saat makan, enzim di dalam tubuh bekerja sangat keras agar mampu mencerna makanan yang masuk. Akibatnya tubuh akan merasa lelah dan sesudah makan, makanan tersebut memberikan energi.

Akan tetapi bagi seseorang yang kekurangan enzim, makanan tersebut tidak akan berubah menjadi energi karena terjadi gangguan penyerapan zat gizi di dalam tubuh. Akibatnya, enzim merasa kelelahan tidak adanya asupan energi sehingga akan membuat anda lebih mudah mengantuk.

• Pengaruh neuron

Penyebab ngantuk usai makan siang yaitu neuron orexin. Neuron orexin ini berada di hipotalamus yaitu bagian dari otak yang berperan sebagai pengatur banyak proses dan hampir semua hormon.

Peningkatan kadar gula membuat kerja neuron orexin mengalami penurunan. Akibatnya tubuh akan merasa mengantuk lantaran kinerja neuron orexin yang mengontrol tubuh dihambat.

Tips Agar Tidak Mudah Mengantuk di Siang Hari

Nah di bawah ini ada beberapa tips agar anda tidak mudah mengantuk di siang hari, antara lain :

• Pilihlah karbohidrat kompleks

Ketika anda makan siang, pilihlah untuk mengonsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks. Cukup penting juga untuk memilih jenis makanan yang mengandung zat besi dan protein tinggi.

Dengan mengonsumsi zat besi maka akan membantu meningkatkan tubuh dalam memproduksi hemoglobin yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke dalam tubuh untuk menjadi suatu energi. Karbohidrat kompleks juga nantinya akan memberikan glukosa pada tubuh.

• Batasi asupan gula dan lemak

Waspadailah menu yang berlemak dan mengandung gula karena akan membuat anda mengantuk, ini disebabkan energi yang diberikan akan cepat habis. Sebaiknya pilihlah buah atau sayur sebagai menu santap siang anda

• Konsumsi buah dan sayur

Hal wajib yang harus ada di dalam menu makan siang anda yakni buah dan sayur. Buah-buahan segar bisa anda makan sebelum mengonsumsi makanan berat.

Asupan buah ini dapat memberikan energi yang lebih karena kandungan gula alaminya. Buah dan sayur akan membuat anda merasa kenyang lebih lama sehingga akan memberikan energi pada anda.

• Minum air putih

Minum air putih yang cukup usai makan siang dapat membuat tubuh terhindar dari dehidrasi. Rasa ngantuk terjadi bisa dikarenakan tubuh yang dehidrasi.