Loading...

7 Manfaat Mengonsumsi Tomat Bagi Tubuh

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

tomat

TERUSKAN.COM – Tomat merupakan salah satu buah yang memiliki warna merah menyala. Buah tomat bisa dimakan secara langsung, dibuat jus atau sebagai bahan tambahan pada beberapa jenis masakan.

Tomat memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Walaupun tidak pernah anda sadari, buah tomat ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, terutama manfaat untuk kesehatan.

Loading...

Tomat sendiri adalah salah satu buah yang mudah ditemukan. Selain harganya yang relatif murah di pasaran, tomat juga kerap digunakan untuk melengkapi masakan tumis-tumisan.

Berdasarkan penelitian, buah ini kaya akan sumber vitamin A, B6 C, K folat, kalium, niacin, thiamin fosfor, magnesium dan tembaga. Buah tomat juga rendah akan lemak jenuh, sodium, kalori dan kolesterol. Hal inilah yang menjadikan tomat baik untuk dikonsumsi. Bahkan anda direkomendasikan untuk mengonsumsi tomat secara rutin.

Di bawah ini ada beberapa manfaat buah tomat yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain :

• Melindungi kulit wajah dan kulit tubuh

Hal ini lantaran tomat adalah sumber likopen. Kandungan likopen yang ada di dalam buah tomat dapat mencegah terjadinya kerusakan pada jaringan kulit yang diakibatkan paparan langsung sinar ultravioler yang dipancarkan oleh matahari

• Melancarkan serta menyehatkan sistem pencernaan

Salah satu manfaat tomat lainnya yaitu mampu melancarkan dan menyehatkan sistem pencernaan. Tomat kaya akan serat yang baik untuk tubuh. Oleh karena itulah tomat sangat baik untuk dikonsumsi bagi anda yang ingin terhindar dari masalah pada pencernaan.

• Memperkuat Tulang

Anda pasti ingin tulang tubuh anda selalu tetap sehat dan kuat. Nah salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah mengonsumsi buah tomat secara rutin.

Kandungan vitamin K yang terdapat di dalam buah tomat dianggap mampu mencegah pengeroposan tulang atau yang biasa dikenal dengan istilah osteoporosi. Jadi jika anda ingin terhindar dari osteoporosis, maka anda bisa mulai rutin mengonsumsi buah tomat.

tomat

• Mencegah kanker secara efektif

Kanker adalah salah satu penyakit yang mematikan yang banyak dari penderitanya mengalami kematian. Tentu saja anda tidak ingin terjangkit penyakit membahayakan ini, bukan?

Anda bisa mengonsumsi buah tomat karena mengandung likopen yang sangat baik untuk mencegah kanker, seperti kanker prostat, tenggorokan, lambung, mulut, usus esar dan kanker ovarium.

• Mencegah diabetes secara alami

Tomat mengandung kromium yang dapat berperan untuk menyeimbangkan kadar gula darah di dalam tubuh. Sehingga tomat sangat baik dikonsumsi dan mampu membuat tubuh lebih stabil dan menjaga kesehatan tubuh anda.

• Menajamkan penglihatan

Sumber vitamin A yang terkandung dalam buah tomat dapat membantu menjaga kesehatan mata serta menajamkan daya penglihatan mata. Sehingga jika anda ingin mata anda tetap sehat, maka anda bisa mengonsumsi buah tomat ini.

• Memperkuat serta memperindah rambut

Tomat mengandung sumber vitamin A yang tidak hanya baik untuk mata namun juga baik untuk rambut. Buah tomat dianggap mampu menyehatkan rambut dan memperkuat rambut dari ujung sampai ke akarnya.