Loading...

Plus Minus Olahraga di Malam Hari

Penulis: Nuzulia Rubrik: Kesehatan

efek samping olahraga malam

TERUSKAN.COM – Di kota – kota besar kesibukan masyarakat sudah tak terbendung lagi. Banyak anggota masyarakat, mulai dari kelas pekerja hingga kalangan menengah ke atas tak lagi memiliki banyak waktu luang karena sibuk mengurus pekerjaan. Tak jarang mereka harus bersiap diri dan berangkat ke kantor di saat matahari belum menampakkan sinarnya, dan pulang hingga larut malam.

Karena kurangnya waktu luang untuk mereka, banyak hal – hal penting yang terabaikan oleh masyarakat. Waktu untuk berkumpul dengan keluarga, atau waktu untuk diri sendiri sekadar untuk berolahraga sangat jarang sekali dimiliki.

Loading...

Kesibukan mengurus pekerjaan juga menyita banyak waktu sehingga tak jarang masyarakat mengabaikan waktu istirahat bagi tubuh. Padahal melakukan aktivitas yang monoton dapat menyebabkan kita menjadi stress.

Sebagai akibatnya, kini banyak bermunculan penyakit – penyakit yang dipicu oleh stress karena tubuh terus menerus digunakan untuk melakukan pekerjaan tanpa waktu istirahat dan olahraga yang cukup memadai.

Namun dewasa ini masyarakat sudah cukup sadaar akan pentingnya istirahat dan berolahraga agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Penghalang waktu yang menghalangi masyarakat untuk bisa berolahraga secara teratur tampaknya bukan lagi menjadi soal.

Bagi mereka yang tak sempat berolahraga di pagi hari, berolahraga di malam hari menjadi pilihan. Contoh saja futsal, lari, bulutangkis, hingga ke gym adalah jenis olahraga yang sering dilakukan masyarakat pada malam hari. Namun, berolahraga di malam hari tentu bukan tanpa efek samping.

Plus Minus Berolahraga di Malam Hari

Lalu apa saja plus minus berolahraga di malam hari? Simak yuk paparan berikut ini :

Sebagai alternatif waktu berolahraga, tentu saja nilai plus dari berolahraga malam hari dapat memberikan waktu yang lebih banyak dan keleluasaan bagi mereka yang hanya memiliki waktu luang di malam hari untuk sekedar berolahraga.

Dengan begitu tubuh akan menjadi lebih segar dan sehat tentunya. Berolahraga di malam hari juga dapat membantu pembentukan otot bila dilakukan dengan benar.

Sedangkan nilai minus dari olahraga di malam hari adalah justru dapat merusak kesehatan tubuh, karena suhu udara di luar lebih dingin saat malam hari. Suhu udara ini dapat merusak kesehatan tubuh kita.

Efek negatif lain dari berolahraga malam adalah bisa menyebabkan insomnia atau sulit tidur. Hal ini disebabkan olahraga malam dapat mengganggu jam biologis seseorang. Yang biasanya sudah memasuki waktu tidur atau beristirahat, tubuh harus bekerja lagi untuk berolahraga setelah lelah mengerjakan rutinitas kerja sehari penuh.

Olahraga di malam hari juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pernapasan karena kadar oksigen yang lebih sedikit jika dibandingkan pagi atau siang hari.

Dengan pertimbangan – pertimbangan paparan di atas tadi, maka kita harus memikirkan ulang sebelum melakukan olahraga malam. Perhatian tentang faktor usia, kesehatan, dan faktor resiko sangat penting untuk menghindari efek negatif saat melakukan olahraga malam.

Semoga bermanfaat.