Loading...

5 Cara Mengatasi Grogi Ketika Tampil di Depan Umum

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Bisnis, Dunia Karir, Pendidikan

cara mengatasi rogi

TERUSKAN.COM – Grogi merupakan permasalahan yang sering dialami oleh siapa saja. Tidak hanya berlaku bagi orang yang baru pertama kali tampil di depan umum. Namun, bagi yang pernah tampil di depan umum saja belum tentu tidak merasakan grogi ketika tampil lagi untuk berbicara di depan umum.

Tampil di depan umum dewasa ini telah menjadi kebutuhan yang diharuskan. Karena walau bagaimanapun juga kita perlu adanya kegiatan sosial bermasyarakat. Seperti menghadiri acara penting, memimpin rapat, menjadi MC, tampil sebagai peserta di sebuah acara, mempresentasikan materi kuliah, atau bahkan menjadi orator dalam sebuah orasi.

Loading...

Semua kebutuhan itu memiliki tingkat keberhasilan dalam pembawaannya ketika kita memiliki percaya diri yang cukup. Namun, tidak sedikit orang yang memiliki permasalahan dengan semua itu (grogi) saat pelaksanaannya.

Berbagai macam alasan pun muncul seperti malu, takut salah, merasa penampilan tidak menarik, merasa tidak pantas dan sebagainya. Selalu saja ada permasalahan yang menghambat dalam kesuksesan seseorang untuk tampil di depan umum.

Berikut 5 cara mengatasi grogi ketika tampil di depan umum.

1. Latihan

Latihan sangat membantu seseorang untuk mengatasi grogi ketika tampil di depan umum.

Latihan sangat diperlukan seperti latihan berbicara di depan cermin, latihan untuk gerakan badan, latihan dengan teman yang kita percaya, atau latihan berbicara sendiri yang bisa kita lakukan ketika mandi dan keadaan rumah yang sepi.

2. Rileks

Hal yang penting berikutnya ketika kita tampil di depan umum adalah rileks. Terkadang keadaan yang tidak nyaman dan pikiran yang tidak tenang akan menyebabkan seseorang menjadi panik, hingga akhirnya rasa grogi pun muncul.

Usahakan diri kita untuk senyaman mungkin dalam menghadapi suasana. Jika perlu perbanyak minum air putih agar sedikit menurunkan rasa cemas. Dan mengatur peregangan otot juga pernapasan agar badan menjadi rileks.

3. Menguasai Panggung

Panggung merupakan tempat yang menjadi sorotan utama ketika tampil di depan umum. Kita sebaiknya menguasai panggung yang memang menjadi tempat untuk seseorang tampil di depan umum.

Anggap saja panggung tersebut adalah milik kita sendiri dan penonton adalah tamu yang seharusnya kita perlakukan dengan baik.

4. Menguasai Materi

Menguasai materi merupakan hal pokok ketika kita tampil di depan umum. Usahakan kita tahu apa yang akan kita bicarakan, apa yang ingin kita sampaikan, dan hal-hal apa saja yang telah menjadi tren topik masyarakat saat ini agar terkesan lebih akrab.

Sedikitnya, wawasan yang luas akan membantu kita untuk tidak kehabisan ide dan bahan pembicaraan. Jadi perbanyaklah wawasan tentang apapun.

5. Percaya Diri

Percaya diri merupakan lawan dari grogi. Jika kita sudah melakukan ke-empat hal di atas namun masih memiliki kesalahan-kesalahan hingga akhirnya membuat kita menjadi grogi.

Sebaiknya kita menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi sekalipun kita salah, tetaplah untuk tenang dan tersenyum. Karena dengan menumbuhkan rasa percaya diri akan mengurangi rasa grogi yang ada di dalam diri.

**

Sebetulnya grogi merupakan asumsi seseorang yang mereka buat-buatnya sendiri. Seperti merasakan ketakutan, tidak percaya diri, merasa takut salah dan tidak mampu untuk melakukannya sebelum mencoba. Hingga akhirnya grogi itu timbul dengan sendirinya dan membuat semuanya menjadi berantakan.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi grogi. Semoga mulai hari ini kita menjadi orang-orang yang lebih percaya diri untuk tampil dan berbicara di depan umum.