Loading...

Kandungan Gizi dan Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Kesehatan

sirsak

TERUSKAN.COM – Sirsak yang mempunyai nama latin Anona muricata linn ini memang sangat populer dan berkhasiat. Buah sirsak memiliki rasa asam yang menyegarkan. Buah ini menjadi populer lantaran nutrisi yang terkandung di dalamnya serta berbagai manfaatnya bagi kesehatan.

Buah sirsak ini terdiri dari 67,5% daging buah, 20% kulit buah, 8,5% biji buah dan 4% inti buah. Kandungan zat gizi terbanyak dalam buah sirsak yaitu karbohidrat setelah air. Salah satu jenis karbohidrat yang terkandung yaitu gula pereduksi (fruktosa dan glukosa) yang memiliki kadar 81,9-93,6%.

Loading...

Buah sirsak juga mengandung vitamin C yang baik untuk tubuh. Buah sirsak mengandung mineral yang cukup dominan seperti kalsium dan fosfor sebesar 14 mg dan 27 per 100g. Tentunya kedua mineral itu berperan penting dalam membantu pembentukan massa tulang yang nantinya membuat tulang menjadi lebih kuat sehingga mencegah terjadinya osteoporosis.

Sirsak memiliki keunggulan yang terletak pada kadar natrium yang rendah, namun kaya akan potasium. Dengan perbandingan itulah maka dapat membantu mencegah terjadinya hipertensi. Tidak hanya komponen gizi saja yang terkandung, namun buah sirsak juga mengandung nongizi, seperti serat pangan yang mencapai 3,3g.

Dari kandungan-kandungan tersebut, buah sirsak memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan, antara lain :

1. Mencegah kanker

Annonaceous acetogenins yaitu fitokimia yang terkandung di adalam daun, biji serta batang sirsak. Zat ini mampu menangkal virus dan serangan kanker.

Menurut penelitian, kandungan Annonaceous acetogenins ini dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker usus besar, payudara, paru-paru, prostat, dan lain-lain.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah sirsak kaya akan mineral yaitu tembaga yang dapat menyerap kalsium ke dalam tulang sehingga tulang pun dapat tercukupi kebutuhan nutrisinya

3. Melancarkan buang air kecil

Jus buah sirsak ternyata mampu dijadikan sebagai obat untuk mengurangir asa sakit saat buang air kecil. Tidak hanya mengatasi haematuria di mana bercampurna sel darah putih di dalam urin, serta penyakit hati ringan

4. Meningkatkan Energi

Jika Anda merasa lesu dan tidak bergairah, anda bisa mulai mengkonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang dapat membuat mood anda kembali normal, buah sirsak juga mengandung thiamin yang mampu meningkatkan energi

5. Meredakan Migrain

Buah sirsak mengandung vitamin B2 (riboflavin) yang dapat mengurangi sakit kepala seperti migrain

6. Mencegah anemia

Kandungan lainnya yang terdapat pada buah sirsak adalah zat besi yang dianggap mampu mengurangi gejala anemia

**

Jadi anda sekarang sudah tahu bahwa ternyata buah sirsak tidak hanya memiliki rasa yang enak dan segar saja namun juga baik bagi kesehatan tubuh. Mulai sekarang anda bisa memasukkan buah sirsak ke dalam buah-buahan yang akan anda konsumsi secara rutin. Hal ini tentunya akan membantu anda untuk tetap hidup sehat.

Apalagi mengingat banyaknya khasiat yang dihasilkan oleh buah sirsak sehingga buah ini baik dikonsumsi oleh siapa saja. Buah sirsak juga mudah ditemukan saat ini sehingga tidak akan menyulitkan anda nantinya.

Memang untuk hidup sehat tidak perlu mahal. Hanya dengan rutin mengkonsumsi buah sirsak saja, kesehatan anda pun akan tetap terjaga.