Loading...

4 Langkah Mudah Membuat Bolu Kukus

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

resep-kue-bolu-kukus-mekar

TERUSKAN.COM – Anda mempunyai acara di rumah dan Anda bingung ingin menyajikan apa sebagai camilannya? Mungkin menyajikan bolu kukus bisa menjadi solusinya. Ya, makanan ini cukup enak dan mudah dibuat ternyata.

Oke, mari kita bahas cara membuat bolu kukus berikut ini.

Loading...

1. Sediakan bahan

Untuk membuatnya tentu saja Anda harus menyediakan bahan-bahan berikut ini:

  • ½ kg terigu
  • ½ kg telur
  • ½ kg gula pasir
  • 1 bungkus vanili
  • Baking soda secukupnya
  • 1 kaleng soda
  • Cetakan untuk bolu kukus
  • Kertas cetakan bolu kukus

2. Campurkan bahan

Anda sudah menyiapkan bahannya? Baiklah jika sudah siap Anda campurkan terigu, telur, gula pasir, vanili, dan baking soda., kemudian aduk hingga rata. Untuk proses aduknya Anda bisa menggunakan mixer, bisa juga dikocok manual menggunakan tangan.

Jika semuanya sudah tercampur dengan rata dan gulanya sudah menjadi halus, maka saatnya untuk memasukkan soda yang sebelumnya sudah disiapkan. Masukkan soda secara perlahan dan sedikit-sedikit, agar tidak membludak. Namun, tetap sambil diaduk terus secara perlahan.

Untuk soda ini, Anda gunakan saja minuman soda yang banyak dijual di supermarket. Soda sebenarnya sebagai salah satu pewarna, jadi Anda bisa menggunakan soda apa saja sesuai yang Anda sukai, karena rasa soda tidak akan terlalu memengaruhi rasa kue nantinya.

Agar penampilan kuenya menjadi lebih bagus, maka sebaiknya Anda membuat dua buah adonan. Untuk adonan kedua ini jumlahnya setengah dari adonan pertama saja. Lalu, berikan soda dengan warna lain. Jadi bolu kukus Anda mempunyai dua warna. Dan tentunya itu akan menambah daya tarik hidangan Anda.

3. Cetak

Jika adonan tersebut sudah jadi, maka saatnya untuk mencetak adonan. Tuangkan adonan ke dalam kertas cetakan yang sudah di simpan di dalam cetakan.

Untuk pengisiannya sebaiknya jangan terlalu banyak, isi cetakan dengan ½ atau ¾ adonan karena ketika dikukus adonan akan mengembang.

Jika Anda membuat dua adonan, maka pertama tuangkan terlebih dahulu adonan yang lebih banyak hingga memenuhi setengah cetakan. Setelah itu, masukkan adonan dengan warna lainnya hingga cetakan terisi tiga perempatnya.

Jika Anda menyukai buah kismis, maka Anda bisa memasukkannya ke dalam sebagai topping untuk menambah rasa kue tersebut.

4. Kukus

Jika semua adonan sudah dimasukkan ke dalam cetakan, siapkan panci dan isi dengan air lalu diamkan sebentar hingga airnya mendidih. Setelah mendidih, maka adonan yang sudah dimasukkan ke dalam cetakan bisa mulai untuk dikukus. Kenapa harus menunggu untuk mendidih? Karena itu akan memengaruhi tingkat mengembangnya kue tersebut.

Kukus kue selama kurang lebih 30 menit. Ketika dikukus, sebaiknya tutup panci ditutup dengan menggunakan kain bersih, sehingga uap airnya tidak jatuh lagi ke dalam panci. Selain itu, diusahakan untuk tidak membuka tutup panci selama proses pengukusan berlangsung karena hal tersebut juga akan memengaruhi tingkat mengembangnya kue bolu kukus Anda.

Jadi, Anda hanya boleh membuka tutup panci jika kue tersebut sudah dikukus selama tiga puluh menit.

Selamat mencoba dan semoga berhasil dengan kreasi barunya ini.