Loading...

Cara Mudah Membuat Donat Kentang

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep

resep-donat-kentang

TERUSKAN.COM – Anda tentu tahu dengan makanan yang bernama donat, benar bukan? Ya, makanan berbentuk bulat dan mempunyai lubang di bagian tengahnya itu adalah makanan yang cukup populer sehingga banyak dijual.

Lalu bagaimana dengan donat kentang? Anda mungkin Anda sudah mendengarnya tapi belum pernah mencobanya. Jika memang demikian, inilah saatnya Anda untuk masuk dapur dan  mencoba bereksperimen kembali.

Loading...

Resep dan Cara Membuat Donat Kentang

Baiklah, kali ini kita akan mebahas mengenai cara mudah membuat donat kentang. Sebelum memulainya, sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini:

  • 1 kg terigu
  • 4 buah kentang berukuran besar
  • ¼ kg telur
  • 1 bungkus mentega ukuran 250 gram
  • 1 bungkus fermipan
  • ½ sendok teh TBM
  • ½ sendok teh baking powder
  • ½ gelas air hangat

Jika semuanya sudah siap, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukus kentang hingga matang, lalu kemudian menumbuknya hingga halus dan diamkan hingga dingin. Sambil menunggu ketang menjadi dingin, Anda bisa mencairkan mentega yang tadi sudah disiapkan.

Selanjutnya, Anda gabungkan terigu, TBM, fermipan, baking powder, dan mentega yang sudah dicairkan lalu diaduk. Sambil diaduk, masukkan telur satu per satu dan uleni hingga semuanya tercampur rata.

Jika telah tercampur secara merata, masukkan kentang yang tadi telah d tumbuk dan kembali Anda uleni adonan sambil diberikan air hangat hingga semuanya tercampur rata kembali. Kemudian diamkan adonan tersebut selama 50 menit sambil ditutup dengan kain.

Setelah didiamkan selama 50 menit, maka adonan bisa mulai dibentuk sesuai keinginan. Diusahakan ketika proses pembentukan tidak terlalu menggunakan banyak adonan untuk satu buah donatnya, dikarenakan ketika digoreng nanti donat akan kembali mengembang.

Disarankan untuk menimbang setiap adonan sebelum dibulatkan menjadi adonan, agar adonan sama besar dan tampak cantik seragam.

Setelah dibentuk Anda bisa langsung menggorengnya dalam api sedang hingga warnanya agak kuning keemasan.

resep-donat-empuk-enak

Cara Menghias Donat

Karena donat tersebut tidak diberikan gula pada adonannya, maka rasanya agak sedikit plain, jadi bagi Anda yang ingin rasa lebih manis pada donat tersebut, maka bisa menambahkan gula halus setelah selesai digoreng.

Akan tetapi, jika Anda ingin tampilan donat tampak seperti donat yang ada di supermarket, itu bukanlah masalah besar, Anda bisa melakukannya sendiri tentunya.

Sebelum mulai menghiasnya, Anda harus menyiapkan beberapa bahan, seperti coklat batang untuk kue (bisa menggunakan coklat hitam atau coklat putih), susu cair, keju, mentega, dan kacang goreng yang sudah dicincang kasar.

Untuk coklatnya, Anda iris terlebih dahulu, lalu kemudian masukkan susu dan coklat tersebut ke dalam panci, aduk hingga mengental dengan api kecil. Untuk perbandingan susu dan coklatnya adalah 1:4. Jika sudah selesai, Anda bisa mencelupkan bagian atas donatnya dan kemudian menaburkan kacang yang sebelumnya sudah dicincang kasar.

Untuk keju dan mentega, ini sangat mudah. Anda hanya perlu memarut keju terlebih dahulu. Setelah itu, olesi bagian atas donat dengan mentega secukupnya, kemudian taburkan parutan keju di atasnya. Atau, Anda juga bisa menaburkan coklat meses di atasnya.

Selain itu, bagian atasnya juga bisa diberikan selai buah-buahan yang Anda sukai agar varian rasa donatnya lebih banyak.

Selamat mencoba di dapur Anda dan semoga bermanfaat.