Loading...

6 Cara Berhemat Ketika Membeli PC

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Finansial

tips membeli komputer

TERUSKAN.COM – Ketika anda sedang mencari personal computer (PC) baik dalam bentuk desktop, laptop, atau tablet, terdapat beberapa cara untuk menghemat uang anda ketika akan membeli yang baru.

Di zaman sekarang ini, sangat jarang sekali ditemui orang-orang yang hidup tanpa produk-produk modern, dan komputer bukanlah sebuah barang yang cepat usang, sehingga anda hanya perlu mengeluarkan uang antara 3-5 tahun sekali.

Loading...

Investasi tidaklah menakutkan, jika anda mengerti bagaimana menghembat uang ketika akan membeli sebuah PC, seperti dilansir allwomenstalk.com.

Beli PC yang diperbaharui

Salah satu cara terbaik, jika anda memiliki dana terbatas mungkin anda bisa membeli komputer second yang telah diperbaharui dan ditingkatkan beberapa perangkatnya. Namun, mengupayakan membeli barang baru tentu lebih baik dan direkomendasikan.

Untuk komputer bekas yang dijual kembali, beberapa spek yang sudah diperbaiki bisa saja memiliki kualitas sama dengan yang baru, namun harga ritel akan secara signifikan jauh dengan yang benar-benar baru.

Tahu kapan membeli

Jika anda mau berhemat, pastikan anda tahu dan memahami kapan waktu terbaik untuk membeli. Jika anda bisa, tunggulah bulan Agustus atau September, di mana kebanyakan manufaktur akan mengeluarkan model-model baru dan mendiskon beberapa model lama.

Hal ini akan berguna jika anda tidak semata mengejar fasilitas teknologi terbaru, namun anda membelinya karena memang sesuai kebutuhan dengan harga terjangkau.

Menciptakan desktop anda pribadi

Meskipun tips ini agak kurang relevan bagi orang yang ingin membeli komputer jinjing (laptop), jika anda membeli desktop, anda pun bisa saja menciptakan desktop versi anda sendiri.

Dengan berkembangnya forum-forum di Google dan Internet, anda tentu dapat mencari tahu bagaimana cara terbaik untuk menciptakan PC yang hebat sesuai dengan kebutuhan anda. Tak hanya menghemat uang, tapi anda juga bisa mempersonalisasikan komputer sesuai spesifikasinya.

Cari promo cashback 

Membeli secara online, juga dapat menghemat uang anda karena lebih mudah anda menemukan berbagai promo, termasuk cashback (pengembalian sebagian uang pembelian). Malahan, beberapa kartu kredit juga memfasilitasi promo cashback ini.

Carilah beberapa toko online yang bekerja sama dengan beberapa bank pemegang kartu untuk mendapatkan berbagai promo.

Tahu apa yang anda butuhkan

Jika anda tak menggunakan komputer untuk menjalankan berbagai jenis permainan, anda tak perlu jenis PC yang memiliki spesifikasi terlalu canggih.

Jika anda tak terlalu menyukai kegiatan edit grafis atau video, maka jenis PC Mac sudah pasti terlalu mahal bagi anda. Anda harus mengetahui pasti kebutuhan anda.

Jika anda tak terlalu membutuhkan komputer jinjing, belilah PC desktop yang lebih memiliki spesifikasi lebih baik dan tahan lama untuk harga yang hampir sama dengan laptop. Misalnya, jika anda lebih banyak mengerjakan tugas kantor, pilihlah Linux.

Rawat komputer anda sekarang

Coba sekarang anda bertanya pada diri sendiri, apakah anda benar-benar membutuhkan sebuah komputer baru? Terdapat bermacam cara agar anda terhindar membeli komputer baru. Jika komputer yang anda miliki sekarang berjalan lamban, coba tingkatkan RAM-nya.

Bersihkan berbagai file lama dan software yang tak lagi guna, dan jika anda membutuhkan penyimpanan ekstra, belilah hard drive eksternal. Intinya, rawatlah sebaik-baiknya untuk memperpanjang usia PC anda.