Loading...

5 Tips Memilih Kartu Kredit

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Finansial

credit_cards

TERUSKAN.COM – Jumlah pengguna kartu kredit di Indonesia saat ini memang terbilang masih kecil dibanding jumlah penduduk, yakni dengan peredaran sekitar 50 juta kartu.

Namun, dengan semakin tumbuhnya transaksi online di dunia maya saat ini dan tahun-tahun mendatang, penggunaan kartu kredit justru dinilai menjadi cara pembayaran paling aman dan mudah di antara opsi pembayaran lainnya. Belum lagi, semakin banyak ritel online yang menawarkan berbagai promo menarik setiap melakukan pembelanjaan dengan kartu kredit.

Loading...

Beberapa bank penerbit menyediakan berbagai jenis fitur kartu kredit, misalnya yang suku bunga rendah, kartu platinum, kartu bebas biaya tahunan dan sebagainya. Sebelum memutuskan menggunakan kartu kredit, pastikan hal tersebut tidak akan mengganggu kesehatan finansial anda.

Lalu, bagaimana cara memilih kartu kredit dengan bijak? Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan.

Pembayaran mudah

Pilihlah kartu kredit dari bank penerbit yang memudahkan dalam pembayaran, baik melalui ATM dekat rumah atau kantor, online banking, serta aplikasi ponsel. Pastikan anda bisa membayar tagihannya dengan mudah karena kenyamanan adalah kuncinya.

Daya tarik kartu

Cari kartu kredit yang menawarkan daya tarik dan manfaat yang anda inginkan, misalnya fasilitas airport lounge, diskon minum kopi di kafe, promo tiket bioskop, diskon alat elektronik dan fasilitas lainnya. Sesuaikan dengan kebutuhan anda.

Jika tak bisa mendapatkan kartu kredit dengan fasilitas lengkap, pilihlah yang memberi keuntungan, misalnya paling menghemat uang anda, atau fasilitas yang digunakan paling sering.

tipd mrnggunakan kredit kard

Teliti limit kredit, tagihan, dan biaya lainnya

Ini adalah bagian paling penting sebelum anda menggunakan kartu kredit yakni meneliti kembali kartu berdasarkan limit kredit (pinjaman maksimal yang bisa ditarik), tingkat bunga (beban bunga atau pembayaran tahunan yang dibebankan dari utang), denda keterlambatan membayar, serta biaya lainnya, seperti biaya laporan bulanan, overlimit, atau biaya tahunan.

Hal penting lainnya, adalah persentase pembayaran minimum dan grace period (periode sebelum tagihan dikenai bunga).

 Cek reward, cashback, dan poin

Seperti halnya daya tarik dan fasilitas kartu kredit, penting juga anda mempertimbangkan beragam fitur dari mulai program cashback (uang yang dikembalikan untuk tiap rupiah yang dibelanjakan), atau poin (poin yang didapat untuk tiap rupiah yang dipakai dan bisa ditukar dengan item sesuai ketentuan bank).

Pilih kartu dengan bijak, gunakan dengan bijak

Pahami kebutuhan anda sendiri. Melakukan riset dan analisa tentang diri anda sendiri, terutama tentang kebutuhan kredit, dan kemampuan membayar tagihan akan membantu anda menentukan kartu kredit mana yang tepat untuk anda.

Pastikan membaca aturan dengan sekama, misalnya tingkat bunga yang terlihat menarik di awal perkenalan, bisa jadi ada syarat dan ketentuan berlaku atau dengan penggunaan minimal tiap bulan.

Apapun jenis kartu kredit yang anda pilih, gunakanlah dengan bijak dan bayarkan tagihan anda tepat waktu, maka anda tak perlu khawatr dengan denda apapun.

Source: practicalmoneyskills.co.id/imoney.co.id