Loading...

Ini Dia Tips Agar Mudah Melahirkan Secara Normal

Penulis: Nuzulia Rubrik: Wanita

kehamilan

TERUSKAN.COM – Mengandung, melahirkan, membesarkan serta merawat buah hati adalah dambaan dari setiap wanita. Karena, menjadi Ibu akan membuat hidup wanita menjadi lengkap.

Berbagai cara ditempuh agar wanita yang sudah menikah dapat segera hamil. Begitu gembiranya, tatkala seorang wanita dinyatakan positif hamil. Berbagai upaya pun dilakukan, untuk menyongsong kelahiran sang buah hati.

Loading...

Salah satu persiapan penting adalah persiapan soal persalinan. Betapa tidak proses ini adalah proses yang paling penting untuk melahirkan sang buah hati ke dunia.

Saat ini, terdapat beberapa metode proses persalinan yang ditawarkan oleh lembaga- lembaga kesehatan di masyarakat. Tujuannya, untuk mempermudah proses persalinan tentunya. Namun, bagi kebanyakan wanita, persalinan dengan proses normal saat ini masih menjadi pilihan bagi ibu hamil untuk melahirkan.

Mengapa? Karena dengan melahirkan secara normal wanita akan merasa lebih sempurna dan menjadi wanita seutuhnya tatkala merasakan sakit dan perjuangan saat persalinan normal. Meskipun tetap menjadi pilihan, banyak wanita yang terkadang merasa takut untuk melakukan persalinan secara normal.

Lalu bagaimana cara agar mudah melakukan persalinan secara normal? berikut tipsnya:

1. Periksa secara rutin ke dokter kandungan

Memeriksakan kesehatan kandungan secara rutin ke dokter kandungan sangatlah penting untuk mengetahui perkembangan si bayi. Sangat penting karena apabila terdapat gangguan, dapat segera terdeteksi dan dapat ditangani sejak dini.

2. Gali informasi sebanyak – banyaknya tentang proses persalinan

Seorang Ibu hamil sebaiknya menggali informasi sebanyak – banyaknya tentang proses persalinan. Tidak hanya persalinan dengan proses persalinan normal, tetapi juga persalinan dengan metode yang lain seperti operasi caesar.

Informasi ini bisa didapatkan dengan bertanya kepada dokter kandungan / bidan yang menangani, dari orang – orang yang sudah pernah mengalami proses persalinan, dan dari buku – buku bacaan tentang kehamilan. Buku bacaan yang sumbernya dapat dipercaya tentunya.

3. Jangan takut berolahraga

Berolahraga juga tak kalah penting, agar otot – otot di sekitar pinggul dapat fleksibel dan dapat mempermudah proses persalinan. Berolahraga seperti mengikuti kelas – kelas senam untuk ibu hamil sangat dianjurkan untuk mempermudah persalinan.

Beberapa aktivitas dalam rumah tangga juga dapat membantu ibu hamil agar mudah melahirkan secara normal. Seperti mengepel dengan berjongkok misalnya, agar otot paha dan otot perut menjadi lebih kuat. Selain itu, membantu bayi mendekati jalan lahir.

tips melahirkan

4. Tetap tenang dan rileks

Ketenangan juga mempengaruhi dalam proses persalinan. Oleh karena itu sebaiknya lakukan aktivitas yang menenangkan dan membantu ibu hamil untuk rileks menjelang dan pada masa proses persalinan. Berdoalah pada Tuhan, agar diberi kelancaran selama proses persalinan.

Menjaga ketenangan ibu hamil juga bisa dengan mendengarkan lantunan musik untuk menenangkan. Bisa juga dibawa saat akan melahirkan untuk menenangkan saat persalinan.

**

Jangan takut untuk melahirkan secara normal. Menjaga kesehatan, mengonsumsi makanan sehat bernutrisi, olahraga ringan dan istirahat yang cukup akan sangat membantu Anda. Jika Anda merasakan kesakitan, ingatlah bahwa tinggal selangkah lagi Anda dapat mendekap si mungil buah hati Anda.

Semoga bermanfaat dan selamat menantikan kehadiran si kecil.