Loading...

10 Makanan Terbaik Penunjang Kecerdasan Otak Anak

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Keluarga, Kesehatan

makanan untuk kecerdasan anak

TERUSKAN.COM – Ingin kecerdasan otak anak anda mengalami peningkatan? Maka caranya adalah dengan memenuhi asupan gizinya yaitu dengan cara memilih makanan yang sehat untuk dikonsumsi setiap harinya.

Anda sebagai orang tua memang harus selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi serta gizi yang diperlukan oleh anak setiap harinya.

Loading...

Jika anda bingung makanan apa saja yang sebaiknya diberikan kepada anak anda, maka di bawah ini ada beberapa makanan yang dikenal sebagai “Brain Food”, yaitu makanan yang dipercaya mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi dan merangsang pertumbuhan pada sel otak.

Berikut ini ada 10 makanan yang baik untuk otak anak anda, yakni :

• Salmon

Ikan salmon ini memiliki sumber terbaik dari asam lemak omega-3 yang penting terhadap pertumbuhan serta perkembangan pada fungsi otak.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa seseorang yang mendapatkan asupan lemak omega-3 mampu berpikir lebih tajam serta mendapatkan hasil yang memuaskan pada uji kemampuan.

• Telur

Telur kaya akan sumber protein yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Meskipun mengandung kolesterol, kuning telurnya mengandung protein yang dapat membantu perkembangan memori.

• Gandum murni

Otak memerlukan suplai glukosa dari tubuh yang stabil. Nah gandum murni inilah yang berperan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Serat yang terkandung di dalam gandum ini dapat mengatur pelepasan glukosa di dalam tubuh.

Makanan ini juga mengandung vitamin B yang mampu membantu memelihara sistem saraf.

• Oatmeal

Oatmeal adalah sereal yang kaya akan nutrisi yang diperlukan otak. Oat menyediakan energi yang diperlukan oleh anak-anak untuk mengawali aktivitasnya pada pagi hari.

Tidak hanya itu saja, serat pada oat juga berperan menjaga otak anak. Kandungan lain yang terdapat dalam oatmeal adalah potassium, seng, vitamin B dan E yang mampu menjaga fungsi tubuh serta otak dapat berfungsi secara optimal

• Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah makanan yang spesial karena mengandung banyak energy yang berasal dari karbohidrat kompleks serta protein. Kacang juga sumber mineral, serat dan vitamin.

Kacang dianggap sebagai makanan yang baik untuk otak karena dapat membantu memberikan energi yang lebih lama serta membantu anak-anak dalam berpikir.

Berdasarkan riset, kacang pinto serta kacang merah kaya akan asam lemak omega-3 dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan kacang jenis lain.

• Sayuran berwarna

Wortel, labu, bayam, ubi jalar serta tomat adalah contoh sayur-sayuran yang kaya akan antioksidan dan nutrisi yang mampu membantu menjaga sel-sel otak untuk tetap kuat dan sehat.

• Daging sapi tanpa lemak

Daging sapi tanpa lemak adalah makanan yang mengandung zat besi. Zat besi yaitu mineral esensial yang mampu membantu anak untuk bisa meningkatkan konsentrasinya dan tetap berenergi saat berada di sekolah.

Daging sapi juga mengandung seng yang mampu menjaga daya ingat anak

• Susu dan Yoghurt

Makanan dari produk susu cenderung kaya akan vitamin B dan protein. Kedua nutrisi tersebut tentunya penting dan mampu membantu pertumbuhan pada jaringan otak, neurotransmitter, dan enzim.

Susu serta yoghurt juga mampu membantu anda tetap kenyang karena mengandung karbohidrat serta protein yang sekaligus menjadi sumber energi pada otak.

**

Itulah 10 jenis makanan sehat yang penting bagi kecerdasan anak. Semoga bermanfaat.