Loading...

Cara Tingkatkan Performa Sinyal Wi-Fi Hanya Dalam 5 Menit

Penulis: Anggarini Paramita Rubrik: Teknologi

meningkatkan performa wifi

TERUSKAN.COM – Dewasa ini, banyak orang yang mengandalkan sinyal Wi-Fi untuk mengakses jaringan internet. Tak cuma di kantor atau kafe; penggunaan Wi-Fi juga merambah kawasan perumahan.

Nah, salah satu masalah yang lazim dialami netizen pengguna Wi-Fi adalah gangguan atau lemahnya sinyal yang diterima. Padahal bila sinyal yang diterima kuat, kita bisa merasakan akses internet yang lebih cepat dengan jangkauan yang lebih luas pula.

Loading...

Cukup dengan mereposisi dan mengkonfigurasi ulang router, Anda bisa mendapatkan kekuatan sinyal yang optimal. Dan asyiknya lagi, hal itu bisa kita lakukan hanya dalam 5 menit saja lho.

Yuk, simak tips meningkatkan performa sinyal Wi-Fi dalam waktu 5 menit saja, dikutip dari ehow.com.

Arahkan Antena ke Atas

Umumnya, setiap router memiliki antena. Untuk mendapatkan kekuatan sinyal yang maksimum, posisikan antena router secara vertikal, menunjuk lurus ke atas. Hal ini pun berlaku bila router Anda memiliki dua antena. Pastikan kedua antena tersebut tegak lurus dengan router.

Letakkan Router di Tempat yang Ideal

Pertimbangkan dimana Anda akan meletakkan router. Jika Anda memiliki rumah besar atau kantor, letakkan router di posisi tengah untuk memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

Namun, perlu diingat, jika Anda sudah meletakkan router di pojok rumah dan kekuatan sinyalnya baik-baik saja, Anda tidak perlu memindahkannya.

Untuk mendapatkan jangkuan yang maksimum, router juga harus diletakkan di tempat yang tinggi. Jika memungkinkan, taruh router di rak tinggi, ketimbang di lantai atau meja kerja.

Jangan letakkan router di dekat rak logam atau lemari arsip, karena logam dapat memblokir sinyal. Selain logam, dinding batu juga dapat memblokir sinyal Wi-Fi.

Pastikan posisi router tidak berdekatan dengan alat-alat elektronik yang mengeluarkan gelombang. Misalnya televisi, radio atau microwave. Pasalnya, bila alat-alat tersebut dinyalakan, sinyal Wi-Fi Anda sudah pasti akan terganggu.

Pilih Saluran Wi-Fi Terbaik

Jika Anda berada di area yang banyak terdapat jaringan Wi-Fi –misalnya di apartemen atau kompleks perumahan- jaringan Wi-Fi tetangga Anda bisa jadi mengganggu sinyal router Anda. Untuk meminimalkan gangguan ini, pindahkan router Anda menjauh dari titik akses Wi-Fi lainnya.

Komunikasikan hal tersebut dengan tetangga Anda, agar sinyal Wi-Fi tidak saling mengganggu.

Tapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah beralih ke Wi-Fi yang berbeda channel. Anda mengakses pilihan ini pada halaman pengaturan router Anda -cek buku petunjuk manual untuk melakukan hal tersebut.

Jika Anda tidak memiliki buku petunjuk manual, Anda dapat menemukan petunjuk secara daring. Tentukan opsi saluran Wi-Fi di web dan ubah ke saluran yang berbeda.

Akan butuh sedikit eksperimen untuk menemukan saluran yang terbaik, tapi Anda bisa mendapatkan bantuan untuk memilih saluran Wi-Fi dengan menggunakan aplikasi WiFi Analyzer di ponsel Android dan tablet, yang akan memonitor jaringan Wi-Fi di dekat Anda.

Yup, Anda harus mengatur ulang posisi router dengan baik dan memilih saluran Wi-Fi untuk mengoptimalkan jaringan Anda. Tentu saja, membeli router baru dan meningkatkan kuota Wi-Fi juga dapat meningkatkan kekuatan sinyal dan kecepatan akses internet.

**

Nah, bagaimana, mudah dan cepat bukan?  Sekarang anda bisa mengakses internet dengan kecepatan Wi-Fi yang maksimal. Semoga bermanfaat.