Loading...

5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan

Penulis: Amanda Rubrik: Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Menangis sering diidentikkan dengan perasaan sedih, kesal, kehilangan dan emosi negatif lainnya. Hal ini karena menangis sering menimbulkan mimik wajah yang terlihat sedih, dahi yang berkerut, mata yang terpejam serta air mata yang membuat wajah terlihat basah.

Ya, itulah efek menangis. Banyak pula yang mengatakan bahwa menangis merupakan tanda orang yang lemah dan tidak kuat dalam menghadapi masalah. Ada pula yang beranggapan bahwa menangis biasa mudah dilakukan seseorang yang tergolong sensitif.

Lalu apakah menangis ada manfaatnya untuk kesehatan? Terdengar mustahil memang, tapi pada kenyataannya, menangis dapat memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaat menangis untuk kesehatan tubuh? Berikut ulasan dari kami.

Loading...

1. Mengurangi Tingkat Stres

Ketika Anda sedang dalam kondisi stres karena berbagai masalah, menangis dapat menjadi salah satu obat untuk mengurangi sekaligus menghilangkan stres.

Ketika Anda menangis, tanpa Anda sadari, luapan emosi Anda tersalurkan lewat menangis dan oleh karena itu, menangis sering menjadi pereda stres yang ampuh.

2. Mengembalikan Mood

Tak jarang seseorang yang telah menangis merasa lebih baik daripada sebelumnya. Hal ini karena ketika menangis, Anda turut membiarkan emosi Anda keluar dan tidak ada lagi yang dipendam.

Walaupun bagi beberapa orang menangis merupakan hal yang cukup melakukan, terutama bagi para pria, sebenarnya tidak peduli wanita atau pria, menangis dapat membantu menyaluran emosi dan membuat mood kembali baik.

Oleh karena itu, jika Anda sudah merasa tidak kuat dan ingin menangis, menangislah untuk mengembalikan mood Anda.

3. Membersihkan Mata

Yang satu ini mungkin tidak ada hubungannya dengan emosi. Namun jika Anda ingin membersihkan mata Anda dari debu maupun rasa perih dan tidak nyaman, menangis dengan sengaja dapat membantu Anda.

Produk tetes mata yang dijual di pasaran juga sebenarnya bekerja layaknya air mata alami yang membantu melembabkan mata Anda.

Mata yang kering baik karena terlalu lama di ruangan ber-AC, memakai lensa kontak maupun terkena debu dapat diatasi dengan membersihkan mata lewat air mata alami Anda.

4. Mengatasi Rasa Cemas

Salah satu jenis mineral yang disebut mineral mangan dalam tubuh disebut-sebut menjadi salah satu penyebab rasa cemas dan suasani hati yang tidak nyaman. Menangis dapat membantu tubuh mengurangi mineral mangan dan menghasilkan suasana hati atau mood yang lebih baik.

5. Mengurangi Tekanan Darah

Mungkin terdengar mustahil bila tekanan darah tinggi dapat dikurangi dengan menangis. Namun hal tersebut dapat menjadi masuk asal, karena stres dan asupan garam yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah Anda.

Oleh karena itu, menangis dapat mengurangi tekanan darah karena membantu mengurangi kadar garam dalam tubuh.

***

Itulah 5 manfaat menangis untuk kesehatan. Menangis ternyata tidak selalu identik dengan membuat rasa sedih bukan? Semoga informasi ini bermanfaat ya.