Loading...

Cara Membuat Sayur Krecek Dan Sayur Asem Goreng

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Resep, Wanita

TERUSKAN.COM – Bingung mencari resep dan menu baru untuk dihidangkan di atas meja makan? Mungkin menu berikut ini bisa menjadi pilihan Anda untuk minggu ini. Yuk, kita akan membahas tentang cara membuat sayur krecek dan sayur asem goreng. Untuk bahan-bahan yang perlu disiapkan sekaligus cara membuatnya silakan disimak di bawah ini ya.

Sayur Krecek Sayur Asem Goreng

Cara Membuat Sayur Krecek

Untuk bahan-bahan sayur krecek, Anda bisa siapkan:

Loading...
  • ¼ daging khas dalam
  • Tahu 5 buah
  • Kerupuk kulit

Untuk bumbunya, Anda siapkan saja, bawang merah, bawang putih, cabe merah, kunyit, daun salam, serai, tomat, merica, terasi, gula merah, garam, terasi, dan santan.

Jika semua bahan sudah siap, tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong daging dan mencucinya, kemudian rebus hingga dagingnya matang. Sambil menunggu dagingnya matang, maka Anda bisa memotong tahu menjadi dua bagian dan menggorengnya.

Tahap selanjutnya, Anda bersihkan semua bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabe merah, merica, dan kunyit. Setelah itu Anda ulek bahan tersebut hingga halus dan jangan lupa untuk memberikan sedikit garam sebelum diulek.

Jika sudah selesai di ulek maka bumbu tersebut Anda tumis hingga wangi dan kemudian masukkan terasi, serai, daun salam, dan tomat. Kemudian masukkan santan dan jangan lupa tambahkan air sebanyak 500ml.

Masukkan daging yang sudah direbus dan juga tahu yang sebelumnya sudah Anda goreng. Masukkan gula merah, dan garam, lalu aduk perlahan hingga mendidih, tetapi ingat, jangan sampai santannya pecah karena rasanya tentu akan berubah.

Jika sudah matang, matikan apinya dan barulah Anda masukkan kerupuk kulitnya.

Cara Membuat Sayur Asem Goreng

Untuk bahan-bahan sayur asem goreng, Anda bisa menyiapkan:

  • Jagung
  • Labu siam
  • Nangka muda
  • Kacang panjang
  • Daun melinjo
  • Biji melinjo
  • Kacang tanah
  • Tetelan sapi

Sedangkan untuk bumbunya, hampir sama dengan bahan masakkan di atas, yakni bawang merah, bawang putih, kunyit, merica, kemiri, terasi, saun salam, serai, lengkuas, asam, gula, dan garam.

Cara membuatnyn sebenarnya cukup mudah, yakni Anda harus merebus tetelannya terlebih dahulu. Nah, sambil menunggu tetelan matang, maka Anda bisa memotong-motong bahan lainnya, seperti jagung, labu siam, nangka muda, kacang panjang, daun melinjo, biji melinjo, dan kacang tanah sesuai selera.

Setelah selesai di tahap itu, maka tahap selanjutnya adalah menyiapkan air hingga mendidih. Sambil menunggu airnya mendidih, maka Anda bisa mengambil bawang merah, bawang putih, kunyit, merica, dan kemiri lalu Anda ulek semuanya hingga halus.

Setelah halus, maka Anda bisa menumisnya hingga harum dan jangan lupa untuk memasukkan bumbu lainnya, seperti terasi, daun salam, serai, lengkuas, dan asam. Lihat juga keadaan airnya, apakah sudah mendidih atau belum.

Jika sudah mendidih, masukkan bumbu yang sudah di tumis tadi dan jangan lupa untuk menambahkan garan dan juga gula, lalu aduk-aduk hingga rata. Kemudian barulah Anda masukkan tetelan yang sebelumnya sudah di rebus hingga matang beserta dengan biji melinjo, kacang tanah, jagung, dan nangka.

Untuk labu dimasukkan setelah bahan di atas setengh matang, dan untuk daun melinjo dan juga kacang panjang dimasukkan paling terakhir karena cepat matang.

Selamat mencoba.