Loading...

5 Langkah Mengetahui Penipuan Pekerjaan

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Dunia Karir, Hukum

penipuan pekerjaan

TERUSKAN.COM – Belakangan ini banyak sekali orang-orang yang mencari pekerjaan, terutama orang-orang dari luar Jakarta yang datang ke Ibu Kota untuk mengadu nasib mereka.

Namun sayang, keadaan tersebut terkadang sering disalahgunakan oleh oknum tak bertanggung jawab yang hanya ingin mencari pundi-pundi rupiah untuk nantinya dimasukkan di kantong mereka.

Loading...

Cara yang dilakukan oleh oknum tersebut tak lain dengan membuat penipuan berkedok lowongan pekerjaan. Bahkan, sekarang iklan lowongan mereka pun ada yang lolos di sebuah situs lowongan kerja yang bisa dikatakan sangat ketat pengawasannya.

Baiklah, agar Anda terhindar dari penipuan tersebut, sebaiknya sebelum Anda bertindak perhatikan dulu beberapa hal ini:

1. Lihat Persyaratannya

Banyak orang tergiur dengan syarat masuk pekerjaan yang mudah dan posisi yang bagus, namun itu perlu Anda waspadai sebetulnya.

Kenapa harus diwapadai? Analoginya seperti ini, sebuah perusahaan ketika merekrut pegawai pasti harus membayarnya dengan memberikan gaji.

Nah, karena perusahaan harus memberikan gaji, maka tidak mungkin sebuah perusahaan merekrut pegawai secara sembarangan, apalagi masalah kemampuan pegawai tersebut, mereka pasti mencari pegawai dengan kemampuan yang terbaik.

2. Ketahui Perusahaannya

Ketika Anda melihat sebuah lowongan, maka tak ada salahnya Anda lihat perusahaan yang mengadakan lowongan tersebut.

Apakah Anda atau teman dan keluarga Anda mengetahui perusahaan tersebut? Karena bisa jadi perusahaan tersebut berkedok penipuan. Jadi? Ketahuilah perusahaan tersebut terlebih dahulu.

Selain menanyakannya pada teman dan keluarga, Anda juga bisa mencari tahu di internet. Jadi Anda hanya perlu memasukkan nama perusahaan yang sedang Anda cari tahu tersebut, maka nanti akan muncul mengenai perusahaan tersebut.

Jika perusahaan tersebut adalah perusahaan yang berujung dengan penipuan, pasti akan banyak postingan yang membahas hal tersebut. Hal itu tentunya akan sangat membantu Anda.

waspadai penipuan pekerjaan

3. Cari Website Perusahaan

Bagaimana cara untuk mengetahui perusahaan tersebut berkedok penipuan atau bukan? Salah satu caranya adalah dengan mencari tahu website perusahaan tersebut.

Kenapa website? Di zaman yang sudah canggih ini, pasti semua perusahaan mempunyai website untuk berkomunikasi lebih mudah dengan para pelanggannya, entah itu mengenai produk mereka atau mengenai sistem yang ada di perusahaan mereka.

Jadi, apabila Anda tidak menemukan website-nya, maka Anda juga patut waspada pada perusahaan tersebut.

4. Cari Lokasi Perusahaan

Cara selanjutnya adalah dengan mencari tahu lokasinya. Anda tidak perlu datang ke lokasinya langsung, lakukan saja melalui internet. Lihat dimana posisi perusahaan tersebut, jika lokasinya tidak jelas, maka sebaiknya di waspadai.

Atau, jika Anda merasa ingin tahu perusahaan tersebut secara langsung, maka Anda bisa datang langsung dan lihat dari luar. Lalu, tanyakan pada orang-orang disekitar lokasi tersebut mengenai latar belakang perusahaan tersebut.

5. Berbayar Atau Tidak

Jika Anda sudah terlanjur masuk ke lokasi dan Anda merasa curiga akan perusahaan penyedia lowongan tersebut, maka ada satu cara lagi untuk memastikannya.

Apa itu? Apakah mereka meminta sejumlah uang atau tidak? Untuk perusahaan yang berujung penipuan biasanya akan meminta sejumlah uang kepada pelamar dengan alasan untuk biaya administrasi dan training.

**

Itulah 5 langkah untuk mengetahui penipuan pekerjaan. Mencari pekerjaan yang cocok memang susah, tetapi ini bukanlah menjadi alasan bagi Anda untuk melamar setiap lowongan pekerjaan apapun yang ada di depan mata. Telitilah terlebih dahulu, cek dan ricek agar Anda tidak terkena penipuan masalah lowongan pekerjaan tersebut.

Tidak ada salahnya berhati-hati dalam melangkah. Jangan sampai ingin untung dengan mendapatkan pekerjaan malah buntung kena tipu daya.

Semoga bermanfaat dan tetaplah waspada.