Loading...

4 Aplikasi Pengatur Uang Saku Untuk Anak

Penulis: Anggarini Paramita Rubrik: Finansial, Teknologi

Aplikasi Pengatur Uang Saku Untuk Anak

 

TERUSKAN.COM – Seorang yang berjiwa entrepreneur memiliki sikap mental yang mandiri, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, dan tak mudah menyerah, seperti layaknya seorang wirausaha ketika memulai usahanya dari bawah.

Loading...

Alangkah baiknya jika sifat-sifat ini ditanamkan pada anak sejak dini untuk membantu mereka sukses menjalani seluruh kehidupannya. Maka, tak ada salahnya mendidik anak-anak sejak kecil untuk menerapkan sifat-sifat tersebut dalam hidup sehari-hari.

Ada banyak cara yang bisa digunakan untuk mendidik anak agar memiliki jiwa entrepreneur ini, salah satunya adalah mengenalkan uang kepada anak sejak dini.

Nah, saat Anda sudah memberi uang saku untuk anak, berarti sudah waktunya Anda mengajarkan jurus mengelola uang. Apalagi, saat ini sudah jamak terjadi bahwa anak-anak di kota besar diberi tanggungjawab untuk mengelola keuangannya sendiri.

Kini anak-anak memiliki lebih banyak kesempatan untuk menjadi bagian dari masyarakat cerdas finansial dengan memanfaatkan berbagai sarana, dengan teknologi misalnya.

Beberapa aplikasi keuangan sederhana untuk anak berikut ini membuat pengelolaan uang saku menjadi lebih menyenangkan. Tidak hanya itu, aplikasi-aplikasi untuk sistem operasi iOS ini bisa diunduh gratis.

1. Kids Money

Si kecil sudah lama menginginkan sepeda lipat? Nah, Kids Money mengajarkan anak untuk merencanakan pembelian jangka panjang dan menabung. Anak bisa membuat perencanaan dengan memasukkan data harga sepeda lipat idamannya, lalu memasukkan data uang jajan yang rutin didapatnya, pengeluaran, sisa uang yang bisa ditabung.

Aplikasi ini akan membantunya menghitung dan memerkirakan berapa lama uang tabungannya cukup untuk membeli sepeda tersebut dengan cara menarik.

2. P2K Money

P2K Money memiliki fitur yang bisa memotivasi anak untuk menabung. Fitur di dalamnya membuat anak bisa memasukkan foto barang-barang yang diinginkan ke dalam “wish list”.

Aplikasi ini juga mengajarkan anak untuk melacak kemana uang jajan mereka atau mencatat “pemasukan” yang dihasilkan. Yang dimaksud dengan pemasukan di sini bisa berupa upah membantu orang tua mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

uang dan anak

3.  A+Allowance

Tidak hanya belajar mengelola uang jajan, aplikasi ini juga memungkinkan anak untuk mencatat “pendapatan” lain yang dihasilkan per hari dan per minggu dari upah mengerjakan tugas rumah tangga.

Misalnya, dalam satu hari dia membantu mencabuti rumput liar di halaman dibayar Rp 10.000, membersihkan kandang anjing kesayangannya Rp 5.000; jadi dalam satu hari dia bisa mendapatkan Rp 15.000. Lalu juga ada fungsi menghitung jumlah total “pendapatan” mingguan. Di akhir minggu, pendapatan tersebut akan dikalkulasi secara otomatis.

4. Save! The Game

Aplikasi permainan 3D ini cukup unik karena mengajarkan anak untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Dalam permainan virtual ini anak-anak mengumpulkan uang dan mencegah uangnya berkurang karena menuruti keinginan (“I wanna”).

Anak akan diajarkan memilih antara menggunakan uang jajannya untuk membeli krayon untuk tugas sekolah atau permen coklat favoritnya. Permainan akan naik ke level selanjutnya jika anak tidak menghabiskan uangnya, tapi menyimpannya di bank.

**

Ternyata, mendidik anak untuk terampil mengelola uang adalah salah satu langkah persiapan kunci keberhasilan mereka kelak di masa depan. Aplikasi-aplikasi di atas dapat membantu Anda dalam mendampingi si kecil. Semoga bermanfaat.

(Gambar: newsinitiative.org)