Loading...

7 Tips Mudah Bergaul dengan Kawan Asrama

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Pendidikan

berkawan dengan teman asrama

TERUSKAN.COM – Anda sedang atau akan berencana untuk  bersekolah di luar kota atau luar negeri? Beradaptasi dengan lingkungan baru dan mencari lagi teman-teman baru tentu membutuhkan waktu.

Namun, hal itu tidaklah sesulit bayangan, toh itu bukanlah pengalaman pertama anda. Meski anda tak berteman dengan semua orang, anda pun dapat berteman dengan beberapa orang yang dianggap cocok, terutama bagi yang akan tinggal dalam satu asrama dengan anda.

Loading...

Berikut adalah beberapa tips agar anda mudah bergaul dan cepat akrab dengan kawan sekamar asrama anda, dilansir allwomenstalk.com.

Saling menghormati

Salah satu cara tercepat untuk menjalin persahabatan, misalnya dengan menawarkan bantuan untuk membawakan barang yang dibawa calon teman asrama anda. Ruang asrama sangat terbatas, sehingga membuat setiap ruang di dalamnya sangat berharga.

Cara temudah lainnya untuk menjadi cepat akrab dengan teman baru anda adalah dengan saling menghormati setiap ruang dengan barang bawaan mereka. Sikap saling menghormati seperti ini akan menghindarkan hal-hal yang berbau kebencian, kecemburuan dan lainnya.

Bertanya hal dasar

Bertanya pada orang baru mungkin menjadi hal yang kaku dilakukan bagi sebagian orang. Namun, dengan memulai bertanya hal mendasar pada kawan baru anda, akan lebih mencairkan suasana.

Anda bisa menanyakan hal-hal seperti tempat tinggal, siapa tahu berasal dari tempat yang sama atau mungkin satu kelas bersama, atau sama-sama punya artis favorit tertentu. Mulailah dari hal-hal kecil, dan anda pun akan menjadi terbiasa.

Menerima perbedaan

Kampus adalah tempat di mana semua tipe orang berkumpul. Terlebih jika anda berada di luar negeri, jangan pernah menghakimi teman anda berdasarkan, ras, agama, pandangan politik atau gaya hidup.

Berupayalah untuk menerima perbedaan agar anda mudah berteman. Ingatlah, anda juga berbeda di mata mereka.

Terapkan aturan main

Di asrama, sering kali penghuni di dalamnya saling bertengkar satu sama lain, karena masing-masing merasa paling benar.

Coba untuk menerapkan aturan main dan saling komitmen untuk membuat lingkungan menjadi lebih damai, dan anda pun tenang menjalani kegiatan sehari-hari. Selesaikanlah setiap persoalan secara kekeluargaan.

Hadiri acara kampus bersama

Dengan banyak acara yang diselenggarakan, gunakanlah peluang untuk mendatanginya bersama teman satu asrama anda. Punya pengalaman baru bersama merupakan cara hebat untuk menjalin pertemanan lebih dekat.

Hal itu membuat anda dan teman memiliki banyak waktu untuk saling mengobrol. Anda pun dapat mengenal lebih banyak orang di sana.

Bersikap sahabat

Hal yang satu ini memang sangat jelas, namun di bawah tekanan karena harus beradaptasi dengan lingkungan dan kelas baru, terkadang bisa memengaruhi sikap anda menjadi kurang ramah.

Ingatlah, anda tinggal bersama kawan se-asrama anda, jadi mulailah hubungan dan kesan pertama yang baik dengan keramahan dan penghormatan setiap harinya.

Menghormati privasi

Terkadang, mudah untuk melupakan bahwa tak hanya ada kepentingan anda semata. Faktnnya, anda memang berbagi ruang dengan orang lain. Privasi adalah sesuatu yang mungkin terdengar sulit.

Jika anda ingin mengajak seseorang ke asrama, menyalakan lagu, atau membeli barang baru, bicaralah baik-baik pada teman anda. Dengan saling menghormati privasi masing-masing tak akan terlalu sulit bagi anda beradaptasi.