Loading...

Cara Praktis Membuat Pancake Topping Ice Cream

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Resep

pancake es krim

TERUSKAN.COM – Pancake pertama kali dikenal di Romawi yang dijadikan sebagai menu sarapan pagi. Seiring berjalannya waktu, pancake tidak hanya dijadikan sebagai menu sarapan pagi tetapi juga untuk makan siang, dessert atau pun makan malam.

Pancake merupakan makanan praktis yang diolah dari tepung, susu, telur, dan beberapa bahan lainnya. Dikatakan praktis karena tidak membutuhkan waktu yang lama atau cara yang ribet untuk membuatnya.

Loading...

Pancake juga merupakan salah satu kue manis yang banyak digemari oleh orang di seluruh negara di dunia. Bahkan sudah banyak restoran di seluruh dunia yang menjadikan pancake sebagai menu utama.

Rasanya yang manis, lembut dan enak, membuat tidak hanya orang dewasa saja yang menjadi penggemar pancake tetapi anak-anak pun dipastikan sangat menyukai kue ini. Jika Anda seorang ibu rumah tangga, Anda bisa menjadikan pancake sebagai menu sarapan pagi maupun untuk makan santai.

Banyak sekali variasi pancake yang berkembang saat ini, tapi pada dasarnya bahan utama tetaplah sama yaitu tepung, susu, dan telur. Perbedaan satu varian pancake dengan pancake yang lain terletak pada tambahan bahan seperti rasa durian, coklat maupun pandan. Selain itu, yang membuatnya bervariasi juga pada bagian topping atau taburannya.

Cara Membuat Pancake Topping Es Krim

Nah, kali ini, kita akan mencoba membuat pancake dengan topping es krim. Bagaimana cara membuatnya? Yuk simak tips berikut ini:

Bahan Dasar

  • 100 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 200 ml susu cair

Bahan Tambahan

  • Sedikit gula pasir
  • Garam secukupnya
  • Margarin secukupnya
  • Untuk topping, siapkan es krim secukupnya

Cara Membuat

1. Cara pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat pancake yang lezat adalah membuat adonan dari tepung terigu, telur, susu cair dan sedikit garam. Bagi yang suka manis, bisa menambahkan sedikit gula pasir. Masukkan semua bahan ke dalam satu wadah dan aduk hingga merata. Untuk lebih mudah, Anda bisa menggunakan mixer agar adonan bisa merata dengan sempurna.

2. Setelah adonan jadi, maka Anda bisa langsung memanaskan teflon. Setelah panas, olesi permukaan teflon dengan margarin hingga merata. Setelah itu tuangkan adonan ke atas teflon dengan menggunakan sendok sayur. Jangan menuangkan adonan terlalu banyak, cukup dua sendok sayur agar adonan matang dengan sempurna. Lalu tutup.

3. Jika salah satu bagian sudah matang, maka Anda bisa membalik adonan agar kedua sisi dapat matang dengan sempurna. Tanda adonan matang adalah jika adonan pancake sudah berubah warna menjadi coklat dan agak mengeras tapi jangan sampai terlalu matang (sesuai selera).

4. Jika kedua bagian sudah matang dengan sempurna, angkat dan tarus dalam piring saji. Anda bisa melakukan hal yang sama sampai adonan habis.

5. Tata pancake yang sudah matang di atas piring saji kemudian taburi es krim secukupnya di atas pancake. Untuk rasa yang lebih lezat, Anda juga bisa menambahnya dengan menuang sirup maple di atas es krim.

Finally, pancake topping es krim siap Anda nikmati!

Catatan : Untuk taburan topping tidak harus es krim. Anda bisa menggunakan taburan lain yang tidak kalah menambah kelezatan pancake seperti madu, vla, sirup maple, keju, potongan buah segar, coklat, meises dan lain sebagainya.

**

Itulah resep pancake sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah, tentunya dengan tenaga, waktu dan biaya yang minim. Menu ini bisa dibuat kapan saja untuk keluarga Anda tercinta. Selamat mencoba.

(Gambar : virtualgoodyplate.blogspot.com)