Loading...

7 Fakta Menarik Tentang Otak Manusia

Penulis: Maryamah Karpov Rubrik: Kesehatan, Sains

fakta otak manusia

TERUSKAN.COM – Otak adalah organ pusat atau utama yang ada pada tubuh manusia. Selain itu, otak manusia juga menjadi misteri terbesar yang masih belum bisa terpecahkan hingga saat ini, baik itu di bidang kedokteran atau filsafat.

Pertanyaan yang berkaitan dengan otak manusia dan pikiran khususnya telah membuat para peneliti terkemuka dan filsuf kewalahan untuk memecahkannya.

Loading...

Nah, apa saja yang tersembunyi atau fakta mengenai otak kita? Berikut beberapa fakta mengejutkan tentang otak manusia yang bisa Anda baca pada artikel berikut.

1. Otak Tetap Aktif Bahkan Saat Tidur

Anda mungkin berpikir bahwa otak tidak akan bekerja atau aktif saat Anda tidur di malam hari, namun kenyataannya otak ternyata lebih aktif pada malam hari saat Anda sedang dalam keadaan tertidur.

Otak merupakan salah satu organ tubuh yang tidak tidur dan berfungsi untuk memberikan gambaran dan memberikan petunjuk saat Anda sedang dalam keadaan bermimpi atau tidak.

2. Memprediksi Masa Depan

Ini adalah salah satu fakta paling aneh tentang otak yang dikemukakan para ilmuwan yang bahkan mereka sama sekali tidak tahu tentang bagaimana hal itu terjadi. Beberapa ilmuan dan filsafat berpendapat bahwa otak memiliki kemampuan untuk memprediksi masa depan. Peristiwa tertentu yang terjadi ketika kita bermimpi bisa benar-benar terwujud menjadi kenyataan.

Sebuah sistem di otak yang dikenal sebagai Dopamine Sistem Mid Brain akan memberikan sinyal tentang peristiwa yang belum terjadi hingga membuka jalan untuk prediksi masa depan.

3. Pria Menggunakan Lebih Dari 10% Otak Mereka

Jika Anda ingin memahami mengapa wanita kadang-kadang lemah ketika membuat keputusan dan penilaian, di sinilah jawabannya. Mereka menggunakan persentase yang lebih rendah dari otak-mereka hampir 10% lebih sedikit bila dibandingkan dengan laki-laki. Karena itu, para pria lebih baik dalam mengambil keputusan dari pada wanita.

4. Tidak Rentan Terhadap Sakit

Ini adalah salah satu fakta yang paling mengejutkan tentang otak. Disaat seluruh tubuh rentan terhadap rasa sakit, otaktidak akan merasakan sakit apapun. Hal ini dikarenakan otak tidak memiliki reseptor rasa sakit.

5. Memiliki Ukuran Yang Berbeda-beda

Setiap orang pasti memiliki ukuran otak yang berbeda. Untuk Anda yang memiliki otak dengan ukuran yang lebih besar memiliki kemampuan yang lebih baik untuk membuat penilaian dan memahami fenomena eksternal.

6. Membutuhkan Paling Banyak Energi

Otak adalah salah satu organ tubuh Anda yang paling banyak membutuhkan energi dibandingkan dengan organ tubuh lainnya.

7. Memiliki Banyak Lemak

Selain paha dan perut atau bagian lain dari tubuh yang dianggap menyimpan lemak, otak manusi ternyata mengambil bagian dari hal tersebut karena hampir menyimpan sekitar 60% lemak.

**

Bagaimana, menarik bukan? Otak yang menjadi sistem dan pusat kendali tubuh kita ternyata menyimpan banyak misteri dan fakta yang akan sulit Anda percayai. Selain beberapa fakta di atas, tentunya masih banyak lagi keistimewaan dan fakta yang tersembunyi di balik otak.

Semoga bermanfaat.