Loading...

9 Efek Pil KB Yang Perlu Diketahui

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Kesehatan

efek pil kb

TERUSKAN.COM – Pil KB merupakan salah satu alat kontrasepsi yang paling digemari dan dianggap sebagai metode terbaik. Selain mudah, harga terjangkau, praktis, dan aman, juga paling efektif mencegah kehamilan. Tak heran bila 100 juta lebih wanita di seluruh dunia menjatuhkan pilihan pada pil KB.

Tak hanya memiliki tingkat efektifitas di atas 90 %, pil KB juga dipercaya oleh para ahli kesehatan mampu mengurangi risiko pertumbuhan kista rahim, kanker, menghilangkan jerawat, memperhalus kulit, meredakan rasa sakit di panggul, menaikkan kepadatan tulang, meningkatkan fertilitas dan periode menstruasi jadi lancar.

Loading...

Namun, efektifitas dan jumlah peminat yang tinggi bukan berarti pil KB adalah pilihan terbaik yang tanpa resiko. Seperti kata pepatah tak ada gading yang tidak retak, pil KB juga memiliki berbagai kekurangan.

Nah, sebelum memutuskan untuk meminum Pil KB alangkah baiknya bila Anda mengetahui tentang efek Pil KB berikut ini :

Mengurangi jumlah ASI

Secara umum kandungan pil KB terdiri dari hormon estrogen, progesteron dan kombinasi (gabungan antara hormon estrogen dan progesteron).

Bagi ibu yang sedang menyusui bila tidak selektif dalam memilih pil KB bisa merugikan. Pil KB yang mengandung estrogen bisa menganggu produksi ASI.

Pembekuan darah (trombosis)

Pil KB yang memakai drospirenon berpeluang meningkatkan resiko pembekuan darah yang kemudian berpengaruh terhadap paru-paru, sesak napas, nyeri dada kaki, otak, stroke, obesitas dan sebagainya. Drospirenon merupakan progesteron sintetis yang bentuknya hampir menyerupai progesteron alami.

Di pasaran, tidak semua pil KB yang membuat peringatan tentang resiko drospirenon di kemasannya sehingga konsumen yang awam bisa mengalami masalah kesehatan.

Menyebabkan spotting

Pada minggu-minggi awal penggunaan pil KB bisa terjadi pendarahan (spotting). Tidak hanya di awal pemakaian, seseorang yang sering lupa meminum pil KB juga beresiko mengalami pendarahan.

Pendarahan ini bisa membuat stres karena kadang berlangsung dalam waktu yang cukup lama dan terjadi di luar haid. Pendarahan abnormal yang bisa terjadi hingga 3 bulan ini bisa menyebabkan badan lelah, murung dan kurang bersemangat.

Terkena penyakit jantung

Penggunaan pil KB disinyalir menyebabkan terjadinya perubahan pada fisik yang berpeluang meningkatkan resiko menderita penyakit jantung. Resiko terkena penyakit jantung ini lebih besar pada wanita gemuk, merokok dan memiliki anggota keluarga yang pernah sakit jantung.

Emosi jadi tidak stabil

Kandungan dalam pil KB secara umum bisa mempengaruhi emosi. Suasana hati sering berubah dalam waktu singkat. Kadang mudah sensitif, murung, kecewa, sedih, kesal dan mudah marah.

Berat badan bertambah atau berkurang

Pil KB berpengaruh terhadap berat badan seseorang. Pengguna bisa mengalami kelebihan berat badan dan juga bisa mengalami penurunan berat badan. Hal ini disebabkan oleh kandungan dan efek samping yang dimiliki oleh sebuah pil KB tertentu.

Seks yang tidak menyenangkan

Pil KB juga berpengaruh pada urusan seks. Beberapa keluhan yang sering muncul terjadi adalah kurang bisa merasakan orgasme, penipisan jaringan Miss V, penurunan gairah seksual dan nyeri atau sakit ketika berhubungan intim (dispareunia).

Perubahan pada payudara

Perubahan payudara juga terjadi pada wanita yang mengkonsumsi pil KB. Perubahan tersebut bisa berupa payudara nyeri, sakit, lembek dan membesar.

Pusing dan sakit kepala

Penggunaan pil KB juga bisa menyebabkan pusing dan sakit kepala. Pusing tersebut biasanya bersifat sementara dan bisa hilang beberapa waktu kemudian. Akan tetapi, pada sebagian orang sakit kepala semakin buruk setelah meminum pil KB dan beralih ke kontrasepsi lain.

Selain efek di atas, pil KB juga bisa menyebabkan mual-mual, kecemasan, depresi, tekanan darah tinggi, bercak hitam di pipi (hiperpigmentasi), penyakit jamur pada liang vagina (candidiasis), sakit perut parah dan kram, penglihatan buram secara mendadak dan sebagainya.

**

Nah, itulah beberapa efek pil KB yang perlu Anda ketahui. Kita berbicara tentang pil KB dimana pil itu sendiri merek dan kandungannya beragam tergantung siapa yang memproduksinya.

Seyogianya setiap pil memiliki keunikan, kelebihan dan kekurangan sendiri. Oleh karena itu berbagai efek di atas juga bergantung pada pilihan Anda. So, menjadi konsumen cerdas adalah pilihan paling bijak.