Loading...

Jangan Anggap Remeh Singkong! Ini Alasannya

Penulis: Yudasmoro Minasiani Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Banyak yang menganggap singkong bukanlah kudapan modern. Penganan yang identik dengan makanan kelas bawah ini sering dianggap remeh dan ketinggalan zaman. Sebelum mengonsumsi nasi seperti sekarang, singkong juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Mengingat masa sulit pada era kemerdekaan dulu, singkong juga menjadi pengganti nasi yang cukup potensial. Dari sudut kesehatan, singkong juga sebetulnya memiliki khasiat kesehatan yang sangat baik untuk tubuh.

Singkong adalah perdu (kelompok pohon, lebih menyerupai semak) yang berakar tunggang dan membesar menjadi umbi yang lazim untuk disantap. Umbi dalam usia matangnya memiliki ukuran diameter sekitar 2-3 sentimeter dengan panjang 50-80 sentimeter. Dalam bahasa latin, singkong disebut juga dengan Manihot Utilissima.

Loading...

Hingga saat ini bahkan masyarakat Indonesia Timur masih mengonsumsi singkong sebagai makanan pokok. Karena terbatasnya lahan sawah, maka banyak warga yang memanfaatkan ladang untuk menanam singkong. Warga Maluku, misalnya, untuk menyantap lauk-pauk seperti ikan, biasanya menggunakan singkong rebus sebagai hidangan utama.

Di Pulau Jawa, singkong memang tak lagi populer sebagai santapan utama, namun di perkotaan, singkong masih menjadi idola sebagai kudapan sore untuk menemani minum teh atau kopi. Di daerah pedesaan bahkan ngemil singkong sudah menjadi semacam kebiasaan masyarakat.

singkong

Manfaat Singkong Untuk Kesehatan

Beikur adalah beberapa manfaat sehat mengonsunsi singkong.

Sumber Protein

Jika selama ini, telur dan pisang dianggap punya protein tinggi, singkong sebetulnya memiliki kandungan protein yang lebih tinggi.

Menyehatkan Pencernaan

Singkong memiliki serat yang cukup tinggi. Ini berarti singkong juga bisa membantu proses pencernaan dan membantu kesehatan usus.

Disantap dengan lauk apa pun, serat alami yang ada dalam singkong akan membantu melancarkan pencernaan. Dengan demikian, resiko penyakit pencernaan bisa dihindari.

Penambah Sel Darah

Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat pada singkong juga bisa membantu produksi sel darah merah dan pertumbuhan fisik. Mengonsumsi singkong tentu saja bisa terhindar dari resiko anemia (kekurangan sel darah merah).

Menguatkan Tulang

Tak perlu khawatir dengan tulang yang keropos. Singkong adalah salah satu sumber vitamin K yang berkhasiat untuk melindungi tulang dari pengeroposan karena usia. Selain itu, vitamin K juga punya kemampuan untuk menjaga saraf otak dari resiko penyakit alzhaimer.

Penurun Kolesterol

Penelitian telah membuktikan bahwa singkong adalah sumber mineral yang baik. Zat seperti magnesium, besi, mangan dan kalium yang berfungsi sebagai pengatur tekanan darah dalam tubuh. Kemampuan ini juga membuat mineral yang ada dalam singkong mampu menurunkankan kadar kolesterol jahat dalam aliran darah.

daun singkong

Manfaat Daun Singkong Sebagai Obat Tradisional

Tak hanya umbinya yang bisa disantap, daun singkong pun kerap dijadikan sayuran sebagai pelengkap makan nasi. Apa saja manfaat daun singkong selain sebagai santapan?

Obat Demam

Mengikuti racikan tradisional para leluhur, daun singkong juga bisa menjadi penurun demam. Cukup dengan menumbuk daun singkong hingga halus dan kemudian ditempelkan di kepala layaknya kompres. Cara ini terbukti ampuh menurunkan panas tubuh yang terserang demam.

Hentikan Diare

Sebagai pengobatan alami, daun singkong yang direbus bisa menjadi obat anti diare yang ampuh dengan terlebih dulu menyaring airnya dan diminum dua kali sehari.

Obat Nafsu Makan

Jika ingin menambah berat badan, tak perlu bingung memilih vitamin yang mahal di apotek. Cukup merebus daun singkong dengan garam dan bawang putih untuk kemudian disantap sebagai lauk pendamping nasi.