Loading...

5 Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Penulis: Shabrina Fitzel Rubrik: Desain

TERUSKAN.COM – Ruang tamu merupakan bagian ruang dalam rumah pertama yang akan dilihat dan dimasuki oleh tamu, karena itu sudah seharusnya ruang tamu mendapatkan perhatian yang lebih.

Ruang tamu yang terkesan indah dan rapi juga mengindikasikan perhatian yang besar oleh sang pemilik rumah terhadap rumahnya sendiri. Untuk ruangan yang besar mungkin ini tidak akan menjadi persoalan.

Namun, yang menjadi masalah adalah bagaimana mengubah ruang tamu minimalis menjadi tampak indah dan rapi? Ini merupakan tantangan tersendiri bagi Anda sang pemilik rumah.

Loading...

Pada dasarnya, mengubah dan mendekorasi ruang tamu minimalis menjadi rapi dan cantik tidaklah begitu susah. Hanya dibutuhkan kemauan, keterampilan estetika dan keahlian dalam mengatur furnitur ruangan.

Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

Nah, 5 tips dekorasi ruang tamu minimalis berikut ini mungkin bisa Anda pertimbangkan:

1. Simpan sebagian perabot

Tidak semua perabot yang Anda miliki bisa Anda masukkan ke dalam ruang tamu mengingat space yang kecil.

Jika Anda memasukkan banyak perabot, maka ruangan tersebut akan semakin terlihat sempit, sesak dan tentu saja tidak nyaman dipandang mata. Padahal tujuan kita adalah membuat ruangan yang minimalis tampak luas tapi tetap indah dan cantik.

Barang-barang pokok yang mesti Anda pasang di ruang tamu adalah meja, sofa, meja kecil untuk menempatkan pot bunga, figura foto berukuran besar ataupun lampu hiasan.

2. Pewarnaan juga menentukan

Bagian yang tidak kalah penting adalah pewarnaan. Untuk pewarnaan sebaiknya anda memilih warna yang cerah seperti putih, cream, kuning gading, kuning lime, coklat muda dan tua ataupun hijau lembut.

Yang terpenting adalah bagaimana Anda mengkombinasikan antara warna dinding, perabotan, dan hiasan lantai. Antara warna dinding, lantai dan perabot harus memiliki kecocokan warna dan tidak boleh bertolak belakang.

Artinya, jika Anda memberi hijau sebagai warna dinding maka jangan memasang sofa berwarna merah. Setidaknya Anda memberi warna cream putih gading ataupun kuning lembut sebagai warna sofa dan warna coklat untuk meja.

3. Sesuaikan dengan ukuran

Setelah Anda menetapkan perabot dan barang-barang mana yang bisa dipasang di ruang tamu dan menyingkirkan barang yang tidak begitu diperlukan, maka tahap selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah sesuaikan dengan ukuran ruang tamu.

Jika Anda memasang sofa, maka pilihlah sofa dengan ukuran yang minimalis juga. Jika Anda memilih sofa ukuran besar, maka ruang tamu Anda yang kecil akan sempit dan dipenuhi sofa. Begitu juga dengan meja dan perabot lainnya juga harus disesuaikan dengan ukuran ruangan.

Tips Dekorasi Ruang Tamu Minimalis

4. Mengatur pencahayaan

Pencahayaan juga sangat menentukan dalam memperindah ruang tamu minimalis. Ada baiknya jika penempatan perabot dan furniture seperti sofa dan meja berhadapan dengan tempat dimana cahaya matahari masuk. Sehingga ruangan Anda akan tampak terang, bersih dan segar karena cahaya yang cukup.

Selain itu, jendela yang ditempatkan di ruang tamu juga berfungsi agar angin bisa keluar masuk dengan bebas. Udara dan kondisi dalam ruang tamu pun tidak akan sumpek dan sesak. Tapi jangan menaruh mebel ataupun perabot dekat daun jendela agar tidak menghalangi daun jendela saat dibuka atau ditutup.

Sementara untuk malam hari, Anda tentu tidak bisa memanfaatkan cahaya matahari, untuk menyikapinya pasanglah lampu hiasan di atas maupun di pojok ruangan.

Anda bisa memilih lampu yang kira-kira cocok, apakah untuk suasana romantis, formal, akrab, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, pencahayaannya bisa Anda atur sendiri, apakah Anda ingin remang-remang, agak redup ataupun terang.

5. Dekorasi lantai

Hal-hal yang mencakup dekorasi lantai adalah material lantai dan pemilihan karpet. Untuk material lantai, Anda bisa menentukan sendiri apakah lantai Anda terbuat dari keramik, ubin ataupun dari kayu. Untuk pewarnaannya jangan terlalu norak atau warna warni, karena akan terkesan semrawut dan berantakan.

Sementara itu, pemilihan karpet sebenarnya tergantung kepada Anda. Tapi sebagai alternatif pilihlah karpet wol. Yang perlu diingat adalah jangan sampai menutupi seluruh ruang tamu dengan karpet, tapi pilihlah karpet ukuran sedang dan letakkan karpet di bawah meja dan sofa.

**

Bagaimana, sudah siap untuk mendekorasi ruang tamu minimalis Anda? Semoga tips di atas bisa membantu ya.

(Gambar: onprosite.com)