Loading...

7 Cara Promosikan Toko Online Anda

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Bisnis, Internet

promosi toko online

TERUSKAN.COM – Ketika anda sedang mengawali dan menjalankan sebuah bisnis, menarik perhatian dan mempertahankan konsumen setia merupakan dasar penting dari sukses keseluruhan.

Dengan membiarkan konsumen anda tahu mengenai bisnis dan keseluruhan jasa atau produk yang anda tawarkan, maka anda pun akan memiliki peluang besar untuk mendapat kepercayaan mereka.

Loading...

Menawarkan sebuah produk atau jasa kepada target pasar adalah satu langkah besar, namun mempromosikan jiwa dari brand dan cerita bisnis anda sangatlah penting untuk membawa konsumen anda kembali lagi.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membagi “cerita” brand anda kepada calon pelanggan toko online seperti dilansir Entrepreneur.com.

Buat halaman “tentang kami”

Dalam setiap toko online, membuat halaman ‘tentang kami’ adalah wajib. Halaman tersebut harus menjelaskan siapa anda, dan apa yang anda lakukan serta informasi dasar lainnya, untuk mendapat perhatian bagi pengunjung website anda.

Buatlah tulisan semenarik mungkin, memuat berbagai hal tentang bisnis anda.

Kelola blog

Mengelola blog dengan baik untuk bisnis anda sangat berguna untuk  memberikan informasi terkini mengenai berbagai info acara, promosi dan lainnya kepada para konsumen anda. Selain itu, mengelola sebuah blog secara teratur juga akan meningkatkan performa website anda di mesin pencari.

Dengan menggunakan blog, anda pun bisa mendiskusikan segala hal terkait tren dalam industri yang anda geluti sampai kegiatan perusahaan, dan cerita anda akan sampai pada konsumen anda dengan konsistensi.

Jangan abaikan sosial media

Di era seperti sekarang ini, sangat tak mungkin untuk mengabaikan keberadaan sosial media, di mana banyak sekali orang yang terlibat di dalamnya.

Tak peduli seberapa hebat website anda, namun pahamilah bahwa mungkin konsumen anda lebih menghabiskan banyak waktu pada situs, seperti Facebook atau Twitter.

Dengan mengelola, informasi terbaharui secara reguler dan membangun hubungan, maka anda pun dapat membangun kesetiaan konsumen dan menyebarkan cerita bisnis anda.

Kenalkan tim anda!

Buat perusahaan anda lebih personal dengan membuat halaman khusus mengenai tim anda. Buatlah para pengunjung anda mengenal lebih jauh tentang orang-orang yang ada di balik layar bisnis anda.

Taktik ini menunjukkan pada konsumen potensial anda bahwa terdapat orang sungguhan di balik brand yang peduli dengan produk dan jasa yang ditawarkan.

Pemasaran via e-mail

Setelah menggunakan jalur blog dan sosial media, tambahkan fitur pemasaran lewat email untuk mendapat perhatian dari konsumen anda. Melalui surat berita (newsletter) perusahaan dan pengumuman produk baru, dapat mempertahankan ketertarikan konsumen anda.

Buat video pendek

Jangan pernah meremehkan kekuatan dari produksi video pendek untuk menceritakan bisnis anda secara online. Cara ini bisa anda terapkan pada website anda, pada halaman pertama atau halaman tertentu.

Anda bisa membuat video kreatif yang menjelaskan tentang apa yang anda lakukan, dan mengapa konsumen anda harus peduli.

Tunjukkan momentum seperti sebelum dan sesudah proyek, berbagai fasilitas perusahaan, pembuatan produk, atau pun saat terjadi percakapan antara karyawan anda dengan konsumen.

Biarkan konsumen bicara!

Terakhir, cara terbaik lainnya untuk menceritakan bisnis anda adalah dengan membiarkan konsumen yang puas dengan pelayanan anda berbicara untuk anda!

Dengan menunjukkan  testimoni konsumen di website, blog, dan sosial media, maka akan membuat calon konsumen potensial anda lainnya bisa melihat bagaimana anda menjalankan bisnis dan melayani konsumen.

**

Demikianlah 7 cara untuk mempromosikan toko online anda. Bagaimana dengan anda sendiri, punya cara lain untuk berpromosi?