Loading...

4 Hal Penting Dalam Menguasai Bahasa Inggris

Penulis: Diyon Prayudi Rubrik: Pendidikan

belajar bahasa inggris

TERUSKAN.COM – Bahasa Inggris merupakan bahasa yang mendunia. Hampir sebagian besar negara yang ada di dunia menggunakan bahasa Inggris. Maka dari itu bahasa Inggris menjadi bahasa internasional. Bahasa yang telah banyak digunakan oleh semua orang.

Dewasa ini bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang populer untuk dipelajari. Bahkan untuk di beberapa negara bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang wajib dipelajari dalam dunia pendidikan termasuk Indonesia.

Loading...

Dalam perkembangannya bahasa Inggris telah menjadi bahasa yang begitu penting untuk dipelajari. Hampir setiap aktivitas manusia tidak terlepas dari bahasa Inggris. Contoh: iklan di televisi yang menggunakan bahasa Inggris, film, buku yang berbahasa inggris, lagu-lagu yang menggunakan bahasa Inggris, tekhnologi dengan petunjuk bahasa Inggris dan masih banyak lagi.

Dari perkembangan itu, banyaknya lembaga yang menawarkan jasa untuk mahir berbahasa Inggris seperti Ganesha dan lembaga-lembaga lainnya.

Namun, tahukah anda cara untuk menguasai bahasa Inggris dengan baik? Karena pada dasarnya bahasa Inggris merupakan bahasa yang penting untuk dikuasai karena telah menjadi kebutuhan seiring banyaknya pengguna bahasa Inggris itu sendiri.

Ada 4 hal penting dalam menguasai bahasa Inggris. Dari keempat hal ini saya rasa anda akan memiliki kemudahan untuk mempelajari bahasa Inggris dengan baik.

Keempat hal tersebut adalah:

1. Listening

Listening atau mendengarkan merupakan hal yang penting dalam berbahasa Inggris. Mengapa listening menjadi urutan yang pertama? Benar, karena sebelum kita untuk mulai berbicara hal yang paling mendasar adalah mendengarkan.

Contohnya, ketika bayi yang baru lahir akan lebih merespon kedua orangtuanya ketika diajak ngobrol. Padahal, bayi belum mampu untuk berbicara. Namun, bayi dapat berinteraksi melalui pendengarannya.

Tidak hanya itu. Contoh yang lebih sederhana adalah ketika kita mendengarkan musik, dan kemudian secara tidak langsung lyric dari lagu tersebut menjadi kita hafal dan kemudian kita mampu untuk menyanyikannya.

2. Speaking

Setelah mendengarkan tentunya apa yang kita dengarkan akan terealisasikan melalui perbuatan. Perbuatan yang paling mudah untuk itu adalah berbicara. Benar sekali! Berbicara dengan menggunakan bahasa Inggris.

Jika kita sudah mahir dalam mendengarkan dalam bahasa Inggris belum tentu kita mahir dalam berbicara. Maka dari itu berbicara merupakan hal yang penting dalam menguasai bahasa Inggris.

3. Reading

Setelah mahir dalam mendengarkan dan berbicara bahasa Inggris. Hal yang penting dalam menguasai bahasa Inggris berikutnya adalah reading. Seseorang yang ingin menguasai bahasa Inggris belum lengkap jika hanya menguasai listening dan speaking saja.

Walau bagaimanapun juga, membaca merupakan bagian penting dalam bahasa Inggris karena dengan membaca kita akan memperoleh pengetahuan secara akademik apa saja yang menjadi bagian dalam bahasa Inggris itu sendiri.

Seperti kebudayaan orang Inggris, atau sejarah bahasa Inggris, atau tenses (keterangan waktu) yang sering dipelajari dalam dunia pendidikan. Bisa saja dengan membaca akan menambah dan mendukung pengetahuan kita tentang bahasa Inggris.

4. Writing

Hal penting yang keempat dalam menguasai bahasa Inggris adalah writing. Setelah kita mampu mendengarkan dengan baik. Kemudian kita mampu berbicara dengan baik. Dan setelah itu kita mampu menjadi pembaca yang baik dan mendapatkan informasi yang lebih mengenai bahasa Inggris dari membaca buku.

Kemudian, kita juga harus mampu menulis dalam bahasa Inggris. Karena tanpa menulis ketiga hal yang penting di atas tidak akan lengkap.

Menulis merupakan aktivitas yang sedikit rumit ketika kita mempelajari bahasa Inggris. Selain kita harus memperhatikan grammar, ternyata kita juga harus memperhatikan tekhnik penulisan dengan baik.

Jangankan untuk menulis dalam bahasa Inggris, menulis dalam bahasa Indonesia pun sepertinya begitu sulit dan harus banyak berlatih. Maka dari itu menulis merupakan urutan terakhir dalam menguasai bahasa Inggris.

**

Demikinlah keempat hal penting dalam menguasai bahasa Inggris. Setidaknya jika kita tidak mampu untuk menguasai semuanya maka usahakanlah untuk menguasainya berdasarkan kebutuhan.

Contoh: jika kita senang menulis, perbanyaklah membaca dan mempelajari tekhnik menulis. Contoh lain: jika kita senang berbicara, maka sering-seringlah mendengar lagu berbahasa Inggris dan belajar untuk menyanyikannya.

Semoga bermanfaat.