Loading...

7 Manfaat Wortel Bagi Tubuh

Penulis: Dewi Maharani Indah Reswari Rubrik: Keluarga, Kesehatan

manfaat wortel

TERUSKAN.COM – Wortel adalah salah satu sayuran yang paling sering digunakan untuk sebagai bahan makanan. Buah wortel ini adalah sayuran yang paling populer di seluruh penjuru dunia. Bentuknya yang memanjang dan berwarna orange atau merah tentunya menjadikan sayuran ini sebagai sayuran yang paling mudah dikenal.

Sebagian besar dari kita juga pasti tahu bahwa sayuran ini sangat baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Jadi, makan wortel baik secara langsung atau dibuat jus tentu tetap memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan mata anda.

Loading...

Namun ternyata sayuran wortel ini tidak hanya baik untuk kesehatan mata, namun banyak juga mandaat yang tersembunyi yang terkandung di dalam sebuah wortel.

Manfaat Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Apa sajakah manfaat yang ada di dalam wortel? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Wortel adalah salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, wortel adalah sumber vitamin A yang sempurna. Vitamin A di dalam sayuran wortel yang sangat baik untuk menjaga serta mempertahankan kesehatan tubuh.

Berikut ini ada 7 manfaat tersembunyi yang terkandung di dalam wortel yang baik bagi kesehatan tubuh, antara lain :

1. Menjaga penglihatan agar lebih baik

Sumber betakaroten yang terkandung di dalam wortel akan diubah oleh organ hati menjadi sumber vitamin A. Maka tidak mengherankan jika orang yang sering mengonsumsi wortel, organ matanya pun akan selalu terjaga kesehatannya.

2. Mencegah resiko kanker

Wortel menjadi salah satu sayuran yang efektif untuk mencegah kanker. Wortel dianggap sebagai sayuran yang efektif untuk menangkal berbagai jenis kanker yang mematikan seperti kanker paru-paru, payudara dan usus besar.

Hal ini lantaran adanya kandungan falcarindiol dan falcarinol yang bersifat antikanker yang terdapat pada wortel

3. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan betakaroten, alfa karoten dan lutein yang ada di dalam buah wortel sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kandungan zat tersebut mampu menjaga jantung anda tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

jus wortel

4. Menjaga gigi tetap sehat dan kuat

Wortel memiliki peranan penting dalam membantu menghilangkan plak serta sisa makanan yang bisa merusak gigi dan gusi. Wortel mengandung mineral yang mampu mencegah kerusakan pada gigi anda.

5. Mencegah stroke

Rutin mengonsumsi wortel mampu mengurangi dan mencegah stroke . Jadi jika anda ingin terhindar dari stroke, maka anda bisa memakan wortel secara rutin.

6. Membuat anda tampak awet muda

kandungan betakaroten yang tinggi di dalam wortel mampu mencegah penuaan dini. Hal inilah yang membuat anda tetap tampak lebih muda walaupun usia anda terus bertambah tua.

7. Membersihkan racun di dalam tubuh

Vitamin A yang terkandung di dalam sayuran wortel mampu membersihkan organ usus besar dan empedu serta lemak di dalam organ hati secara alami.

**

Nah itulah beberapa manfaat mengonsumsi wortel bagi kesehatan tubuh. Jadi mulai sekarang anda bisa mulai secara rutin mengonsumsi wortel jika ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Anda bisa memasukan wortel ke dalam asupan makanan anda setiap harinya.

Semoga bermanfaat.