Loading...

Konsumsilah 3 Mineral Penting Agar Selalu Sehat!

Penulis: Amanda Rubrik: Wanita

Mineral Penting Agar Selalu Sehat

TERUSKAN.COM – Saat ini kebanyakan dari kita masih hidup dalam lingkungan yang kurang sehat. Tidak hanya d iluar ruangan seperti tingkat polusi yang tinggi, namun juga di dalam rumah maupun tempat kerja yang dapat membuat stres berkepanjangan.

Hal ini menuntut kita agar hidup dengan pola yang sehat yaitu mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat serta rajin berolahraga. Mengonsumsi makanan yang sehat berarti kebutuhan gizi dalam tubuh kita terpenuhi oleh kandungan di dalamnya.

Loading...

Ada 3 mineral yang kita perlu ketahui, karena 3 mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

1. Kalsium

Mendengar kata kalsium, kita mungkin langsung berpikir akan pentingnya mineral ini terutama dalam menjaga kesehatan tulang. Akan tetapi, kalsium sebenarnya memiliki manfaat lainnya bagi tubuh selain menjaga pertumbuhan tulang dan gigi agar tetap kuat.

Beberapa manfaat kalsium adalah membantu perluasan otot dan pembuluh darah, membantu proses pembekuan darah sehingga menyembuhkan luka dengan cepat, membantu sekresi hormon dan enzim serta sebagai mengirim pesan melalui sistem saraf.

Sayangnya tubuh kita tidak dapat memproduksi kalsium sendiri dan oleh karena itu kita harus mengonsumsi asupan yang mengandung kalsium dengan rutin.

Jika tidak, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari tulang dan gigi kita. Itulah sebabnya orang yang tidak mengonsumsi kalsium dengan cukup memiliki resiko tulang dan gigi keropos.

Beberapa makanan maupun minuman yang dapat kita konsumsi untuk mendapatkan asupan kalsium dengan baik adalah susu, keju, yogurt, sayuran berdaun hijau, salmon, kedelai dan masih banyak lagi. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen yang mengandung kalsium.

2. Magnesium

Seberapa pentingkah magnesium untuk kesehatan kita? Magnesium ternyata sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung manusia. Tak hanya itu, ternyata kebutuhan tubuh Anda akan magnesium jauh lebih besar dibandingkan kalsium.

Beberapa manfaat dari magnesium adalah membantu mengontrol kontraksi dan relaksasi otot jantung dan otot lainnya, mempertahankan fungsi saraf normal dan mengatur kadar gula darah, membantu tubuh memproduksi protein dan energi serta mempertahan kesehatan tulang dan kekebalan tubuh.

Magnesium terkandung dalam sayuran yang berwarna hijau tua seperti bayam. Selain itu, Anda juga dapat mengonsumsi magnesium melalui kacang almond, kacang mete dan kedelai.

3. Kalium

Kalium dikenal dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi. Diklasifikasikan sebagai elektrolit dalam tubuh, kalium juga membantu proses metabolisme kita.

Beberapa fungsinya adalah menciptakan protein dan memecah karbohidrat dalam tubuh, menjaga pertumbuhan otot, mengatur keasaman dalam darah serta berperan penting dalam setiap jaringan, sel tunggal serta organ lain di seluruh tubuh Anda.

Kalium dapat Anda temukan dalam jenis daging seperti daging ayam dan ikan salmon, cod sert sarden. Jika Anda vegetarian, maka tidak usah khawatir karena kalium juga terdapat dalam brokoli, kacang polong, tomat, ubi jalar, kedelai dan kentang.

Begitu pula buah-buahan seperti jeruk, melon, pisang, kiwi, plum dan aprikot.

***

Mengingat banyaknya manfaat penting dari 3 mineral tersebut, Anda diharapkan mengonsumsi asupan makanan maupun minuman di atas yang tentu telah disesuaikan dengan kondisi kesehatan Anda.

Stay healthy!