Loading...

Kenali Manfaat dan Bahaya Makanan Pedas

Penulis: Amanda Rubrik: Kesehatan

TERUSKAN.COM – Anda menyukai makanan pedas? Makanan pedas memang dapat dikatakan salah satu ciri hidangan Asia, dimana tanaman cabai tumbuh subur dan banyak digunakan dalam berbagai macam hidangan.

Terutama bagi orang Indonesia, mengonsumsi makanan pedas tentu adalah hal biasa. Tidak hanya dalam makanan utama, rasa pedas juga dapat kita temukan dalam makanan olahan hingga kudapan.

Efek yang dirasakan ketika memakanan hidangan rasa pedas adalah keringat yang bercucuran, rasa panas pada lidah dan bibir hingga nafsu makan yang semakin meningkat, karena biasanya untuk menghindari rasa pedas, seseorang cepat-cepat menambah porsi makanannya.

Loading...

makanan pedas-

Manfaat Mengonsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas ternyata tidak hanya dapat dirasakan dalam mulut saja, namun juga manfaat yang dapat dirasakan tubuh. Berikut adalah manfaat makanan pedas.

1. Membantu Melancarkan Pernapasan

Makanan yang pedas tenyata bekerja seperti ekspektoran yang dapat melancarkan pernapasan. Hal ini tentu baik bagi penderita asma, bronkitis, sinusitis dan gangguan pernapasan lainnya.

2. Menjaga Mood

Tahukan Anda jika cabai dalam hidangan pedas dapat membantu meningkatkan level endorfin serotonin? Kedua hormon tersebut dapat menghilangkan rasa nyeri serta memberi perasaan nyaman.

Selain itu, hormon tersebut juga dapat mencegah stres sekaligus mengurangi resiko depresi.

3. Anti Kanker

Benarkan mengonsumsi makanan pedas dapat mengurangi resiko kanker?

Menurut penelitian kesehatan, hal tersebut benar karena terdapat Capsaicin dalam hidangan pedas yang dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dan sekaligus membunuh sel anker tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya.

4. Menjaga Proses Pencernaan

Selama tidak dikonsumsi berlebihan, cabai dalam makanan pedas dapat meningkatkan sirkulasi darah di perut dan meningkatkan lapisan mukus. Kandungan Capsaicin juga dapat membunuh bakteri penyebab sakit maag.

Reaksi panas dalam perut setelah memakan makanan pedas sebaiknya segera Anda netralisisr dengan tablet antiacid.

5. Menyembuhkan Gejala Flu

Ketika sedang flu, mungkin menikmati makanan pedas menjadi sangat nikmat karena dapat meningkatkan pengeluaran keringat dan membuka jalan pernapasan sehingga dapat menyembuhkan pilek dan gejala flu lainnya.

6. Sumber Vitamin C

Cabai ternyata juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Oleh karena itu cabai juga dapat menjadi sumber vitamin C Anda.

7. Menyehatkan Jantung

Cabai diketahui dapat menyehatkan jantung degan cara mencegah pembekuan darah. Penelitian kesehatan juga mengungkapkan bahwa kandungan capsaicin dalam cabai dapat melawan inflamasi yang merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung.

Makanan Pedas

Risiko Mengonsumsi makanan Pedas

Meski makanan pedas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan juga dapat membahayakan kesehatan tubuh.

Berikut adalah beberapa risiko mengonsumsi makanan pedas.

1. Diare

Makanan pedas disebut dapat mempercepat gerakan di usus yang sekaligus menjadi penyebab diare yang sangat menyiksa.

Karena setiap orang memiliki kondisi usus yang berbeda, sehingga jika Anda tidak tahan dengan rasa pedas, sebaiknya hindari untuk mencegah resiko diare.

2. Gastritis

Mengonsumsi makanan pedas dengan sering dapat menyebabkan permukaan lambung menjadi mudah luka. Jika terluka, maka akan timbul rasa sakit yang disebut gastritis atau maag karena radang pada lapisan lambung.

3. Mengurangi Sensitivitas Lidah

Terlal sering mengonsumsi makanan pedas dapat mengurangi sensitivitas pada lidah secara permanen dan resiko terburuknya adalah lidah yang tidak lagi responsif dalam mengecap rasa.

Oleh sebab itu tidak heran jika orang yang sering makan makanan pedas memiliki kepekaan rasa pedas yang berbeda dengan orang yang jarang makan pedas.

***

Konsumsi makanan pedas dengan wajar agar Anda daat merasakan manfaatnya dan terhindar dari bahaya makan pedas.