Loading...

8 Manfaat Kesehatan Punya Hewan Peliharaan

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Fun, Keluarga, Kesehatan

TERUSKAN.COM – Memiliki hewan peliharaan, tak hanya anjing bisa sangat berdampak baik untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seseorang. Riset telah membuktikan bahwa pemilik hewan peliharaan lebih mendapat keuntungan secara psikologis dan kesehatan. Dalam kasus lainnya, para pemilik hewan peliharaan juga mampu meningkatkan efektifitas dan pemulihan jiwa atau tubuh.

Jika saat ini, anda belum ada niat punya hewan peliharaan, mari simak manfaat kesehatan punya hewan peliharaan yang diulas di bawah ini, seperti dilansir beautyandtips.com.

8 Manfaat Kesehatan Punya Hewan Peliharaan

Loading...

Membuat anda aktif

Hewan peliharaan, khususnya anjing akan membuat anda aktif. Berjalan-jalan atau bermain dengan anjing akan menjadi latihan yang hebat. Lemparkan saja sebuah mainan pada anjing anda di taman, hal ini akan memperkuat tulang dan otot.

Studi membuktikan, pemilik hewan peliharaan juga kebanyakan memiliki tekanan darah rendah dan sirkulasi yang lebih baik dibandingkan yang tidak memiliki hewan peliharaan.

Meningkatkan sistem kekebalan

Salah satu alasan mengapa orang malas punya peliharaan adalah kotor dan repot. Namun, itu tak sepenuhnya benar, hewan peliharaan mungkin tidak mandi setiap hari seperti yang anda lakukan, namun itu justru jadi sisi baiknya.

Pengganggu hebat

Ketika ada sesuatu yang mengganggu anda, tentu  anda merasa bermasalah sedikit. Hewan peliharaan membuat anda tersenyum. Hewan peliharaan anda juga tak pernah menghakimi dan membentak anda, tak pernah peduli anda baru saja kehilangan pekerjaan dan sebagainya, karena mereka hanya ingin disayangi. Melihat tingkah peliharaan lucu akan melepaskan stres dan menenangkan pikiran anda.

Teman yang hebat

Hewan peliharaan merupakan teman yang hebat dan menjauhkan anda dari perasaaan kesepian. Hewan peliharaan juga terkadang mengetahui kapan anda sedang merasa jatuh dan berupaya untuk membuat anda nyaman dan bahagia.

Pendengar yang baik

Hewan peliharaan anda mungkin bukanlah seorang pembicara yang baik, namun mereka cukup bahagia untuk hanya sekedar duduk dan mendengarkan, ketika anda merasa dalam masalah besar.

Kebanyakan para pemilik hewan peliharaan menganggap  bukanlah hal aneh, untuk berbicara pada anjing atau kucing, hanya sekedar berbagi cerita kendati tahu hewan tersebut tak akan berargumen apa pun nantinya.

Membuat anda punya teman

Hewan peliharaan akan membuat anda bertemu dan berkenalan dengan orang-orang baru. Misalnya, anjing khususnya bukanlah hewan pemalu, anjing sangat senang pergi ke luar rumah dan mengatakan “hello” pada anjing lainnya di taman bermain, hal itu pun akan membuat anda berbicara juga dengan pemilik anjing lainnya.

Membuat anda fokus

Ketika anda merasa sedih dan tak ingin diganggu untuk melakukan apapun, hewan peliharaan  akan membuat anda cepat bangkit. Mereka bergantung pada anda 100 persen agar kebutuhannya terpenuhi, jadi tentu saja mereka tak bisa diabaikan begitu saja.

Merawat hewan peliharaan akan membuat anda fokus pada sesuatu, dibandingkan persoalan anda. Anda pun akan dihargai oleh hewan peliharaan anda, hanya dengan menyediakan makanan untuk mereka.

Kasih sayang tak bersyarat

Hewan peliharaan akan mencintai anda seperti apapun suasana hati anda, mereka pun akan selalu ada kapan pun anda butuhkan. Hal yang terkadang sulit ditemui pada hubungan antar manusia, cinta dan kasih sayang hewan peliharaan sejati dan tak bersyarat.