Loading...

9 Tips Jadi Pebisnis Percaya Diri

Penulis: Listya Pratiwi Rubrik: Bisnis

pebisnis percaya diri

TERUSKAN.COM – Banyak para pengusaha membagi syarat spesifik yang teramat penting untuk memulai dan menjalankan sebuah bisnis. Di antaranya, sifat bersemangat, tahan banting, fokus pada peluang, dan nyaman dengan berbagai bentuk risiko.

Seorang pengusaha yang memiliki kualifikasi tersebut, bisa menjadi faktor paling berpengaruh terhadap kesuksesan yang akhirnya melahirkan kepercayaan diri.

Loading...

Banyak kegiatan dari seorang pengusaha yang membutuhkan kepercayaan diri yang tinggi, seperti saat meluncurkan produk baru, mengambil keputusan bisnis strategis, dan hal lainnya. Jika anda ingin menggapai kesuksesan, anda harus percaya bahwa diri anda sangat berharga.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda mendapatkan kepercayaan diri dalam bisnis dilansir entrepreneur.com.

Berpenampilan rapi

Penampilan merupakan hal yang dilihat orang pertama kali ketika bertemu anda. Maka, berbusana yang baik saat anda berkomunikasi dengan banyak orang sangatlah penting.

Tunjukkan bahwa diri anda memiliki pengetahuan luas dan kompeten. Saat ingin bertemu dengan calon klien, upayakan lebih dulu meriset tentang perusahaan, lingkungan kantor, nilai-nilai internal lainnya.

Perhatikan postur

Jika pekerjaan anda mengharuskan anda duduk di belakang meja hampir setiap hari, perhatikan gerak tubuh anda. Jangan membungkuk saat anda sedang bertemu kline, konsumen, atau kolega bisnis lainnya.

Postur yang tak baik malah membuat anda terlihat tak nyaman, malas, dan tak tertarik dengan apapun. Pastikan anda memiliki postur yang benar, tegakkan kepala pada posisi normal dengan dagu mengangkat sedikit.

Lakukan terbaik, kurangi kekhawatiran

Pengusaha yang kurang percaya diri kerap merasa stres tentang apa yang orang lain pikirkan tentang diri mereka. Perasaan negatif akan membuat anda selalu merasa bersalah.

Maka, fokuslah pada segala hal yang membuat anda bisa bekerja baik dan pekerjakanlah seorang ahli untuk membereskan sisanya.

Fokus masa depan

Jika anda merasa terperangkap pada kesibukan bisnis harian, ingatkanlah diri anda untuk berpikir tentang impian masa depan. Jika anda berpikir sejenak untuk fokus pada tujuan-tujuan, anda akan mampu kembali fokus pada apa yang penting dikerjakan saat ini untuk anda ataupun bisnis.

Tetap positif

Kita terlalu sering dibombardir dengan hal-hal negatif setiap hari. Maka, anda perlu tetap mempertahankan sikap positif. Tunjukkan penghargaan pada hal sekecil apapun serta selalu bersyukur.

Biarkan masalah kecil

Setiap orang pasti pernah berbuat salah, jadi jangan berharap untuk menjadi sempurna atau anda bisa frustrasi. Coba untuk tidak terlalu berlarut memikirkan kesalahan kecil.

Jika anda membuat kesalahan dengan klien, jangan terobsesi berpikir mengenai kesalahan yang telah anda buat. Namun, pikirkanlah pertanggungjawabannya. Memaafkan, dan selesaikan masalah secepat mungkin dan segeralah kerjakan hal penting lainnya lagi.

Upayakan tumbuh

Sekecil apapun pencapaian anda dalam bisnis atau hidup akan mendorong kepercayaan diri anda. Belajarlah keterampilan baru, ambil kelas pengetahuan, atau membaca buku yang bermanfaat dan menarik perhatian anda.

Jadwalkan waktu hobi

Bekerja seharian atau terlalu keras tentu akan menyita banyak pikiran dan tenaga anda. Berupayalah luangkan waktu untuk relaksasi dan istirahat sejenak dari rutinitas.

Ajaklah binatang peliharaan atau anggota keluarga anda sekedar berjalan-jalan di taman, menikmati makan siang bersama, mengikuti kelas senam dan lainnya. Setelah itu, anda pun akan semakin menaklukkan berbagai tantangan lainnya.

Minta nasihat

Ketika anda sedang merasakan keragu-raguan atau  perjuangan berat dalam pekerjaan dan bisnis anda, tak ada salahnya, anda menghubungi mentor atau rekan berpengalaman untuk dimintai pendapat.

Opini yang obyektif tentu akan membantu anda menyelesaikan tantangan-tantangan dan mengubah sikap anda lebih baik terhadap masalah tersebut.