Loading...

Cara Mengatasi Penyakit Sesak Napas Dengan Pengobatan Alami

Penulis: Nila Rubrik: Kesehatan

sesak-nafas

TERUSKAN.COM – Apabila salah satu anggota keluarga anda sedang menderita sesak napas, maka hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut – larut.

Sesak napas menimbulkan rasa kurang nyaman atau sulit bernapas yang menyebabkan tubuh anda akan kekurangan asupan oksigen, sehingga bisa menyebabkan kematian.

Loading...

Jika anda mengalami gangguan pernapasan, pertolongan pertama untuk mencegah sakit bertambah parah adalah melakukan latihan seperti dijelaskan di bawah ini, yang diharapkan dapat menolong melegakan pernapasan anda.

Rutinlah menjalankan latihan selama dua kali dalam sehari, lima sampai sepuluh menit hingga anda terbiasa.

Cara Mengatasi Penyakit Sesak Napas

Terapi pengobatan alami untuk mengatasi penyakit sesak napas sebagai berikut :

1). Lakukan pernafasan perut. Berbaring dengan rileks dan letakkan bantal di bawah kepala. Tekuk lutut dan perut diistirahatkan atau berbaring dengan kondisi yang nyaman.

2). Tekan perut memakai satu tangan perlahan – lahan, tetapi cukup keras untuk mendapatkan rasa tekanan. Letakkan tangan lain di atas dada.

3). Lalu bernapaslah perlahan – lahan dari hidung dengan memakai otot – otot perut. Tangan yang berada di atas perut diangkat ketika anda sedang menarik napas dan letakkan kembali pada saat anda membuang nafas.

Tangan yang lain adalah tetap berada di atas dada dan usahakan supaya tidak bergerak – gerak.

4). Bernapaslah melalui mulut secara perlahan – lahan untuk menghindari masuknya udara melalui hidung. Tahan napas anda sambil menghitung satu, 1000, dua, 1000, tiga, 1000.

Majukan bibir seperti anda akan bersiul. Lalu, buang napas pelan – pelan juga melalui bibir yang dimajukan sambil diikuti dengan menghitung satu, 1000, dua, 1000, tiga, 1000, empat, 1000, lima, 1000, enam, 1000.

5). Buatlah suara siul perlahan ketika anda sedang membuang napas. Napas yang dihembuskan melalui bibir yang dimajukan, berfungsi mengurangi kecepatan bernapas dan ini akan menolong menghilangkan udara yang lama terperangkap di dalam paru – paru.

Ketika bernapas melalui mulut selama anda menjalankan suatu aktivitas, tarik napas sebelum bergerak, lalu buang napas saat beraktivitas. Temukan ritme atau cara menghitung seperti no. 4 di atas.

Jika merasa tidak tepat, segera temukan cara menghitung lain yang lebih cocok. Perlu diperhatikan supaya anda selalu membuang napas lebih lama dibandingkan ketika menarik napas.

6). Usahakan berada di lingkungan hijau atau lapang. Jika tidak memiliki cukup waktu buat sering pergi keluar kota, seperti ke gunung atau laut, maka tanamlah pohon – pohon berdaun hijau lebat di halaman tempat tinggal anda yang akan memproduksi atau mengeluarkan oksigen dan bisa menyerap polusi.

Setiap anda bertemu dengan lingkungan hijau dan bersih, sempatkanlah buat berjalan – jalan dengan kaki telanjang dan hirup udara dalam – dalam.

7). Para penyandang sesak napas kronis, jangan mengonsumsi bahan – bahan dari susu berlebihan, gula putih, permen, tepung dan nasi putih. Jika nafas anda sudah mulai teratur, makanan itu bisa dikonsumsi lagi namun dalam jumlah sedikit guna melihat reaksi tubuh.

Direkomendasikan juga untuk makan buah dan sayuran segar dalam porsi tepat. Minum air hangat 6 – 8 gelas per hari.

8). Jika sesak napas diiringi flu atau demam, makanlah semangkok sup panas berbumbu bawang merah, bawang putih, lada, kayu manis, jahe dan cengkih. Bumbu – bumbu tersebut bisa menolong membuka sumbatan pada saluran napas anda.

**

Disamping memperhatikan delapan cara tersebut di atas, penting juga bagi anda buat mengelola emosi untuk menyembuhkan masalah pernapasan, seperti selalu berpikiran positif, menghilangkan ketakutan yang tidak beralasan, bahkan sering tersenyum dapat membantu anda meringankan gangguan sesak napas.

Olahraga punggung atas dan dada juga banyak membantu mengalirkan darah dan energi penyembuhan.

Sedangkan untuk mencegah sesak napas terjadi secara berulang – ulang, perlu diperhatikan penyebab terjadinya sesak napas, misalnya apakah anda kemungkinan terkena TBC atau asma? Bila kondisi ini memang menyerang anda, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter untuk melakukan perawatan lebih lanjut.

Jika salah satu anggota keluarga anda sering terkena sesak napas berat dan kambuh, sebaiknya sediakan alat bantu pernafasan untuk penyakit asma, saluran pernafasan dan paru – paru bernama FAMILY Dr TD 7013 agar anda dapat melakukan pertolongan pertama terhadap mereka untuk selanjutnya dibawa ke dokter.