Loading...

4 Cara Mudah Menjadi Seorang Penulis

Penulis: Willa Widiana Rubrik: Dunia Karir

cara jadi penulis

TERUSKAN.COM – Setiap orang sebenarnya bisa menjadi penulis, tak peduli siapa dan bagaimana keadaan orang tersebut. Akan tetapi, sering sekali ditemui seseorang tidak bisa menulis karena hal-hal yang sepele, misalnya dia tidak bisa menulis karena merasa jurusan kuliahnya tidak sesuai untuk menjadi seorang penulis.

Padahal, menulis tidak hanya untuk menjadi seorang penulis saja, tetapi juga sebagai hobi untuk menyalurkan apa yang ada di pikiran kita ke dalam sebuah kertas.

Loading...

Selain itu, menulis juga memberikan kita ruang gerak yang bebas untuk kita berkata akan sebuah hal yang belum tentu bisa diterima di khalayak umum.

Anda ingin tahu bagaimana caranya agar kita bisa menjadi penulis? Setidaknya menjadi penulis bagi blog pribadi? Caranya mudah.

Berikut adalah cara mudah menjadi seorang penulis.

1. Rajin Membaca

Jika kita mau menulis, tentu saja kita harus mempunyai banyak kosa kata dalam benak kita. Jadi, salah satu cara untuk menambah kosa kata kita tentu dengan banyak membaca.

Kenapa membaca? Karena dengan membaca kita akan menemukan kata-kata baru yang mulai banyak bermunculan, selain itu Anda juga akan update mengenai kata serapan yang mulai ramai digunakan oleh umum.

Akan tetapi, jika Anda tidak suka membaca, maka jangan harap tulisan Anda akan berkembang, karena biasanya sebuah tulisan harus bisa mengikuti perkembangan bahasa yang dinamis.

2. Jadikan Sebuah Kebiasaan

Ya, hal yang harus dilakukan untuk menjadi seorang penulis adalah melakukan kegiatan menulis tersebut. Caranya? Sangat mudah, yakni Anda hanya harus menjadikan menulis sebagai sebuah kebiasaan rutin dalam kegiatan sehari-hari Anda.

Akan tetapi, perlu diingat akan satu hal, jangan menjadikan kegiatan ini sebagai suatu beban karena jika Anda terlalu menjadikan ini sebagai sebuah beban yang harus dikerjakan, maka Anda tidak akan menjadi sebuah penulis.

Selain itu, hal tersebut juga nantinya akan membuat kegiatan Anda menjadi berantakan.

tips menulis

3. Jadikan Pikiran Anda Sebagai Inspirasi

Jika Anda sudah rajin membaca, rajin menulis, maka hal berikutnya pasti Anda harus mencari tema untuk membuat sebuah tulisan. Bagaimana caranya? Sangat mudah, Anda bisa mengandalkan keberadaan otak Anda.

Ya, otak kita biasanya suka melakukan sebuah imajinasi yang terkadang berada jauh dari benak kita, jadi tak ada salahnya jikalau kita menuangkan imajinasi tersebut menjadi sebuah tulisan. Anda pasti akan menemukan sebuah keasikan tersendiri ketika menuangkan imajinasi tersebut.

Jika Anda termasuk ke dalam orang yang jarang berimajinasi, maka tulislah apa yang ingin Anda tulis, misalnya Anda merasa sangat senang karena baru saja mempunyai pacar atau mungkin sebaliknya, itu bisa menjadi bahan tulisan Anda.

Jika hal tersebut masih terasa sulit, maka Anda edarkan penglihatan ke lingkungan sekitar, dan jika menemukan sesuatu kejadian yang unik dan menarik, jadikanlah itu bahan tulisan Anda.

4. Bertukar Tulisan Dengan Teman

Biasanya setelah menulis kita jarang sekali mempublikasikannya dikarenakan rasa malu kita sendiri. Sebenarnya itu hal yang salah. Akan lebih baik jika kita berani untuk memberikan tulisan kita pada teman kita dan memintanya untuk berkomentar.

Dengan demikian, kita akan tahu kekurangan dan kelebihan kemampuan menulis kita.